Sikap Buruk Mesti Dihindari Penyebab Pengetahuan Kamu Tidak Bertambah

Daftar Isi

    LancangKuning  - Memiliki keinginan untuk menjadi orang lebih baik adalah sesuatu yang lumrah bagi kita, dimana dari waktu ke waktu kita selalu berupaya agar terus menjadi pribadi lebih baik lagi. Baik itu dalam hal berupa sifat, kepribadian atau hal lainnya. Kita akan melakukan banyak cara agar bisa menjadi terus lebih baik dari sebelumnya, termasuk juga dalam memiliki ilmu pengetahuan.

    Salah satu hal yang menyebabkan bahwa pengetahuan ini harus terus di tambah terbukti dengan adanya pendidikan bangku formal yang tersedia mulai dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga bangku perguruan tinggi. Banyak sekali manfaat untuk diri kita ketika terus menambah ilmu pengetahuan tersebut, terlebih lagi bisa mendukung karier di masa depan.

    Selain berguna dalam mendukung karir di masa depan, menjadi orang yang memiliki ilmu pengetahuan tentu saja akan sangat menguntung dalam banyak hal. Karena itu penting sekali bagi kita untuk terus menambah pengetahuan kita. Namun, tanpa sadar ada sikap anda yang justru membuat pengetahuan itu tidak bertambah. Dilansir dari IDNTimes berikut sikap yang haus dihindari yang bisa menyebabkan pengetahuan kamu tidak bertambah :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Sudah merasa cukup tahu banyak

    Sikap pertama yang bisa membuat pengetahuan kamu gitu-gitu aja adalah merasa sudah cukup pintar dan tahu segalanya. Bisa dikatakan memiliki sikap ini merupakan sebuah kesombongan, yang ada kamu akan rugi ketika merasa sudah memiliki banyak pengetahuan. Sebab kamu malas untuk belajar serta mencari ilmu baru dan akhirnya ilmu kamu hanya segitu-gitu saja.

    Penting untuk kamu ingat bahwa pengetahuan yang kita miliki hanya sedikit meskipun rasanya kita sudah banyak sekali belajar. Banyak hal diluar sana yang belum diketahui, sehingga agar terus bisa menambah pengetahuan tanamkan sikap rendah hati serta merasa masih ingin belajar lagi.

    1. Gengsi belajar dengan orang yang lebih muda

    Sumber ilmu pengetahuan itu sangat banyak, dan kita bisa mendapatkan ilmu dari mana saja. Terlebih lagi kehadiran teknologi semakin memudahkan kita untuk menjelajahi ilmu yang mungkin sulit didapatkan langsung. Bahkan dari orang sekitarpun kamu juga bisa belajar dan mendapatkan ilmu.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Agar bisa terus meningkatkan pengetahuan, maka jadilah pribadi yang rendah hati dan tidak gengsi menerima ilmu dari yang lebih mudah. Tidak menutup kemungkinan meskipun ia berusia di bawah kamu, ternyata ia adalah sesosok jenius yang memiliki segudang pengetahuan.

    1. Merasa tidak akan mampu mengerti

    Sama halnya dengan kesombongan, ketika kamu justru memiliki sikap rendah diri berlebihan juga akan membuat ilmu akan bertambah. Ketika kamu merasa rendah diri dan ragu akan kemampuanmu, kamu akan ragu untuk mencoba hal baru karena takut tidak akan mampu.

    Apabila kamu merasa menjadi pribadi seperti ini, lawanlah perasaan tersebut. Meskipun kamu melihat tantangan yang ada di hadapan tersebut sulit, tidak ada salahnya untuk mencoba bisa hal tersebut tidak sesulit yang kamu bayangkan. Penting sekali bagi kamu untuk tidak ragu mencoba hal-hal baru.

    1. Merasa pengetahuan tersebut tidak penting

    Banyak sekali ilmu pengetahuan yang ada di belahan bumi ini, diantara ilmu pengetahuan tersebut ada yang terlihat langsung manfaatnya bagi kehidupan kita sehingga membuat kita senang untuk mempelajarinya. Namun, ada juga terlihat seperti tidak bermanfaat membuat andapun merasa malas karena ditakutkan akan menghabiskan waktu saja.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Sebenarnya tidak ada salahnya kamu mempelajari hal-hal baru, dan itu tidak akan sia-sia selama itu adalah hal positif. Mungkin awal belajar atau saat ini belum terlihat bermanfaat, namun siapa tahu di masa akan datang ia berguna di kehidupan kamu. Setidaknya dengan mempelajari hal baru bisa membuat otak kamu terus terlatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kamu.

    1. Hanya ingin belajar sesuai minat

    Banyak sekali kita jumpai bahwa orang merasa enggan untuk belajar bidang yang tidak sesuai dengan minatnya. Padahal bisa saja ilmu tersebut sangat bermanfaat untuk hidup kamu. Jangan alasan tidak sesuai bakat malah membuat kamu malas untuk belajar sebuah ilmu yang sangat bermanfaat.

    Itulah beberapa sikap buruk yang mesti kamu hindari sebagai penuntut ilmu yang menyebabkan ilmu kamu tidak bertambah. Penting kamu ingat bahwa belajar itu bukan hanya sekedar ingin menjadikan kamu pintar dan gaya-gayaan saja melainkan lebih dari itu yaitu bisa bermanfaat untuk masa depan kamu. Tetaplah terus semangat belajar demi kebaikan diri kamu.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sikap Buruk Mesti Dihindari Penyebab Pengetahuan Kamu Tidak Bertambah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar