Sempat Ricuh!! Aksi  Mahasiswa ngeCamp Berhari-hari Dilantai 4

Daftar Isi

    1

    Foto: Mahasiswa UIN Suska Riau 

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Mahasiswa UIN SUSKA Riau kembali menggelar aksi sebagai respon dari Surat Keputusan Rektor No. 1009/R/2020 tentang Mekanisme Pelaksanaan Keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) UIN Sultan Syarif Kasim Riau atas Dampak Bencana Wabah Covid-19 Tahun 2020 yang dinilai tidak berpihak pada mahasiswa dan tidak mempertimbangkan situasi dan kondisi mahasiswa pada masa pademi Covid-19.

    Baca Juga: Penangkapan Dramatis, Polisi Salah Tangkap Bandar Narkoba

    Aksi mahasiswa yang dimulai pada Selasa, 30 Juni 2020 ini masih berlanjut hingga sekarang dan telah melewati tahapan yang sebelumnya tidak mendapat respon dari pihak Pimpinan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Sebelumnya pada Senin, 22 Juni 2020 mahasiswa telah melakukan pemasangan spanduk di Kampus kemudian dilanjutkan dengan mengirimkan surat permohonan audiensi baik melalui sistem luar jaringan (Luring) maupun dalam jaringan (Daring). Berbagai upaya telah dilakukan oleh mahasiswa. Isi dari Tuntutan tersebut terdiri atas:

    Baca Juga: Pandemi Virus Corona Diklaim akan Hilang Sendiri, Tak Butuh Vaksin

    1.Transparansi dana kampus;
    2.Pemangkasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) 15% + banding dan digratiskan bagi anak yatim;
    3.Memberikan fasilitas kuliah Daring berupa kuota internet 30GB/Bulan dan SOP kulian Daring.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Mahasiswa UIN SUSKA Riau melakukan Aksi  ngCamp/kemah di lantai 4 gedung Rektorat tepatnya di depan Ruangan Rektor  untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa berkaitan dengan diskon UKT mahasiswa yang terdampak Covid-19, sistem kuliah online yg tidak ada SOP, dan problem lainnya.

     "Aksi ini berlandaskan keresahan bersama, semua mahasiswa merasakan dapak pandemi Covid-19, maka kami meminta keringanan atau diskon UKT secara menyeluruh, Rasionalnya kami mahasiswa membayar UKT, tapi kami tidak merasakan Fasilitas Kampus, dikarnakan kuliah sistem online, bahkan kami harus mengorek kantong untuk membeli kuota internet demi nilai masa depan, maka timbullah pertanyaan, kemana dana UKT yang kami bayar?..sampai saat ini kami tidak pernah menerima jawaban yang memuaskan dari Rektor UIN Suska Riau" Tutur M.Alhafiz selaku koordinator Lapangan. 

    Aksi ini dilakukan berhari-hari sampai saat ini masih ada mahasiswa yg ngeCamp di gedung Rektorat lantai 4.

    "Kami tetap berpengang teguh dengan komitmen yang kami bangun, aksi ini akan terus berjalan sampai tuntutan kami direalisasikan, kami tidak terima negoisasi dengan pihak birokrat" kata azam selaku kordinator lapangan.

    Setelah beberapa hari melakukan aksi sempat terjadi bentrok antara security dengan mahasiswa karna ada paksaan dari pihak keamanan untuk membubarkan mahasiswa yang melakukan aksi. 

    Fauzi selaku koordinator lapangan mengatakan malam itu ada beberapa security mengahampiri kami untuk membubarkan paksa aksi, tapi kami mahasiswa tidak diam seribu bahasa, Karna kami menuntut kewjiban yang mana aloksi pembayaran UKT tidak kami dapatkan dan pengurangan UKT merujuk kepada  KMA Nomor 515. Apapun resikonya kami tetap mempertahankan hak kami mahasiswa".

    Setelah kejadian itu beredar surat dari Rektor bahwa hari Senin tgl 7 Juli 2020 Rektor bersedia melakukan dialog dengan mahasiswa terkait tuntutan aksi dengan syarat memberikan Naskah Akademik. Mahasiswa Aksi memberikan surat balasan atas kesedian berdialog dengan Rektor dan akan memberikan naskah akademik dengan beberapa catatan.

    Dewi menyatakan selaku korlap "Inilah yang kami harapkan adanya dialog atau diskusi antara mahasiswa dengan Rektor, terkait dengan naskah akademik kami meminta Rektor memberikan data yaitu : Dokumen Rencana Strategi (RENSTRA), Rencana Kegiatan Anggaran Kementrian/Lembaga (RKAK/L) dan Lampiran Penerima Bukan Pajak (PNBP) dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) UIN SUSKA Riau. Untuk keputusan dari tuntutan yg kami sampaikan sama-sama kita tunggu saja di hari senin. Jika tidak memuaskan maka kami tetap lanjutkan gerkan." (LK/Rls) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sempat Ricuh!! Aksi  Mahasiswa ngeCamp Berhari-hari Dilantai 4
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar