Akhir PSBB Transisi, Jakarta Kembali Dipadati Kendaraan

Daftar Isi

    LancangKuning - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan volume kendaraan di Jakarta sudah mendekati situasi normal menjelang berakhir Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi fase I pada Kamis (2/7) besok.

    Menurutnya, di masa PSBB Transisi selama ini volume kendaraan di ibu kota mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan masa PSBB sebelumnya.

    "Kalau volume kendaraan di mana masa PSBB Transisi ini memang sudah hampir mendekati normal," kata Sambodo di Polda Metro Jaya, Rabu (1/7).

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sambodo menuturkan peningkatan volume kendaraan itu salah satunya terpantau di Gerbang Tol Cililitan arah Bogor. Lalu, Gerbang Tol Halim dari arah Bekasi maupun Tomang juga menunjukkan hal serupa.

    "Menunjukkan bahwa angka sudah hampir mendekati normal, bahkan sampai ketika sebelum pandemi, yaitu bulan Februari," ujarnya.

     

    Sambodo menjelaskan, kepadatan kendaraan itu terpantau di pagi hari maupun sore hari. Kendati demikian kebijakan pemerintah tentang pembagian jam kerja cukup membantu dalam mengurai kepadatan kendaraan tersebut.

    Di sisi lain, kata Sambodo, Ditlantas Polda Metro dan Dinas Perhubungan DKI masih terus mengkaji soal rencana penerapan kembali aturan ganjil genap.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Dia menyebut salah satu hal yang masih terus dikaji yakni soal penerapan jaga jarak di transportasi umum. Sebab, jika ganjil genap diberlakukan maka menyebabkan jumlah penumpang angkutan umum akan meningkatkan.

    "Jadi takutnya nanti justru physical distancing 50 persen di angkutan umum tidak terjaga. Jadi sampai saat ini masih kita kaji apakah ganjil genap akan diberlakukan atau tidak, sekarang masih belum," tutur Sambodo.

     

     

    Sebelumnya, Sambodo mengatakan pihaknya menerjunkan 1.728 personel untuk mengatur lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan di tengah PSBB Tansisi.

    Ribuan personel ditempatkan di ratusan titik. Mereka dibagi di dua jam operasional pengaturan lalu lintas. Untuk pagi hari, pukul 06.00-14.00 WIB, kemudian di sore hari pukul 14.00-22.00 WIB.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    "1.728 personel tersebut kami tempatkan di 410 titik rawan kemacetan," kata Sambodo, Senin (15/6).

    Selain itu, Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas, seperti contra flow dan lainnya untuk mengurai kepadatan volume kendaraan.

    (dis/osc)

    Sumber : CNN

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akhir PSBB Transisi, Jakarta Kembali Dipadati Kendaraan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar