Awan Debu Raksasa Gurun Sahara Mengarah ke  Amerika Serikat 

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi citra satelit awan debu gurun Sahara di kawasan Karibia. (NOAA via AP)

    Lancang Kuning, JAKARTA - Awan debu raksasa dari Gurun Sahara dilaporkan bergerak ke Karibia, dan kini mengarah menuju Amerika Serikat.

    Debu itu diperkirakan akan bergerak melintasi Teluk Meksiko menuju negara bagian Texas pada Rabu (24/6), dan akan mencapai sebagian besar AS pada Kamis (25/6) besok.

    Jika awan debu itu tiba, beberapa tempat seperti Brownsville dan Houston di Texas kemungkinan akan melihat sinar matahari terbit yang indah sekaligus lebih berbahaya daripada langit normal pada biasanya.

    Kemudian pada Jumat (26/6) mendatang, lapisan yang lebih tebal kemungkinan akan mencapai Texas lalu berbelok ke timur. Jika ramalannya cuaca itu tepat, debu akan berpindah ke sebagian besar negara di tenggara dan tengah Atlantik selama akhir pekan.

    Baca juga: Lukisan Raksasa Pebulutangkis Wanita Terkaya di Dunia

    "Ini benar-benar (peristiwa) bersejarah. Kami tahu akan berada dalam situasi yang luar biasa," kata peneliti di Universitas Puerto Rico, Olga Mayol-Bracero, kepada CNN.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Banyak rekan Olga di Karibia mengatakan, mereka belum pernah melihat kondisi kualitas udara yang buruk seperti itu dalam sepanjang karier mereka.

    Peneliti tamu di lembaga riset NERC Universitas Reading, Claire Ryder, mengatakan ini adalah kejadian tidak biasa di mana debu itu diperkirakan akan menyebar ke kawasan Amerika Tengah dan AS dengan konsentrasi tinggi.

    Baca juga: Gemas, Pria Ini Ajak Kucing yang Dianggap Pacar Traveling Keliling Dunia

    "Biasanya saat debu dari Sahara melakukan perjalanan sejauh ini, sebagian besar (wilayah) telah terpapar dan atau tersimpan di laut, sehingga biasanya kandungan debu dalam perjalanan jarak jauhnya ke Amerika akan jauh lebih rendah," terang Ryder.

    Menurut Ryder, awalnya wabah debu ini didorong oleh beberapa sistem badai kecil yang berbeda di Afrika Tengah dan Barat. Beberapa badai ini menyebabkan pergerakan vertikal dari massa udara (downdraft) dan badai debu berskala besar (haboobs) berkembang, sehingga sejumlah besar debu terangkat ke atmosfer dari Sahara.

    Peningkatan ketebalan debu ini terlihat di Karibia, menyebabkan langit tampak kotor dan kualitas udara yang buruk.

    "Tentu saja ini menjadi peristiwa debu berskala besar paling hebat yang pernah Saya lihat," kata Ryder.

    Lapisan debu terlihat sangat tebal sehingga bisa dilihat dari satelit cuaca. Astronot juga mendapatkan penglihatan yang baik akan debu ini dari stasiun luar angkasa internasional. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Awan Debu Raksasa Gurun Sahara Mengarah ke  Amerika Serikat 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar