Kenali Ciri-ciri Komputer Terserang Virus

Daftar Isi

    LancangKuning - Di era digital saat ini, komputer menjadi salah satu perangkat teknologi yang tidak dapat dipisahkan dari setiap kegiatan dan memudahkan pekerjaan manusia. Akan tetapi, terkadang performa komputer menurun dan justru menyulitkan pekerjaan.

    Jika terjadi gejala-gejala yang membuat komputer tidak beroperasi sebagaimana mestinya, artinya ada masalah pada komputer Anda. Masalah yang terjadi pada komputer seringkali disebabkan oleh virus. Solusi sederhananya adalah memasang program antivirus di komputer untuk menghapus virus yang menyerang program dan memperlambat performa komputer.

    Sayangnya, kita seringkali tidak menyadari bahwa performa komputer melambat dikarenakan virus. Untuk itu, sebaiknya kenali ciri-ciri komputer terserang virus seperti berikut ini:

    1. File dan Folder Tak Dikenali

    Ciri-ciri pertama yang muncul ketika komputer Anda terserang virus adalah adanya file maupun folder dengan nama yang tidak dikenali. Serinng kali, nama file maupun folder yang tidak kenali tersebut muncul dengan tulisan aneh.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Untuk mereka yang awam, mungkin nama file maupun folder dengan nama-nama yang aneh tersebut adalah sistem dari komputer. Tapi biasanya, fila maupun folder dari sistem di komputer letaknya tersembunyi dan tidak terlihat seperti file maupun folder yang biasa disimpan di Local Disk (D). Sedangkan untuk nama folder maupun file yang digunakan pada sistem di komputer biasanya menggunakan kombinasi huruf dan angka secara random.

    Untuk memastikannya, Anda bisa menyalakan antivirus dan melakukan pemindaian pada file maupun folder yang tidak dikenali tersebut.

    1. Pesan Aneh

    Pernahkah Anda menemukan notifikasi atau pesan aneh ketika mengoperasikan komputer dengan tiba-tiba? Mungkin Anda akan berpikir bahwa terdapat masalah pada aplikasi yang dipasang di komputer. Tapi sebaiknya Anda harus waspada, karena kemungkinan besar komputer Anda terserang virus.

    Jika pesan aneh terus muncul dan tidak segera diatasi, maka dikhawatirkan akan membuat komputer Anda berjalan sangat lambat. Untuk itu, segera periksa menggunakan program antivirus.

    1. File Rusak atau Hilang

    Komputer yang terserang virus biasanya juga akan mengganggu performa kerja komputer, merusak hingga menghilangkan file di komputer Anda. Virus yang menyerang komputer akan merusak atau menghilangkan file berbentuk dokumen, foto, gambar, bahkan video penting Anda.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    Jika Anda menemukan file yang tidak bisa dibuka atau tiba-tiba menghilang sementara Anda tidak pernah menghapusnya, artinya virus sudah menyerang komputer Anda. Untuk itu, segera atasi agar virus tidak semakin meluas dan menghilangkan data-data penting di komputer Anda.

    1. Ruang Penyimpanan Harddisk Merah dan Penuh

    Harddisk merupakan ruang penyimpanan berkapasitas besar yang memungkinkan Anda menyimpan file dalam bentuk dokumen hingga video. Namun, pernahkah Anda menemukan ruang penyimpanan di harddisk komputer penuh hingga menunjukkan warna merah, padahal Anda tidak menyimpan file berukuran besar.

    Jika sudah begitu, besar kemungkinan virus mulai menyerang komputer Anda. Harddisk yang tiba-tiba penuh tanpa ada file berukuran besar disebabkan virus sudah menggandakan file pada ruang penyimpanan komputer Anda.

    1. Windows Terbuka Sendiri

    Ciri-ciri selanjutnya yang harus dikenali sebagai pertanda virus menyerang komputer Anda adalah terbukanya windows secara tiba-tiba. Windows yang terbuka sendiri akan tentu mengganggu pekerjaan Anda di komputer.

    1. Chrome Muncul Tiba-tiba

    Selain Windows yang terbuka dengan sendirinya, Chrome yang juga muncul secara tiba-tiba juga menjadi pertanda bahwa komputer Anda sudah terserang virus. Biasanya, chrome akan mendadak muncul tanpa Anda membukanya diiringi terbukanya website berisikan iklan berupa pop up.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Crash

    Crash atau aplikasi yang menutup sendiri ketika Anda mengoperasikannya merupakan ciri-ciri bahwa virus sudah menyerang komputer Anda. Selain aplikasi yang secara mendadak menutup sendiri, crash dikarenakan virus juga menyebabkan layar komputer menjadi biru. Jika sudah demikian, artinya virus sudah mulai merusak sistem komputer Anda.

    1. Performa Komputer Melambat

    Komputer dengan performa yang cepat menjadi penunjang dalam menyelesaikan pekerjaan Anda, bahkan ketika Anda bekerja sembari mendengarkan musik. Tapi, Anda patut waspada jika tiba-tiba komputer Anda melambat, padahal Anda tidak sedang membuka banyak aplikasi.

    Jika begitu, kemungkinan komputer Anda sudah terserang virus. Melambatnya performa komputer disebabkan oleh virus yang mengganggu bahkan sampai merusak bagian sistem pada komputer.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kenali Ciri-ciri Komputer Terserang Virus
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar