Presiden Jangan Rebut Tugas Lurah

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Oleh Fahri Hamzah

    Bagi dokumen kepada masyarakat itu pekerjaan pelayanan publik oleh lurah - kepala desa - camat dan maksimal Pemda.

    Presiden itu kerjaannya politik untuk mengurangi monopoli kepemilikan tanah oleh kapitalis.

    Ternyata?

    Kapitalis semakin merajalela menguasai tanah...termasuk tanah ulayat... koefisien pemilikan tanah makin timpang...1% orang kaya memiliki 80% tanah.

    Jadi? Pekerjaan lurah dan Pemda diambil presiden dan pekerjaan presiden diambil kapitalis. Ada banyak #ngibul dan #AsalBunyi yang hanya sanggup dilakukan oleh pemerintah berkuasa.

    Sebab penguasa punya seluruh perangkat untuk berdusta; mimbar, media, statistik, juru bicara, dan kaki tangan penguasa, semua jago dusta dan jago cipta fiksi dan beraneka rasa.

    Lalu, bukannya kembali ke tengah untuk memenuhi janji dan mengurai kembali apa yang menjadi rencana awal, malah bermanuver keluar dan menciptakan wacana baru tentang sukses dan pembangunan. Tapi sekali lagi, #Ngibul dan #AsalBunyi penguasa selalu nampak canggih.

    Alat-alat #Ngibul dan #AsalBunyi ini mencipta legitimasi dan pembenaran; statistik, media, juru bicara, pengamat sewaan dan pejabat yang asal bapak senang.

    Bikin fiksi dan cerita tentang kehebatan, kesederhanaan, kesungguhan, dan HOAX yang hanya sanggup diproduksi oleh kekuasaan.

    Lebih parah dari itu, karena kekuasaan justru ingin menegaskan bahwa semua #Ngibul dan #AsalBunyi itu adalah satu-satunya kebenaran dan tidak boleh ada versi lain. Kritik bukan saja dibungkam tapi ingin dikriminalisasi. Pejabat publik bukannya menjawab malah mengancam.

    Padahal tugas masyarakat dan politisi yang berada diluar pemerintahan adalah kritik. Tugas yang didalam pemerintahan adalah memberikan penjelasan atas kritik dan pertanyaan. Dinamika ini adalah untuk menjamin hilangnya #Ngibul dan #AsalBunyi serta Hoax dalam pemerintahan.

    Inilah demokrasi kita hari ini. Harta paling mahal kita yang kita perjuangkan dengan segala daya upaya; darah, keringat dan airmata.
    Segala fiksi #ngibul dan #AsalBunyi harus dilawan untuk kebaikan rakyat. Dan pemerintah punya ruang jawab paling besar. Pakailah!

    *Fahri Hamzah adalah Wakil ketua DPR RI. Tulisan ini diambil dari akun instagram @fahrihamzah, Sabtu (24/3/2018). (LK/yopi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Presiden Jangan Rebut Tugas Lurah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar