Lapangan Pekerjaan Jurusan Manajemen

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Banyak sekali jurusan pendidikan yang tersedia pada bangku perguruan tinggi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya. Ketika memilih jurusan ini tentu saja ada beberapa hal mesti menjadi pertimbangan, pertimbangan tersebut bisa saja berupa sesuai skill yang dimiliki, cita-cita atau karir yang diinginkan di masa depan serta peluang atau lapangan kerja yang tersedia untuk jurusan tersebut. Dalam menetapkan pilihan ini calon mahasiswa akan berusaha untuk mendapatkan kampus terbaik sebagai tempat ia menuntut ilmu.

    Selain kampus terbaik, jurusan juga menjadi pertimbangkan di dalamnya sebagaimana sudah kita singgung di atas. Diantara sekian banyak jurusan tersedia pada perguruan tinggi yang tersebar di berbagai penjuru di Indonesia salah satunya adalah Jurusan Manajemen. Dimana jurusan ini cukup bahkan sangat populer di kalangan mahasiswa, hal tersebut dikarenakan prospek kerjanya cukup menjanjikan.

    Kita bisa lihat dan saksikan betapa banyaknya perusahaan-perusahaan begitu membutuhkan para lulusan manajemen untuk bergabung dengan perusahaan mereka, dan memang hampir seluruh industri bidang pekerjaan membutuhkan kemampuan manajemen dalam membantu aktivitas kerja mereka.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dimana para pimpinan sebuah perusahaan maupun organisasi sangat membutuhkan karyawan yang mempunyai keterampilan dalam usaha serta yang kian harus semakin kompetitif. Ilmu manajemen ini merupakan bagian terpenting dalam sebuah perusahaan, sehingga tidak heran jika setiap perusahaan membutuhkan para lulusan dalam bidang ini.

    Berbicara mengenai manajemen di Indonesia itu prospek pilihan jurusan manajemen ini berada di bawah Fakultas Ekonomi yang ada pada beberapa perguruan tinggi. Sedangkan peminatnya atau penjurusan yang tersedia untuk manajemen ini ada beberapa pilihan seperti manajemen pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, operasional dan manajemen bisnis. Disini tergambar sudah bahwa cukup banyak cabang ilmu jurusan satu ini dan tentu saja ini juga akan beriringan dengan lapangan pekerjaan yang tersedia nantinya.

    Bagi kamu yang saat ini calon mahasiswa yang tengah mempertimbangkan memilih jurusan manajemen, atau mahasiswa yang sudah duduk di bangku kuliah dalam jurusan manajemen ini namun masih bingung terkait lapagan pekerjaan yang ada kamu tidak perlu khawatir. Manajemen ini adalah ilmu yang memiliki cakupan cukup luas, sehingga posisi kerja dalam bidangnya juga banyak. Berikut beberapa peluang atau lapangan pekerjaan untuk jurusan manajemen :

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    1. Akuntan

    Bagi anda yang tidak begitu suka dengan mata pelajaran atau kuliah matematika, tentu saja menjadi seorang akuntan ini merupakan profesi yang agak berat. Pada sebuah perusahaan akuntan ini mempunyai peranan cukup penting sekaligus senjata handalan perusahaan. Nah, untuk kamu yang merasa mempunyai kemampuan matematika lumayan maka jurusan manajemen bisa mengantarkan kamu untuk menjadi seorang akuntan perusahaan. Bahkan jika kamu mempunyai kemampuan bahasa asing tentu saja kamu akan berpeluang untuk bekerja di Perusahaan manapun di penjuru dunia.

    1. Konsultan Bisnis

    Ketika hendak mengambil kuliah manajemen, maka menjadi konsultan bisnis merupakan yang awal kali terlintas di benak kira. Nah, ketika kamu benar-benar serius dalam menjalani aktivitas kuliah pada jurusan ini tentu saja kamu berpeluang menjadi konsultan bisnis pada sebuah perusahaan.

    1. Marketer

    Selain dua bidang kerja di atas, kuliah jurusan manajemen secara tidak langsung juga berkaitan dengan pemasaran atau marketing. Dimana dalam perkuliahannya anda akan mempelajari bagaimana meningkatkan omset sehingga mengatur strategi untuk memasarkan produk atau jasa ditawarkan. Sehingganya ketika kamu kuliah manajemen serta kemampuan bahasa asing juga ada ketika lulus kuliah, maka menjadi seorang marketer adalah peluang kerja yang tidak ada salahnya untuk kamu pertimbangkan.

    1. Staff Finance

    Mungkin akan muncul pertanyaan di benak kita yaitu perbedaan antara akuntan dengan staff finance, padahal kedua profesi ini sama-sama mengatur keuangan hanya saja skalanya berbeda. Seorang akuntan memiliki fokus pekerjaan dalam mencatat dan mengelompokan transaksi yang dilakukan oleh finance. Nah, finnacelah yang memiliki peran sebagai pihak yang berusaha mendapatkan dan menerima uang. Bagi kamu yang paham manajemen keuangan alias bagaimana mengatur strategi keuangan, maka Staff Finance juga menjadi peluang pekerjaan untuk kamu.

    1. Recruiter

    Selain berkecimpung dalam keuangan, kuliah manajemen juga bisa bermanfaat dalam bidang kerja yang memanajemen Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan. Diantara pekerjaan tersebut adalah menjadi Recruiter, bahkan dalam perkuliahannya kamu juga bisa belajar sedikit tentang psikologi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Staff HRD

    Selanjutnya peluang kerja jurusan ini adalah menjadi Staff HRD karena disini dibutuhkan skill dalam manajemen semua karyawan yang terdaftar atau akan mengikuti tahapan seleksinya. Seorang HRD harus mampu memanajemen semua aktivitas perusahaan atau tempat ia bekerja. Termanajemennya dengan baik setiap karyawan, aktivitas dan hal lainnya.

    1. Bagian Operasional

    Manajemen operasional adalah bidang kerja yang memiliki fokus pada proses produksi sebuah jasa, barang hingga sistem yang dikerjakan hingga sistemnya. Dimana mereka fokus dalam memastikan berjalannya operasional perusahaan secara optimal, efektif dan efesien. Untuk kamu yang ingin kuliah manajemen atau sedang fokus menikmati masa perkuliahan, bidang kerja ini bisa menjadi hal cukup menjanjikan

    1. Konsultan Perbankan

    Nah, selain menjadi akuntan dan staff finance, kamu juga memiliki peluang untuk menjadi konsultan perbankan ketika nantinya lulus. Meskipun sebenarnya saat ini banyak sekali keuangan elektronik tentu saja perusahaan harus memiliki konsultan IT.

    1. Entrepreneur

    Ketika memutuskan untuk menjadi entrepreneur tentu saja tidak hanya terpaku harus kuliah manajemen saja, namun kamu juga bisa kuliah jurusan lain. Hanya saja, bahwa bangku kuliah itu cukup sibuk di semester awal sehingga kamu harus benar-benar mampu menekuni dalam hal tersebut. Nah profesi selanjutnya yang menjadi bahan pertimbangan ketika lulus nanti adalah menjadi entrepreneur. Dalam hal ini tidak boleh fokus hanya pada perubahan perusahaan yang ada, namun juga harus tau manajemen setiap fasilitas yang miliki.

    Itulah beberapa lapangan pekerjaan untuk kamu yang saat ini bingung dan mempertimbangkan untuk kuliah dengan jurusan manajemen. Salah satu kampus untuk belajar yang menjadi rekomendasi untuk kamu adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Riau. Kuliah di STIE Riau tentu saja banyak sekali kelebihan dan keunggulan akan kamu dapatkan, tidak hanya sekedar menyandang status sebagai mahasiswa saja, kamu juga bisa kerja sambil kuliah. Selain itu ada banyak sekali beasiswa yang dapat kamu pilih untuk dipenuhi persyaratannya.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lapangan Pekerjaan Jurusan Manajemen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar