Waduk Gajah Mungkur kota Wonogiri, Wisata Air yang Multiguna dan Mempesona

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berbicara wisata Indonesia maka tidak akan pernah habis-habisnya, dari Sabang sampai Merauke penuh dengan hamparan alam yang indah dan jutaan wisata yang berjejer, mulai dari pantai, gunung, air terjun, lembah, danau, laut, waduk, sungai, wisata bahari, wisata budaya, cagar alam, hutan mangrove dan sebagainya yang sangat menakjubkan. 

    Kali ini kita akan sambangi salah satu wisata yang tak kalah menariknya, wisata asal Wonogiri, yaitu waduk gajah mungkur. Ini merupakan salah satu wisata yang terpopuler dan terkenal di kalangan masyarakat Wonogiri. Waduk ini sudah ada sejak tahun 1970an. Yang memiliki luas sekitar 8.800 hektar. 

    Selain menjadi fungsi utama waduk sebagai pengairan, seperti untuk kegiatan pertanian, waduk ini menjadi destinasi wisata Wonogiri yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Wonogiri menjadikannya mudah dijangkau oleh masyarakat, hanya menempuh jarak sekitar 3 km saja ke lokasi wisata waduk gajah mungkur. 

    Pemandangan alamnya yang sangat indah dan juga aneka kuliner dari ikan yang lezat yang memanjakan lidah para wisatawan dan para pecinta makanan. Meskipun merupakan waduk buatan sebagai pengairan ribuan hektar sawah di kabupaten Sukoharjo, Sragen, Karanganyar dan Klaten namun waduk sangat mempesona sebagai icon wisata di kota Wonogiri. 


    waduk gajah mungkur dilihat dari ketinggian

    Para wisatawan yang datang berkunjung tidak hanya dari kota Wonogiri saja, tapi datang dari berbagai daerah luar kota. Waduk ini adalah multiguna karena memiliki banyak manfaatnya. Selain sebagai pengairan sawah dan objek wisata, waduk gajah mungkur juga dimanfaatkan masyarakat sebagai karamba yang dikelola untuk memberdayakan ikan, sebagai aliran sumber energi dan PLTA. 

     

    Waduk gajah mungkur sebagai wisata air telah disediakan fasiltas untuk para pengunjung seperti perahu boat yang bisa digunakan untuk mengelilingi waduk gajah mungkur. Kita dapat menikmati fasilitas olahraga gantung (gantole) sehingga pengunjung dapat berolahraga sambil menikmati keindahan waduk gajah mungkur. 

     

    Tak hanya itu ketika musim kemarau tiba, air waduk yang menyusut dimanfaatkan warga untuk menanam tanaman semusim, seperti tanaman jagung. Nah dipinggir-pinggir waduk terdapatbebatuan yang sangat cocok dijadikan sebagai background foto. Apalagi saat menjelang matahari terbenam, pasti keren banget itu pemandangannya untuk dijadikan ajang selfie. Tertarik gak?? Buruan wisata ke waduk gajah mungkur kota Wonogiri. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waduk Gajah Mungkur kota Wonogiri, Wisata Air yang Multiguna dan Mempesona
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar