Sambut Baik Masjid Dibuka, DPR: Bisa Ibadah dan Berdoa Corona Berakhir

Daftar Isi

    Lancang Kuning  - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasopang menyambut baik pembukaan kembali rumah ibadah termasuk Masjid di DKI Jakarta yang akan berlaku mulai Jumat (5/6/2020) besok. Ia berujar hal tersebut sebagaimana usulan Komisi VIII agar ada relaksasi di rumah ibadah.

    Kendati bakal dibuka, Marwan mengatakan kondisi status wilayah apkah zona merah atau tidak masih harus menjadi pertimbangan.

    "Di Komisi VIII sudah ada usulan relaksasi di rumah ibadah, tetapi tetap memperhatikan situasi kawasan, jika berada di zona merah tentu perlu sangat hati-hati. Jika kawasannya tidak sebagai kawasan merah penyebaran virus Covid-19 ada baiknya dibuka untuk beribadah sekaligus mendoakan agar segera berakhir cobaan ini," ujar Marwan, Kamis (4/6/2020).

    Selain pemetaan kawasan, Marwan memandang protokol kesehatan juga tetap harus diterapkan di rumah ibadah yang sudah memulai aktivitas kembali. Hal tersebut bertujuan mengantisipasi penularan Covid-19.

    "Kedua memastikan protokol kesehatan dapat dipatuhi para jamaah. Ketiga panduan untuk para jamaah dalam menerapkan protokol kesehatan dan koordonasi yang baik antarpemangku agar semua berjalan dengan baik," ujarnya.

    Seperti diketahui, rumah ibadah di Jakarta sudah buka mulai Jumat (5/6/2020) besok. Termasuk Masjid-Masjid.

    Hanya saja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan catatan jika jamaah masjid harus bawa sajadah dan peralatan salat dari rumah.

    "Mulai besok ibadah sudah bisa. Jadi masjid, musala, gereja, vihara, pura, dan kelenteng. Semua sudah mulai bisa buka. Tapi hanya untuk kegiatan rutin. Besok dan harus prinsip protokol kesehatan," kata Anies di Balai Kota, Kamis (4/6/2020).

    Mski demikian, Anies melarang tempat ibadah itu diisi penuh jamaah. Yang dibolehkan hanya 50 persen.

    "Ini hanya ibadah rutin, di luar itu harus tutup. Enggak buka sepanjang waktu," jelas dia.

    Sumber : suara.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sambut Baik Masjid Dibuka, DPR: Bisa Ibadah dan Berdoa Corona Berakhir
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar