Gubri: Riau Saat ini Terus Berbenah Tingkatkan Pembangunan Berbasis Syariah

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Menuju pembangunan yang berbasih Syariah, dikatakan Gubernur Riau saat ini Pemprov Riau terus berusaha menuju arah ini. "Kita sudah mulai menuju arah tersebut, meningkatkan pembangunan berbasis Syariah.Di antaranya pembangunan destinasi wisatawan halal, UMKM Syariah, wakaf, mempersiapkan Quran Center dan lainnya," katanya.

    Dengan kultur Riau yang merupakan negeri Melayu, pihaknya yakin perkembangan ekonomi syariah akan berjalan baik. Apalagi letak geografis Riau yang cukup strategis, berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

    Pernyataan ini disampaikan Gubri menyambut rencana Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin yang menginginkan Indonesa menjadi produsen produk halal di dunia. 

    "Indonesia selama ini jadi konsumen terbesar produk halal di dunia, atau mencapai 10 persen konsumsi produk halal di dunia. Kita belum masuk dalam kategori produsen halal. Karena itu kita ingin sekarang Indonesia jadi produsen produk halal di dunia," kata Wapres saat menerima Anugerah Bapak Ekonomi Syariah di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN) Suska Riau, Jumat (6/3/2020).

    Dikatakan Wapres, mulai tahun pihaknyaakan mendorong pembangunan kawasan-kawasan industri halal di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk di Bumi Lancang Kuning. Dan untuk memulai pembangunan kawasan industri halal itu adalah Provinsi Riau.

    "Saya sudah informasikan ke mana-mana, bahwa yang akan memulai pembangunan kawasan industri halal, bahkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) halal, adalah Riau," sebutnya.

    Guna mewujudkan hal tersebut, menurut Wapres ada beberapa hal yang akan dilakukan. Pertama, memulai dengan industri keuangan yang berbasis syariah. Kedua, dengan pengelolaan dana sosial seperti zakat dan wakaf serta pengembangan bisnis berlandaskan ekonomi syariah.

    "Semua hal itu harus terkoneksi. Jika semua sudah berjalan, maka ekonomi syariah di Indonesia ini akan berkembang," ujarnya.

    Dijelaskan Wapres, di dalam kawasan industri halal nantinya, juga akan dibangun bank wakaf mikro dan bank syariah di pesantren-pesantren yang ada.

    Pembangunan tersebut, nantinya bisa bersumber dari dana APBN dan juga dari CSR BUMN-BUMN yang ada.

    "Termasuk juga koperasi syariah, jadi yang mikro-mikro juga akan terus dikembangkan. Karena untuk membangun ekonomi syariah ini, harus dimulai dari yang kecil-kecil juga," katanya.
    Terkait penghargaan Bapak Ekonomi Syariah yang diberikan kepadanya, Ma’aruf Amin mengaku bahwa gelar tersebut adalah sebuah kehormatan kepadanya. Di dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, ia hanya merupakan bagian kecil saja. Karena yang terbesar adalah peran para ulama.

    "Di dalam proses pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, saya hanya merupakan bagian kecil. Seperti baut, pada sebuah mesin. Oleh karena itu saya anggap gelar ini suatu penghormatan yang luar biasa," ujarnya.(adv)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gubri: Riau Saat ini Terus Berbenah Tingkatkan Pembangunan Berbasis Syariah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar