Wapres Ma'ruf: Pekerja RI Jauh di Bawah Malaysia

Daftar Isi

     
    Foto: Wapres Ma'ruf Amin

    Lancang Kuning, JAKARTA -- Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'aruf Aminmengatakan bahwa tingkat produktivitas pekerja Indonesia masih jauh di bawahMalaysia. Hal itu berdasarkan data yang didapatkannya melalui Asian Productivity Organization (APO).

    "Kita masih terpaut jauh dengan Malaysia, dengan produktivitas per pekerja sebesar US$60 ribu atau lebih dari dua kali lipat Indonesia," ujar Ma'ruf dalam sambutan virtual Dies Natalis UNJ, Sabtu (16/5).

    Ma'aruf memaparkan pekerja Indonesia untuk saat ini baru mampu menghasilkan sebesar US$25 ribu.


    "Produktivitas per pekerja Indonesia berkisar US$26 ribu," ujarnya menambahkan, dilansir dari CNN Indonesia.

    Data yang dihimpun APO mencatat Indonesia berada di urutan kelima dari sepuluh negara di ASEAN dalam hal produktivitas pekerja.

    Ma'ruf menilai produktivitas ialah salah satu kriteria Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang ke depannya bisa membantu mengembangkan bangsa dan negara.

    "Salah satu kriteria SDM unggul adalah tingkat produktivitas. Sayangnya ketika kita bicara produktivitas khususnya tenaga kerja kita bukan yg terbaik di Asean," tutur dia.

    Baca juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Selanjutnya ia pun yakin bahwa SDM yang unggul dan bisa menghasilkan produktivitas tinggi itu menjadi kunci untuk memenangkan persaingan global.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "SDM yang unggul adalah kunci untuk memenangkan persaingan global," pungkasnya.

    Diketahui, tak hanya produktivitas namun juga soal pendidikan pun tertinggal dengan negara jiran itu.

    Baca Juga: Akibat Corona, 500 Kru Film jadi Pengangguran

    Ma'aruf mengungkapkan bahwa berdasarkan data hasil survei yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Agustus 2019 hanya 12, 27 juta orang yang bisa melanjutkan pendidikan tinggi dari 126,57 juta penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas.

    Baca juga: Update Corona, 17.025 Orang Positif, Meninggal 1.089 dan Sembuh 3.911 Orang

    "Dari 126,57 juta penduduk usia 15 tahun ke atas yang bekerja, berdasarkan data BPS, Agustus 2019 hanya sekitar 12,27 juta," ujarnya.

    Selanjutnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkap upaya pemerataan dan perubahan pendidikan komunikasi jadi kunci utama yang harus diselesaikan.

    Termasuk di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T), maupun di perkotaan. Namun kendala ketiadaan listrik masih dialami beberapa daerah.

    Berdasarkan Global Talent Competitiveness Index (GTCI), Singapura memiliki nilai tertinggi di ASEAN yakni dengan skor 77,27.

    Posisi kedua ditempati Malaysia dengan poin 58,62. Indonesia sendiri ada di posisi keenam dengan skor 38,61.

    Indeks tersebut merupakan peringkat daya saing negara berdasarkan kemampuan SDM. Salah satu indikator indeks yakni pendidikan, infrastruktur, stabilitas politik hingga pendapatan per kapita. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wapres Ma'ruf: Pekerja RI Jauh di Bawah Malaysia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar