Positif Corona, Wanita ini Berobat ke Dukun. Sang Dukun Kaget Tempatnya Didatangi Petugas Berpakaian APD

Daftar Isi

        LANCANGKUNING.COM-Positif terinfeksi virus corona atau Covid-19, seorang wanita yang sebelumnya dirawat di salah satu rumah sakit di Jonggol kabur dari pengawasan petugas medis dan berobat ke salah seorang dukun pengobatan alternatif di Desa Sirna Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

    Saat dijemput petugas dengan berpakaian APD, sang dukun kaget setengah mati, kalau pasien yang sedang dirawatnya merupakan pasien positif virus corona atau Covid-19.

    Ketua Tim Gugus Covid Sukamakmur, Teguh Yudiana mengatakan, dukun itu tak mengetahui jika perempuan yang tengah dirawatnya itu positif Covid-19.

    Pasien ini sebelumnya mengalami gejala terinfeksi virus corona, dan dirawat di salah satu rumah sakit di Jonggol. Hasil rapid test, ternyata hasilnya reaktif. 

    Dokter kemudian melakukan tes swab kepada perempuan 42 tahun itu. "Nah si pasien itu minta pulang paksa atas permintaan suaminya sebelum hasil tes keluar," ujar Teguh, Selasa 12 Mei 2020.

    Menurut Teguh, dikutip dari Tempo.co, pada Jumat 8 Mei 2020 asil tes swab pasien itu keluar dan dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Saat itu juga pihak rumah sakit berkoordinasi dengan tim medis Puskesmas Jonggol menjemput pasien ke rumahnya. Namun petugas tak menemukan pasien itu di rumahnya. "Saat didatangi petugas, pasien sudah kabur dan keluarga juga tertutup memberikan informasi," ujar dia.

    Petugas medis kemudian melacak keberadaan pasien tersebut dan mendapat informasi jika perempuan itu sedang menjalani pengobatan alternatif di Kecamatan Cariu. Tapi ternyata setelah disusul tidak ada.

    Selama tiga hari melakukan pencarian, tim relawan Covid-19 akhirnya menemukan titik terang bahwa si pasien itu diketahui sedang menjalani pengobatan alternatif di Desa Sirna Jaya, Kecamatan Sukamakmur. "Begitu dicek ternyata ada dan saya langsung kordinasi dengan Gugus Tugas Covid Kecamatan Sukamakmur," kata Teguh.

    Petugas medis dengan mengenakan pakaian alat pelindung diri (APD), langsung melakukan penjemputan pasien di lokasi pengobatan alternatif tersebut. Pasien kemudian dibawa dengan menggunakan mobil ambulans ke RSUD Cileungsi. "Alhamdulillah, suaminya nurut. Dari keterangan suaminya kalau istrinya sudah dua hari menginap di tempat pengobatan alternatif itu," kata Teguh.

    Untuk pencegahan lebih lanjut, Teguh mengatakan saat penjemputan tim gugus tugas sempat memeriksa kondisi lingkungan sekitar, ruang pemeriksaan dan setiap kamar pasien milik si dukun. Teguh menyebut dalam bangunan itu ada sekitar 10 pasien yang sedang berobat dan menjalani perawatan.

    Meski di setiap kamar disekat, Teguh mensinyalir ada kemungkinan diantara pasien ada yang tertular virus corona juga. "Makanya hari ini kami data, termasuk pemilik pengobatan alternatifnya," kata teguh.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Positif Corona, Wanita ini Berobat ke Dukun. Sang Dukun Kaget Tempatnya Didatangi Petugas Berpakaian APD
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar