Dua Mahasiswa Riau dari Luar Negeri Jadi PDP Covid-19

Daftar Isi

     

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Sebanyak 29 mahasiswa dan santri yang baru kembali dari luar negeri dikarantina di Balai Diklat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau di Pekanbaru.

    Dari 29 mahasiswa dan santri ini, dua diantaranya mengalami gejala terinfeksi COVID-19 sehingga langsung dirawat di rumah sakit rujukan dengan status suspek atau pasien dalam pengawasan (PDP).

    Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir keduanya di Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad.

    Dijelaskan Mimi, 29 mahasiswa dan pelajar ini, lima orang santri yang mondok di Pondok Pesantren di Malaysia. Empat orang diantaranya asal Kota Pekanbaru, sedangkan satu lagi warga Riau yang kini tinggal di Medan Sumatera Utara. Sedangkan 19 mahasiswa lainnya kuliah di Arab Saudi dan satu mahasiswa kuliah di Thailand.

    Berdasarkan protokol kesehatan COVID-19, lanjutnya, puluhan mahasiswa dan santri tersebut, kini dimasukkan menjadi status Orang Dalam Pemantauan (ODP), sehingga harus menjalani isolasi 14 hari. Sebelum tiba di Riau pada Kamis (7/5), mereka sempat transit di Jakarta menunggu ada pesawat ke Pekanbaru.

    Menurut dia, mahasiswa tersebut begitu tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru langsung menjalani tes cepat (rapid test) COVID-19. Seluruh hasilnya menunjukkan negatif.

    Begitu tiba di balai diklat, mereka secara rutin diperiksa kesehatannya dua kali dalam sehari. Mereka juga mendapat asupan makanan bergizi dan vitamin. Biaya karantina seluruh mahasiswa dan santri tersebut, termasuk tiket pesawat dari Jakarta ditanggung oleh Pemprov Riau.

    Gubernur Riau Syamsuar menyatakan karantina yang dilakukan Pemerintah Provinsi Riau terhadap mahasiswa dari luar negeri tujuannya untuk keselamatan rakyat. "Karantina ini tidak untuk mempersulit masyarakat, namun untuk keselamatan rakyat, kita ingin masyarakat sehat, untuk itulah pentingnya karantina ini," katanya seperti dikutip dari Antara.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dua Mahasiswa Riau dari Luar Negeri Jadi PDP Covid-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar