Keselamatan Kerja Mekanik dan Listrik

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Keselamatan kerja mekanik dan listrik menjadi hal utama bagi pekerja. Keselamatan kerja mekanik dengan keselamatan kerja listrik keduanya saling berhubungan dan memiliki tujuan yang sama yakni, sebagai pencegahan terhadap terjadinya kecelakaan.

    Keselamatan kerja mekanik ialah kumpulan dari berbagai kegiatan untuk pengawasan dan juga semua tindakan yang dikerjakan oleh pekerja dan juga pengawas.  Keselamatan kerja listrik sendiri tidak jauh berbeda dengan keselamatan kerja mekanik. Keselamatan kerja listrik ialah bentuk-bentuk kegiatan seperti kegiatan pengawasan serta pencegahan yang berkaitan dengan listrik.

    Keselamatan kerja mekanik juga memiliki sebutan lain yakni sebagai keselamatan kerja mesin. Hal ini dikarenakan keselamatan kerja mekanik berkaitan dengan mesin. Saat melakukan kegiatan untuk keselamatan kerja mekanik, kegiatan yang dilakukan salah satunya ialah pengawasan. Dan untuk dapat melakukan pengawasan terdapat beberapa syarat yang harus dijalankan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Terdapat beberapa syarat yang harus dijalankan diantaranya ialah, tidak menyebabkan terganggunya masalah keamanan serta ketenangan yang dimiliki oleh orang yang menjalankannya. Selanjutnya, tidak menyebabkan terganggunya kegiatan pengolahan dan juga produksi. Karena keselamatan kerja mekanik berkaitan dengan mesin maka, harus disesuaikan berdasarkan pekerjaan dan juga mesin.

    Berikutnya sanggup bekerja dalam jangka waktu yang lama. Selanjutnya, mesin tahan terhadap api, karat, dan tentunya tahan dalam jangka waktu yang lama. Selanjutnya tidak menyebabkan terjadinya bahaya. Pengawasan mekanik haruslah menimbulkan keamanan dan kenyamanan dan bukan sebaliknya. 

    Sejumlah syarat tersebut harus terpenuhi agar pengawasan untuk keselamatan kerja mekanik dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya keselamatan kerja listrik. Listrik telah menjadi keperluan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melakukan kegiatan kerja listrik dijadikan sebagai sumber tenaganya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    Karena menjadi kebutuhan yang sangat penting maka, kita perlu melakukan tindakan pengawasan dan juga pencegahan. Keselamatan akan listrik haruslah kita perhatikan dengan baik. Karena selain memiliki sejumlah manfaat yang berlimpah listrik juga memiliki ragam bahaya yang dapat mengancam keselamatan kita. Langkah atau tahap-tahap yang perlu kita lakukan agar terhindar dari bahaya listrik ada beberapa diantaranya ialah, melakukan pengisolasian listrik dengan baik dan benar.

    Kegiatan ini sangat penting dilakukan terutama untuk masalah sambungan listrik. Pada saat menyambungkan kabel maka sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan tentunya perlu ketelitian agar penyambungan dapat berjalan baik. Pencegahan berikutnya pada saat melakukan perbaikan atau penyambungan listrik ialah mematikan arus listrik terlebih dahulu.

    Dengan melakukan pencegahan ini maka kecelakaan dapat dicegah dan dikurangi. Sebaiknya kita mematikan sentral listrik. Dengan demikian, maka aliran dari arus listrik pada rangkaian listrik di tempat kita bekerja akan berhenti atau terputus semua. Dengan terputus atau matinya arus ini maka dampak terjadinya sengatan listrik dapat kita hindari.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dan sebaiknya kita ikut serta membawa sekring di tempat kita bekerja agar menjadi lebih mudah ketika pekerjaan kita telah selesai. Setelah semua pekerjaan kita selesai, maka dengan mudah kita dapat menggunakan sekring tersebut.

    Aliran listrik dapat menjadi hal yang berbahaya pada saat kita tidak waspada. Keselamatan kerja listrik sebaiknya dijadikan sebagai kebutuhan bagi setiap pekerja yang akan mengatasi sejumlah masalah yang berkaitan dengan listrik. Terutama sekarang telah banyak perlengkapan yang memerlukan listrik sebagai sumber energi atau dayanya agar perlengkapan tersebut dapat berjalan dengan baik.

    Oleh karena itu, pengetahuan dan informasi mengenai listrik harus dijadikan sebagai salah satu kewajiban untuk para karyawan yang akan melaksanakan kerja. Dengan adanya pemahaman yang baik mengenai listrik dan mesin ini diharapkan untuk karyawan yang akan bekerja tentunya akan dapat menjadi pekerja yang baik dan tentunya ahli. Selain itu dengan memahami hal ini para pekerja dapat terhindar dari kecelakaan pada saat melakukan pekerjaannya. Dengan memperhatikan hal ini akan dapat membantu proses bekerja yang lebih baik.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keselamatan Kerja Mekanik dan Listrik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar