Fakta Wanita yang Disebut Calon Kuat Pengganti Kim Jong Un di Korea Utara

Daftar Isi

     


    Foto: Kim Yo Jong, adik Kim Jong Un. Foto: REUTERS/Damir Sagolj/

     

    Lancang Kuning, JAKARTA - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan meninggal duniasetelah operasi jantung. Meskipun belum bisa dipastikan kebenaran kalau Kim Jong Un meninggal, Kim Yo Jong,digadang-gadang menjadi calon kuat pengganti sang diktator jika dia benar berpulang, melansir dari Detikcom.

    Seperti apa sosok Kim Yo Jong? Ini fakta-fakta seputar adik Kim Jong Un tersebut.

    1. Adik Kim Jong Un


    Kim Yo Jong merupakan putri bungsu dari Kim Il Sung, pemimpin Korea Utara sebelumnya, yang berkuasa dari tahun 1993 sampai 2011. Ia adalah adik langsung dari Kim Jong Un.

    Baca juga: Rumor Kim Jong Un Meninggal Ramaikan Trending Topic Twitter


    2. Masih Muda

    Usia Kim Yo Jong terbilang masih muda. Lahir di Pyongyang, Korea Utara, pada 26 September 1988, saat ini Kim Yo Jong berusia 31 tahun.

    3. Punya Pengaruh Kuat

    Kim Yo Jong disebut-sebut sebagai orang Nomor 2 di Korea Utara setelah Kim Jong Un. Ia menjabat sebagai wakil direktur Departemen Propaganda dan Agitasi yang sangat berkuasa di Korea Utara. Di mata birokrat Partai Pekerja, Kim Yo Jong juga disegani.

    4. Dekat dengan Kim Jong Un

    Kim Yo Jong diketahui punya kedekatan emosional dengan Kim Yo Jong sebagai saudara kandung. Keduanya pernah belajar bersama di Swiss pada 1996 - 2000 dan kebersamaan ini menjadikan mereka lebih dekat.

    Kala itu Kim Yo Jong dan Kim Jong Un mengemban pendidikan sekolah dasar di Berne, Swiss. Mereka tinggal di rumah pribadi dengan pengamanan ketat dan staf yang selalu berjaga.

    Baca juga: Tanda Tanya Isu Kim Jong Un Meninggal Sejak Absen Hadiri HUT Pendiri Korut


    5. Berpendidikan Tinggi

    Kim Yo Jong meneruskan pendidikan perguruan tinggi di Kim Il Sung University jurusan ilm komputer. Ia juga disebut menjalani pendidikan militer di Kim Il Sung Military University.

    6. Pernah Memuji Donald Trump


    Kim Yo Jong dalam pernyataan resminya melontarkan pujian pada Donald Trump, setelah orang nomor satu Amerika Serikat itu mengirimkan surat kepada kakaknya, Kim Jong Un. Surat itu berisi harapan bisa menjalin kerjasama bilateral dan menawarkan bantuan untuk mengatasi pandemi virus Corona.

    7. Punya Pengaruh Kuat

    Memegang peran sebagai agen propaganda, The Guardian melaporkan bahwa Kim Yo Jong adalah wanita di balik pencitraan Kim Jong Un di publik selama ini. Baik di mata 26 juta rakyatnya maupun mancanegara.

    "Dia punya akses langsung untuk memberi pengaruh kuat pada Kim Jong Un. Dia merupakan tokoh politik terpercaya yang membantu menjaga citra positif Kim Jong Un saat berurusan dengan orang asing atau Korea Selatan," kata Leonid Petrov, pengajar senior dan pemerhati Korea Utara di International College of Management, Sydney. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fakta Wanita yang Disebut Calon Kuat Pengganti Kim Jong Un di Korea Utara
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar