Politeknik ATI Padang-DD Singgalang Pasang Bilik Sterilisasi di RS Unand

Daftar Isi

     

    Foto: Tim Politeknik ATI Padang, DD Singgalang dan pihak RS Unand menempatkan bilik sterilisasi di depan ruangan IGD.

    Lancang Kuning, PADANG - Sebagai upaya menangkal penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Sumatera Barat. Politeknik ATI Padang bersama Dompet Dhuafa Singgalang pasang bilik sterilisasi (disinfection chamber) di depan pintu masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Universitas Andalas (Unand). Jumat (10/04/2020).

    Ester Edwar Direktur Politeknik ATI Padang mengatakan bilik sterilisasi ini perdana dipasang di RS Unand. "Kita sudah koordinasikan dengan Dompet Dhuafa Singgalang untuk penempatan bilik sterilisasi," kata Ester.

    Saat ini sudah ada sebanyak 4 buah bilik sterilisasi yang sedang di produksi. "Pertama kita salurkan ke RS Unand, selanjutnya kita akan salurkan ke RS Ahmad Mochtar Bukittinggi dan ke salah satu RS di Pariaman," tutur Ester.


    Foto: Berpoto bersama pihak Politeknik ATI Padang usai penandatanganan serah terima bilik sterilisasi bersama RS Unand.

    Kemudian Ester menjelaskan bilik sterilisasi ini di produksi  dan dibiayai langsung oleh Politeknik ATI Padang. "Bilik ini di buat oleh dosen teaching factory atas rekomendasi dari Kementerian Perindustrian sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, sebelumnya kita sudah salurkan hand sanitizer kepada masyarakat di kota Padang, berbarengan dengan bilik sterilisasi ini, kita juga produksi hand washing station (tempat cuci tangan) yang akan dipasang di lokasi keramaian seperti di pasar,"  papar Ester.

    "Kita menggunakan alat sensor yang dirakit pada bagian bilik, nanti secara otomatis cairan disinfectan akan keluar, dan kita menyarankan selama 10 detik berada di dalam bilik sterilisasi sembari memutar badan sebanyak 3 kali, dengan tujuan agar semprotan cairan merata mengenai seluruh bagian pakaian," pungkas Ester.

    Ester menambahkan cairan yang digunakan ini aman terkena pakai atau bagian kulit. "Formula cairan sudah berdasarkan uji lab,
    kita melarutkan cairan ethanol 96% dengan aquades sehingga menghasilkan alkohol 70% yang berfungsi sebagai larutan desinfektan dan ini aman untuk tenaga medis. Fungsi utamanya guna mensterilisasi pakaian tenaga medis. Kita berharap semoga bilik sterilisasi ini bisa memberikan rasa aman bagi tenaga medis yang sering keluar masuk ruangan isolasi," imbuh Ester.
    .
    Hadie Bandarian Syah Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgang mengatakan penyaluran bilik sterilisasi ini sebagai salah satu bagian program Cegah Tangkal (Cekal) Corona dari Dompet Dhuafa.

    Bilik sterilisasi ini merupakan donasi dari Politeknik ATI Padang yang di peruntukkan untuk RS di Sumatera Barat. "Dompet Dhuafa Singgalang ikut berterimakasih kepada pihak ATI Padang yang ikut mendukung program Cekal Corona Dompet Dhuafa, dan gerakan Cekal ini sudah dimasifkan diseluruh Indonesia," tutur Hadie.

    Bersama ATI Padang, bilik sterilisasi ini perdana dipasang di RS Unand. "RS Unand menjadi salah satu rujukan utama untuk pasien Covid-19 di Sumbar, ini bagian dari upaya kita bersama untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 khususnya di Sumbar," papar Hadie. (LK/Rls)

    Penulis: Markom DD Singgalang

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Politeknik ATI Padang-DD Singgalang Pasang Bilik Sterilisasi di RS Unand
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar