Danau Zamrud, Si Hijau Nan Eksotik Dari Negeri Seribu Istana

Daftar Isi

    LANCANG KUNING - Danau Zamrud terletak di Desa Zamrud, Kecamatan Siak Sri Indrapuran, Kabupaten Siak. Pada awalnya Danau Zamrud adalah dua danau yang berdampingan, yaitu Danau  Pulau Besar dan Danau Bawah. Karena berada di Desa Zamrud, kedua danau ini  lebih populer di tengah masyarakat dengan nama Danau Zamrud.

    Danau Zamrud memiliki panorama alam yang memikat dan eksotik. Udaranya yang  sejuk dan bersih, serta jauh dari hiruk pikuk penduduk dan kebisingan kota,  dapat dijadikan sebagai tempat alternatif bagi kamu untuk melepas penat  atau sekedar untuk mencari inspirasi. Ketika berada di kawasan Danau Zamrud kamu akan merasa seperti berada di Taman Nasional Ujungkulon di Provinsi Banten dan Danau Toba  dengan Pulau Samosirnya yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara sekaligus !

    Kawasan ini disebut Bernuansa bak Taman Nasional Ujung Kulon karena kawasan Danau Zamrud menjadi habitat beberapa jenis satwa langka, seperti ikan Arwana emas, ikan Balido, harimau  Sumatera , beruang merah, serta beraneka jenis ular. Bahkan kicauan burung Serindit yang menjadi ikon Provinsi Riau dapat ditemukan di kawasan ini. Ditambah lagi dengan kawasan hijau dan danau dengan airnya yang hitam semakin menambah eksotis kawasan ini. Bila melihat Danau Zamrud dari udara, pantulan air berwarna hitam yang berada  di tengah hutan rawa dan sumur bor minyak bumi hampir menyerupai permata  Zamrud.

    Saat ini Pemerintah bersama masyarakat daerah setempat sedang mengusahakan agar kawasan Danau Zamrud dapat dijadikan sebagai Taman Nasional.

    (Ylz)

    Sumber : Dari Berbagai Sumber

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Danau Zamrud, Si Hijau Nan Eksotik Dari Negeri Seribu Istana
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar