Operasi Matriks Dengan Array Multidimensi

Daftar Isi

    Lancang Kuning - MATLAB® memiliki dua jenis operasi aritmatika: operasi array dan operasi matriks. Anda dapat menggunakan operasi aritmatika ini untuk melakukan perhitungan numerik, misalnya, menambahkan dua angka, menaikkan elemen array ke daya yang diberikan, atau mengalikan dua matriks.

    Operasi matriks mengikuti aturan aljabar linier. Sebaliknya, operasi array mengeksekusi operasi elemen demi elemen dan mendukung array multidimensi. Karakter periode (.) Membedakan operasi array dari operasi matriks. Namun, karena operasi matriks dan array sama untuk penambahan dan pengurangan, pasangan karakter. + Dan .- tidak diperlukan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Operasi Array

    Operasi array menjalankan operasi elemen demi elemen pada elemen vektor, matriks, dan array multidimensi yang sesuai. Jika operan memiliki ukuran yang sama, maka setiap elemen dalam operan pertama akan cocok dengan elemen di lokasi yang sama di operan kedua.

    Jika operan memiliki ukuran yang kompatibel, maka setiap input secara implisit diperluas sesuai kebutuhan agar sesuai dengan ukuran yang lain. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Ukuran Array Kompatibel untuk Operasi Dasar. Array multidimensi dalam MATLAB® adalah array dengan lebih dari dua dimensi. Dalam sebuah matriks, dua dimensi diwakili oleh baris dan kolom.

    Setiap elemen didefinisikan oleh dua subskrip, indeks baris dan indeks kolom. Array multidimensi adalah perpanjangan dari matriks 2-D dan menggunakan subskrip tambahan untuk pengindeksan. Array 3-D, misalnya, menggunakan tiga subskrip. Dua yang pertama hanya seperti sebuah matriks, tetapi dimensi ketiga mewakili halaman atau lembaran elemen.

    Operasi Matriks

    Operasi matriks mengikuti aturan aljabar linier dan tidak kompatibel dengan array multidimensi. Ukuran dan bentuk input yang diperlukan terkait satu sama lain tergantung pada operasinya. Untuk input nonscalar, operator matriks umumnya menghitung jawaban yang berbeda dari rekan operator array mereka.

    Misalnya, jika Anda menggunakan operator pembagian kanan matriks, /, untuk membagi dua matriks, matriks harus memiliki jumlah kolom yang sama. Tetapi jika Anda menggunakan operator perkalian matriks, *, untuk mengalikan dua matriks, maka matriks tersebut harus memiliki dimensi bagian dalam yang sama. Artinya, jumlah kolom pada input pertama harus sama dengan jumlah baris pada input kedua.

    Baca juga : Cara Mendaftar Toko Buku Di Seamarket Seamolec

    Operasi Matriks Dengan Array Multidimensi

    Common Lisp memiliki dukungan asli untuk array multidimensi, dengan beberapa perlakuan khusus untuk array 1-D, yang disebut vektor. Array dapat digeneralisasi dan mengandung tipe apa saja (elemen-tipe t), atau mereka dapat dikhususkan untuk berisi tipe spesifik seperti float tunggal atau integer. Tempat yang baik untuk memulai adalah Praktis Common Lisp Bab 11, Koleksi oleh Peter Seibel.

    Referensi cepat untuk beberapa operasi umum pada array diberikan pada bagian tentang array dan vektor.

    Beberapa perpustakaan tersedia di Quicklisp untuk memanipulasi array:

    • operasi array mendefinisikan fungsi menghasilkan, permutasi, memindahkan, meratakan, membagi, menggabungkan, membentuk kembali. Ini juga mendefinisikan masing-masing, untuk operasi elemen-bijaksana. Perpustakaan ini tidak dikelola oleh penulis asli, tetapi ada garpu yang dikelola secara aktif.
    • cmu-infix termasuk sintaks pengindeksan array untuk array multidimensi.
    • lla adalah perpustakaan untuk aljabar linier, memanggil perpustakaan BLAS dan LAPACK. Ini berbeda dari kebanyakan paket aljabar linear CL dalam menggunakan nama fungsi intuitif, dan dapat beroperasi pada array asli serta objek CLOS.

    Halaman ini mencakup apa yang dapat dilakukan dengan array multidimensi bawaan, tetapi ada batasannya. Khususnya:

    • Interoperabilitas dengan array bahasa asing, misalnya saat memanggil perpustakaan seperti BLAS, LAPACK atau GSL.
    • Memperluas aritmatika dan operator matematika lainnya untuk menangani array, misalnya agar (+ a b) berfungsi ketika a dan / atau b adalah array.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kedua masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan CLOS untuk mendefinisikan kelas array yang diperluas, dengan array asli sebagai kasus khusus. Beberapa perpustakaan yang tersedia melalui quicklisp yang menggunakan pendekatan ini adalah:

    • matlisp, beberapa di antaranya dijelaskan pada bagian di bawah ini.
    • MGL-MAT, yang memiliki manual dan menyediakan binding untuk BLAS dan CUDA. Ini digunakan dalam perpustakaan pembelajaran mesin MGL.
    • cl-ana, paket analisis data dengan manual, yang mencakup operasi pada array.
    • Antik, digunakan dalam GSLL, yang mengikat ke Perpustakaan Ilmiah GNU.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Operasi Matriks Dengan Array Multidimensi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar