Konsep Laju Reaksi

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Selama berlangsungnya reaksi, reaktan A dan B dikonsumsi sementara konsentrasi produk AB meningkat. Laju reaksi dapat ditentukan dengan mengukur seberapa cepat konsentrasi A atau B menurun, atau seberapa cepat konsentrasi AB meningkat.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Definisi Tingkat Reaksi

    Laju Reaksi untuk reaksi kimia yang diberikan adalah ukuran perubahan konsentrasi reaktan atau perubahan konsentrasi produk per unit waktu. Kecepatan reaksi kimia dapat didefinisikan sebagai perubahan konsentrasi suatu zat dibagi dengan interval waktu selama perubahan ini diamati:

    rate = Δconcentration/Δtime

    Untuk reaksi bentuk A + B → C, laju dapat dinyatakan dalam bentuk perubahan konsentrasi salah satu komponennya

    rate = −Δ [A]

    rate = −Δ [B]

    rate = Δ [C] Δt

    di mana Δ [A] adalah perbedaan antara konsentrasi A selama interval waktu t2 – t1:

    Δ [A] = [A] 2– [A] 1 (8)

    Perhatikan tanda minus pada dua contoh pertama di atas. Konsentrasi reaktan selalu berkurang seiring waktu, jadi Δ [A] dan Δ [A] keduanya negatif. Karena laju negatif tidak masuk akal, laju yang dinyatakan dalam konsentrasi reaktan selalu didahului dengan tanda minus untuk membuat laju tersebut menjadi positif.

    Pertimbangkan sekarang reaksi di mana koefisien berbeda:

    A + 3B → 2D

    Jelas bahwa [B] berkurang tiga kali lebih cepat dari [A], jadi untuk menghindari ambiguitas ketika menyatakan tingkat dalam hal komponen yang berbeda, adalah kebiasaan untuk membagi setiap perubahan konsentrasi dengan koefisien yang sesuai:

    rate = −Δ [A]/Δt = −Δ [B]/3Δt = Δ [D]/2Δt

    Tarif instan

    Sebagian besar reaksi melambat saat reaktan dikonsumsi. Akibatnya, tingkat yang diberikan oleh ekspresi yang ditunjukkan di atas cenderung kehilangan maknanya ketika diukur dengan interval waktu yang lebih lama Δt. Catatan: Tarif instan juga dikenal sebagai tarif diferensial.

    Baca juga : Rangkuman Sistem Pernapasan Pada Manusia

    Jadi untuk reaksi yang progresnya diplot di sini, laju aktual (yang diukur dengan meningkatnya konsentrasi produk) bervariasi terus menerus, menjadi yang terbesar pada waktu nol. Laju reaksi sesaat diberikan oleh kemiringan garis singgung pada kurva konsentrasi-vs-waktu.

    Tingkat sesaat diambil dekat awal reaksi (t = 0) dikenal sebagai laju awal (label (1) di sini). Seperti yang akan segera kita lihat, laju awal memainkan peran penting dalam studi kinetika reaksi. Jika Anda telah mempelajari kalkulus diferensial, Anda akan tahu bahwa lereng singgung ini adalah turunan yang nilainya dapat sangat di setiap titik pada kurva, sehingga tingkat sesaat ini benar-benar membatasi tingkat yang didefinisikan sebagai

    rate = limΔt → 0− [A]/ΔT (12)

    Jika Anda tidak tahu kalkulus, ingatlah bahwa semakin besar interval waktu Δt, semakin kecil ketepatan laju sesaat.

    Nilai Hukum dan Nilai Konstanta

    Hukum laju adalah ungkapan yang menghubungkan laju reaksi dengan konstanta laju dan konsentrasi reaktan. Konstanta laju, k, adalah konstanta proporsionalitas untuk reaksi yang diberikan. Undang-undang tarif umum biasanya dinyatakan sebagai:

    Nilai = k [A] s [B] t (13)

    Seperti yang dapat Anda lihat dari Persamaan 13 di atas, laju reaksi tergantung pada konsentrasi reaktan serta konstanta laju. Namun, ada juga faktor lain yang dapat mempengaruhi laju reaksi. Faktor-faktor ini termasuk suhu dan katalis. Saat Anda dapat menulis persamaan hukum laju untuk reaksi tertentu, Anda dapat menentukan Urutan Reaksi berdasarkan nilai s dan t.

    Urutan Reaksi

    Laju reaksi untuk reaksi yang diberikan adalah alat penting yang memungkinkan kita untuk menghitung urutan reaksi tertentu. Urutan reaksi penting karena memungkinkan kita untuk mengklasifikasikan reaksi kimia spesifik dengan mudah dan efisien. Pengetahuan tentang urutan reaksi dengan cepat memungkinkan kita untuk memahami berbagai faktor dalam reaksi termasuk hukum laju, satuan laju konstan, waktu paruh, dan banyak lagi. Urutan reaksi dapat dihitung dari hukum laju dengan menambahkan nilai eksponensial reaktan dalam hukum laju.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Nilai = k [A] s [B] t

    Urutan Reaksi = s + t

    Penting untuk dicatat bahwa meskipun urutan reaksi dapat ditentukan dari hukum laju, secara umum tidak ada hubungan antara urutan reaksi dan koefisien stoikiometrik dalam persamaan kimia.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Laju Reaksi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar