Rangkuman Sistem Pernapasan Pada Manusia

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Sistem pernapasan serta sebuah sistem peredaran darah manusia bekerja bersama untuk memasok tubuh dengan oksigen dan membuang limbah karbon dioksida. Sementara yang pertama berurusan dengan udara dan yang terakhir dengan darah, mereka bekerja bersama dengan mulus dengan mengoordinasikan fungsi dari banyak bagian dari setiap sistem. Sistem lain dalam tubuh, seperti sistem pencernaan dan sistem saraf, juga penting, tetapi sistem sirkulasi dan pernapasan harus bekerja terus menerus, biasanya tanpa berhenti yang artinya terus bekerja mengerjakan tugasnya.

    Sistem pernapasan berhubungan dengan suatu sistem peredaran darah agar dapat mentransfer oksigen yang bagus yang berada dalam udara segar ke sel darah yang berada pada arteri paru-paru sementara juga membuang karbon dioksida atau racun dari tubuh dan tepatnya karbon dioksida atau racun yang ada di paru-paru seseorang ke udara dan biasanya karbon dioksida atau racun diambil oleh tumbuhan hijau.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Jantung memompa darah dengan sel darah teroksigenasi yang bersumber dari paru-paru melalui arteri di seluruh tubuh di mana oksigen dibuang ke suatu sel dan racun yang diserap. Jantung akan selalu memompa darah yang digunakan kembali oleh pembuluh darah bertuju ke paru-paru, dan siklus tersebut akan terus berulang.

    Organ-Organ Utama Membuat Sistem Peredaran Darah dan Pernafasan Bekerja

    Organ utama dari suatu sistem darah yakni jantung dan jantung akan memompa darah menuju paru-paru dan ke semua bagian tubuh. Sebuah arteri akan membawa suatu darah dari jantung menuju berbagai organ yang ada dalam tubuh. Distribusi akhir menuju sel-sel individual dilakukan lewat suatu pembuluh darah yang memiliki ukuran yang kecil dan biasanya dikenal dnegan nama kapiler.

    Paru-paru memiliki peran yakni sebagai organ utama pada suatu sistem pernapasan. Ketika paru-paru membesar, tubuh menghirup udara segar, yang diturunkan dari mulut atau hidung melalui trakea ke dalam tabung bronkial paru-paru dan ke dalam kantung udara alveoli kecil.

    Di sana, oksigen dari udara diserap oleh sel darah merah arteri sistem peredaran darah sedangkan karbon dioksida dalam darah dilepaskan ke udara di kantung udara. Ketika paru-paru berkontraksi, tubuh menghembuskan udara bekas dan mengambil napas baru.

    Interaksi Sistem Pernafasan Dengan Sistem Peredaran Darah

    • Jantung

    Bagaimana cara kerja sistem kardiovaskular dan pernapasan? Jantung adalah tempat sirkulasi dan saling membantu antara suatu kardiovaskular dan suatu pernapasan dimulai.

    Baca juga : Prosedur Pencatatan Surat/Dokumen Masuk Dan Keluar

    • Paru-paru

    Paru-paru adalah tempat pertukaran karbon dioksida dan oksigen. Paru-paru adalah organ utama dalam sistem pernapasan. Proses ini disebut pertukaran gas. Saat Anda menarik napas, alveoli di paru-paru terisi oksigen. Sel-sel akan mendapat kiriman dari oksigen ke darah di kapiler yang berada disekitar alveoli.

    • Ventrikel Kiri

    Ventrikel kiri jantung adalah tempat sistem kardiovaskular dan pernapasan bersatu, karena di sinilah darah teroksigenasi dikirim dari paru-paru ke dalam darah.

    • Arteri

    Darah mulai di aorta dan bergerak ke ekstremitas tubuh. Cabang aorta menjadi arteriol, yang bercabang ke dalam pembuluh yang bahkan lebih kecil yang dinamai kapiler. Kapiler ini memiliki membran yang sangat kecil yang memungkinkan oksigen untuk bergerak melewati mereka serta menuju ke sel.

    • Bronkiolus dan Alveoli

    Bronkiolus dan alveoli adalah bagian utama paru-paru yang mengantarkan oksigen ke darah. Mereka berakhir di alveoli, tempat pertukaran gas, yang berupa beberapa kantong kecil yang melindungi suatu kapiler.

    Bagaimana Manusia Mendapatkan Oksigen di Tubuh Mereka?

    Semua organisme di muka bumi ini membutuhkan oksigen untuk bernapas. Beberapa bisa melalui air dan yang lain, seperti manusia, mendapatkannya melalui udara bernapas. Energi manusia berasal dari makanan dan oksigen, tetapi makanan hanya memberi kita 10 persen dari kebutuhan energi kita. Oksigen diperlukan untuk 90 persen lainnya atau energi kita, dan setiap sel dalam tubuh membutuhkan oksigen untuk hidup.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Sistem pernapasan
    • Sel
    • Jantung
    • Arteri dan Vena
    • Peran paru-paru
    • Anatomi Dasar
    • Menghirup
    • Menghembuskan napas
    • Pertukaran gas
    • Perlindungan ( Rinta )

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rangkuman Sistem Pernapasan Pada Manusia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar