Struktur Kontrol C++

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Bahasa Pemrograman C++ adalah bahasa pemrograman komputer Tingkat Tinggi atau dalam pemrograman disebut High Level Language, tetapi C++ juga memungkinkan untuk merancang bahasa pemrograman Tingkat Rendah atau Low Level Language di dalam pemrograman komputer.

    Karena C++ merupakan peningkatan dan pengembangan dari bahasa Pemrograman C yang termasuk dalam bahasa Pemrograman Tingkat Menengah atau Middle Level Language, yang berarti Bahasa Pemrograman C++ memiliki semua fitur dan kelebihan yang dimiliki bahasa pemrograman C, termasuk kelebihan bahasa pemrograman C yaitu kita dimungkinkan untuk dapat menggunakan Bahasa Pemrograman Assembly di dalam bahasa pemrograman C, dan juga menyediakan fasilitas dalam memanipulasi memori tingkat rendah.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    C++ pada dasarnya merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari bahasa pemrograman sebelumnya yaitu bahasa C, oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980. Awal mula C++ mempunyai nama yaitu C with Classes dan berganti nama menjadi C++ pada tahun 1983. Bjarne Stroustrup membuat bahasa pemrograman C++ dengan tambahan fitur dan fasilitas yang sangat berguna pada tahun itu sampai sekarang, yaitu bahasa pemrograman yang mendukung OOP atau dapat disebut Object Oriented Programing.

    C++ biasanya dirancang sebagai penyimpangan terhadap sistem pemrograman dan embedded sistem yang dirancang khusus untuk meningkatkan fungsi tertentu, dengan mengutamakan kinerja, kecepatan, efisiensi dan fleksibilitas penggunaan. Bahasa C++ yaitu salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia dan hampir semua sistem program di dunia dibuat dengan menggunakan bahasa C/C++. C++ mengarahkan langsung ke bahasa mesin, yang menjadikannya menjadi salah satu bahasa pemrograman tercepat di dunia.

    Seperti yang disebutkan sebelumnya Bahasa C++ merupakan bahasa yang sangat kompleks, banyak yang dapat dikontrol sehingga berguna dalam pengelolaan sumber daya dalam pembuatan sistem atau aplikasi, karena hal tersebut yang membuat aplikasi dengan Bahasa C++ dapat berjalan sangat optimal. Dalam bahasa C++ terdapat beberapa macam struktur kontrol perulangan, yaitu :

    Perulangan For

    Perulangan For merupakan struktur kontrol perulangan yang menjalankan satu atau lebih perintah dengan jumlah perulangan yang sudah ditentukan pada proses menetapkan nilai awal dari kondisi. Bentuk umum penulisannya adalah sebagai berikut.

    for(kondisi){

     Statement;

    }

    Contoh Penerapannya dalam program adalah sebagai berikut :

    #include <iostream.h>

    #include <conio.h>

    main(){

     int x;

     for(x=0;x<10;x++){

      cout<<x<<". Aku suka C++"<<endl;

     }

     getch();

    }

    Perulangan While

    Perulangan while merupakan struktur kontrol perulangan yang akan melakukan pengulangan selama kondisi yang dihasilkan dalam perulangan tersebut masih bernilai benar. Bentuk umum penulisannya adalah sebagai berikut :

    Deklarasi;

    while(kondisi){

     Statement;

    }

    Contoh Penerapannya dalam kode program adalah sebagai berikut :

    #include <iostream.h>

    #include <conio.h>

    main(){

     int x = 5;

     while(x>0){

      cout<<x<<" ";

      x--;

     }

     cout<<"Program Berhasil";

     getch();

    }

    Baca juga  : Struktur Kontrol Pada Pemrograman PHP

    Perulangan Do-While

    Perulangan do-while merupakan struktur kontrol perulangan yang menjalankan perintah yang ada didalamnya terlebih dahulu dan melihat kondisi perulangan setelah perintah tersebut selesai dijalankan. Dengan kata lain walaupun kondisinya bernilai salah, minimal perintah sudah dijalankan sebanyak satu kali. Bentuk umum penulisannya sebagai berikut :

    inisialisasi;

    do

     {

      Statement;

     }while(kondisi);

    Contoh Penerapannya dalam kode program adalah sebagai berikut :

    #include <iostream.h>

    #include <conio.h>

    main(){

     char x = 'A';

     cout<<"Abjad : "<<endl;

     do{

      cout<<x<<" ";

      x++;

     }while(x<='Z');

     getch();

    }

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Perulangan Goto

    Perulangan goto merupakan struktur kontrol perulangan yang memiliki label. Perintah akan mengalami pengulangan apabila ada perintah untuk kembali atau menuju ke suatu label. Label di sini merupakan suatu pengenal (identifier). Contoh Penerapannya dalam kode program adalah sebagai berikut :

    #include <iostream.h>

    #include <conio.h>

    main(){

     int angka;

     char t;

     atas:

     cout<<"Masukan angka : ";cin>>angka;

     cout<<" > "<<angka<<endl;;

     cout<<"Ingin memasukan lagi[Y/T] ";cin>>t;

     if(t=='y' ||t=='Y'){

      goto atas;

     }

     else{

      goto bawah;

     }

     getch();

     bawah:

    }

    (Hidayat)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Struktur Kontrol C++
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar