Cara Membuat EBook Interaktif

Daftar Isi

    LancangKuning.com - EBooks adalah norma baru dalam pendidikan dan penerbitan. Tambahkan konten interaktif dan Anda telah mendapatkan diri Anda produk unggulan yang pasti akan menempatkan Anda di depan permainan. Panduan komprehensif ini akan membimbing Anda melalui perjalanan sehingga Anda tahu cara membuat eBook interaktif.

    Anda juga akan belajar cara menerbitkan dan mendistribusikan eBook ke berbagai platform. Kami akan mulai bersama dengan membangun konten Anda, hingga memilih alat online dan offline pilihan Anda. Sepanjang jalan, kami akan memberi Anda jawaban atas pertanyaan paling umum yang diajukan penulis.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mempelajari cara membuat eBook interaktif itu sederhana, tetapi mari kita mulai dulu dengan mendefinisikan apa itu "eBook interaktif". Istilah ini telah digunakan secara berlebihan dalam beberapa tahun terakhir oleh penerbit yang berpikir bahwa memasukkan gambar bergerak ke dalam eBook mereka akan menganggapnya "interaktif".

    Meskipun mereka tidak sepenuhnya bersalah di sini, itu terdengar sangat konyol mengingat bahwa mereka bahkan tidak menggaruk ujung gunung es interaktif. Dengan teknologi saat ini seperti HTML5 dan EPUB 3.0, Anda dapat melampaui gambar bergerak digital.

    Anda dapat memberikan pengalaman yang kaya dengan keterlibatan pembaca saat mereka memainkan game berbasis sentuhan, menjawab pertanyaan dan bahkan berpartisipasi dalam jajak pendapat atau mengirim umpan balik — semuanya di dalam eBook. Dan itulah bagaimana kami lebih suka mendefinisikan interaktivitas - melibatkan pembaca.

    Cara Membuat eBook Interaktif:

    1. Menetapkan target Anda

    Sebagai perusahaan dalam bisnis pembuat eBook, kami menerima banyak permintaan dari pelanggan yang ingin membuat eBook interaktif. Mereka memiliki rencana yang jelas tentang eBook mereka, dan sebagian besar konten nya sudah siap.

    Namun, ketika kami bertanya platform / perangkat apa yang mereka targetkan untuk penerbitan, yang bisa didengar hanyalah kicauan jangkrik. Menginginkan eBook saja tidak cukup. Karena eBook Anda akan menargetkan audiensi tertentu, penting untuk mengetahui bagaimana menjangkau mereka. Produk akhir harus jelas dan terdefinisi dengan baik.

    2. Mempersiapkan konten dan materi eBook interaktif

    Baca juga : Jenis Format Ebook Dan Keterangannya

    Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan di sini. Mayoritas pengguna eBook mengandalkan perangkat seluler, jadi Anda harus mengoptimalkan konten untuk itu. Sangat mudah untuk hanya mengonversi PDF jadi menjadi eBook, tetapi apakah itu pilihan terbaik? Karena itu, kita harus perhatikan dua tata letak eBook: tata letak tetap dan tata letak reflow-able.

    3. Layanan dan situs web online untuk menyiapkan eBook interaktif Anda (sumber daya konten dan banyak lagi)

    Ada layanan yang dapat melakukan banyak pekerjaan manual untuk Anda dengan biaya. Mereka dapat menangani pekerjaan berat seperti memindai buku hardcopy, merancang sampul eBook Anda, memformat dokumen Anda untuk pembaca eBook, dan menciptakan interaktivitas khusus.

    Hanya hati-hati: karena banyak situs web (tidak ada dalam daftar ini) mengklaim untuk menawarkan layanan konversi eBook interaktif, di mana mereka sebenarnya berarti digital, bukan interaktif. Ada ratusan layanan online di industri ini, tetapi di sini adalah daftar yang paling populer dan berguna untuk tetap bermanfaat.

    4. Pembuat dan editor eBook untuk membangun eBook interaktif Anda

    Ada sejumlah alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat / mengedit eBook interaktif Anda. Tentu saja kami merujuk ke eBook interaktif, jadi aplikasi ini akan memberi Anda alat yang Anda butuhkan untuk menambahkan interaktivitas di dalam eBook Anda.

    • Kotobee Author
    • iBooks Author
    • Aquafadas
    • Inkling
    • Interact Builder
    • Demibook Storytime
    • Atavist
    • Talespring
    • Kwik
    • Tigercreate
    • Pubcoder

    5) Menerbitkan & mendistribusikan eBook interaktif Anda

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Ketika sampai pada distribusi, penting untuk memahami cara kerjanya. Ada penyedia layanan yang dikenal sebagai aggregator yang dapat mendistribusikan eBook Anda ke pengecer online internasional, serta toko buku mereka sendiri dengan biaya tetap dan / atau komisi dari penjualan Anda. Mereka menangani semua kerja keras pengiriman, dan memastikan bahwa eBook Anda mendapatkan eksposur yang tepat.

    Tetapi jika Anda memiliki waktu dan upaya untuk mendistribusikan eBook sendiri, maka Anda akan memiliki kebebasan untuk memilih platform mana Anda ingin menjual eBook Anda. Ini tidak berarti bahwa Anda akan menyimpan 100% royalti karena semua pengecer besar masih menerima royalti, tetapi tidak akan ada komisi agregat yang dimakan jauh dari Anda.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membuat EBook Interaktif
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar