Perubahan Sosial Pada Lansia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Perubahan sosial, sosiologi, perubahan struktur sosial mekanisme, ditandai dengan simbol yang mendalam budaya, aturan perilaku, organisasi sosial, atau sistem nilai. Sepanjang sejarah perkembangan disiplin mereka, sosiolog telah meminjam model perubahan sosial dari bidang akademik lainnya.

    Pada akhir abad ke-19, ketika evolusi menjadi model utama untuk memahami perubahan biologis, ide mengambil peran perubahan sosial evolusi, dan, meskipun model lain telah menyempurnakan ide modern perubahan sosial, sisa-sisa evolusi sebagai prinsip dasar.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Model sosiologis lainnya menciptakan analogi antara perubahan sosial dan kemajuan teknologi Barat. Pada pertengahan abad ke-20, antropolog dipinjam dari teori linguistik strukturalis untuk menggambarkan pendekatan perubahan sosial disebut fungsionalisme struktural. Teori ini mendalilkan adanya lembaga dasar tertentu (termasuk kekerabatan dan pembagian kerja) yang menentukan perilaku sosial. Karena saling terkait, perubahan satu lembaga akan mempengaruhi lembaga-lembaga lain.

    Berbagai aliran teori menekankan berbagai aspek perubahan. Teori Marxis menunjukkan bahwa perubahan dalam mode produksi dapat menyebabkan perubahan dalam sistem kelas, yang dapat mendorong bentuk-bentuk perubahan baru lainnya atau memicu konflik kelas. Pandangan yang berbeda adalah teori konflik, yang beroperasi pada basis luas yang mencakup semua institusi.

    Fokusnya tidak hanya pada aspek konflik yang murni memecah belah, karena konflik, walaupun tidak terhindarkan, juga membawa perubahan yang mendorong integrasi sosial. Mengambil pendekatan lain, teori struktural-fungsional menekankan kekuatan-kekuatan yang berintegrasi dalam masyarakat yang pada akhirnya meminimalkan ketidakstabilan.

    Perubahan Sosial dan Psikologis

    Pria atau wanita, semakin tua berarti menghadapi masalah psikologis yang datang dengan memasuki fase terakhir kehidupan. Orang-orang muda yang bergerak menuju kedewasaan mengambil peran dan tanggung jawab baru ketika kehidupan mereka meluas, tetapi busur yang berlawanan dapat diamati di usia tua.

    Apa keunggulan perubahan sosial dan psikologis?

    Pensiun — penarikan dari pekerjaan yang dibayar pada usia tertentu adalah ide yang relatif baru. Hingga akhir abad kesembilan belas, orang bekerja sekitar enam puluh jam seminggu sampai mereka secara fisik tidak mampu melanjutkan. Setelah Perang Saudara Amerika, para veteran yang menerima pensiun dapat menarik diri dari angkatan kerja, dan jumlah lelaki tua yang bekerja mulai menurun.

    Baca juga : Askep Psikososial Pada Lansia

    Penurunan besar kedua dalam jumlah pekerja dimulai pada era pasca-Perang Dunia II, mungkin karena ketersediaan Jaminan Sosial, dan penurunan besar ketiga pada 1960-an dan 1970-an mungkin disebabkan oleh dukungan sosial yang ditawarkan oleh Medicare dan peningkatan manfaat Jaminan Sosial (Munnell 2011).

    Pada abad ke dua puluh satu, kebanyakan orang berharap bahwa pada titik tertentu mereka akan dapat berhenti bekerja dan menikmati hasil kerja mereka. Tetapi apakah kita menantikan saat ini atau takut? Ketika orang-orang pensiun dari rutinitas kerja yang akrab, beberapa dengan mudah mencari hobi, minat, dan bentuk rekreasi baru.

    Banyak menemukan kelompok baru dan mengeksplorasi kegiatan baru, tetapi yang lain mungkin merasa lebih sulit untuk beradaptasi dengan rutinitas baru dan kehilangan peran sosial, kehilangan rasa harga diri mereka dalam proses. Setiap fase kehidupan memiliki tantangan yang datang dengan potensi rasa takut. Erik H. Erikson (1902-1994), dalam pandangannya tentang sosialisasi, memecah rentang kehidupan yang khas menjadi delapan fase.

    Setiap fase menghadirkan tantangan tertentu yang harus diatasi. Pada tahap akhir, usia tua, tantangannya adalah merangkul integritas dari keputusasaan. Beberapa orang tidak berhasil mengatasi tantangan. Mereka mungkin harus menghadapi penyesalan, seperti kecewa dalam kehidupan anak-anak mereka atau mungkin hidup mereka sendiri. Mereka mungkin harus menerima bahwa mereka tidak akan pernah mencapai tujuan karir tertentu.

    Atau mereka harus memahami apa yang harus dibayar oleh kesuksesan karier mereka, seperti waktu bersama keluarga atau menurunnya kesehatan pribadi. Namun, yang lain mampu mencapai rasa integritas yang kuat dan mampu merangkul fase baru dalam kehidupan. Ketika itu terjadi, ada potensi luar biasa untuk kreativitas. Mereka dapat mempelajari keterampilan baru, mempraktikkan kegiatan baru, dan secara damai mempersiapkan akhir kehidupan.

    Bagi beberapa orang, mengatasi keputusasaan mungkin memerlukan pernikahan kembali setelah kematian pasangan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Kate Davidson (2002) meninjau data demografis yang menyatakan pria lebih mungkin menikah lagi setelah kematian pasangan dan menyarankan bahwa janda (pasangan wanita yang masih hidup dari pasangan pria yang meninggal) dan duda (pasangan pria yang masih hidup dari seorang pria).

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Pasangan wanita yang sudah meninggal) mengalami kehidupan pascakelahiran secara berbeda. Banyak wanita yang selamat menikmati rasa kebebasan baru, karena mereka hidup sendirian untuk pertama kalinya. Di sisi lain, bagi pria yang selamat, ada perasaan yang lebih besar telah kehilangan sesuatu, karena mereka sekarang kehilangan sumber perawatan yang konstan serta fokus kehidupan emosional mereka.(faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perubahan Sosial Pada Lansia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar