Tujuan Gerontologi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Gerontologi merupakan suatu studi tentang penuaan dan orang dewasa yang lebih tua. Ilmu gerontologi telah berevolusi seiring umur panjang telah membaik. Para peneliti pada bidang ini beragam dan dilatih di berbagai bidang seperti fisiologi, ilmu sosial, psikologi, kesehatan masyarakat, dan kebijakan. Definisi gerontologi yang lebih lengkap mencakup semua hal berikut:

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Studi ilmiah tentang proses yang terkait dengan perubahan tubuh dari usia paruh baya hingga kehidupan selanjutnya;
    • Investigasi multidisiplin perubahan sosial yang dihasilkan dari populasi yang menua dan mulai dari humaniora (mis., Sejarah, filsafat, sastra) hingga ekonomi; dan
    • Aplikasi pengetahuan ini untuk kebijakan dan program.

    Perbedaan Antara Gerontologi dengan Geriatri

    Gerontologi adalah berbagai ilmu dan berkaitan juga dengan aspek mental, fisik, dan juga sosial serta implikasi penuaan. Geriatri adalah spesialisasi medis yang berpusat pada perawatan dan perawatan lansia. Meskipun gerontologi serta geriatri mempunyai penekanan yang berbeda, mereka mempunyai tujuan yang sama yakni memahami penuaan sehingga orang bisa memaksimalkan fungsi mereka serta  mereka pun mencapai kualitas dari hidup yang tinggi.

    Manfaat Ilmu Gerontologi

    Dengan pemahaman tentang gerontologi, seorang individu dapat membuat rencana untuk kehidupan dan kebutuhan hidupnya sendiri, dan komunitas dan legislator dapat membuat pilihan kebijakan publik yang diperlukan. Keputusan kebijakan publik sangat penting karena pertumbuhan luar biasa dari populasi kami yang berusia 65 tahun. Populasi dewasa Georgia yang lebih tua adalah yang tercepat keempat di negara ini dan saat ini jumlahnya 1,2 juta.

    Korea Selatan menambahkan hampir 2,5 juta orang dewasa yang lebih tua antara tahun 2000 dan 2010. Secara nasional, diproyeksikan bahwa populasi yang lebih tua akan berlipat ganda menjadi 89 juta pada tahun 2050 - tingkat pertumbuhan yang dua kali lebih cepat dari populasi di bawah 50 tahun. Permintaan untuk para profesional dengan keahlian dalam gerontologi akan mencerminkan peningkatan ini.

    Baca juga : Pengertian Gerontologi

    Sasaran dan Tujuan Gerontologi

    Sasaran

    • Untuk meningkatkan dana pengetahuan penduduk dalam pengobatan geriatri.
    • Untuk membiasakan warga dengan cara kerja komunitas perawatan jiwa dan penempatan pasien pada tingkat rawat jalan yang sesuai.
    • Untuk memperkenalkan residen ke peran geriatrik dalam perawatan primer dan pendekatan tim geriatri kepada pasien.
    • Untuk mengekspos residen terhadap dilema etika yang dihadapi dalam perawatan sehari-hari pasien yang menua.

    Tujuan

    • Untuk menyediakan kurikulum inti topik geriatrik untuk dipelajari melalui monograf AAFP, artikel, seri kuliah dan pengajaran.
    • Untuk mempelajari bagaimana tim multi-disiplin bekerja dalam perawatan lansia melalui ulasan warga dan Unit Penilaian Geriatri.
    • Untuk memahami penilaian fungsional pasien lanjut usia, alat standar yang tersedia untuk penilaian semacam itu, dan bantuan terapi fisik dan perawatan dapat diberikan dengan penilaian semacam itu.
    • Untuk memahami penilaian status mental pasien lansia, dan bagaimana dan kapan menerapkan alat penilaian standar.
    • Untuk mengalami pengalaman bekerja dengan orang tua dengan memberikan perawatan di lingkungan kantor dan fasilitas perawatan yang terampil.
    • Untuk membiasakan penghuni dengan kemampuan dan keterbatasan berbagai tingkat perawatan; fasilitas keperawatan yang terampil, perawatan pribadi, hidup yang dibantu dan tinggal di komunitas perawatan jiwa.
    • Untuk mengekspos penduduk ke peran berbagai anggota tim perawatan kesehatan dengan menghabiskan waktu bersama terapis fisik, terapis okupasi, pekerja sosial, dll.
    • Untuk mendapatkan pengalaman merawat yang sakit kronis.
    • Untuk memiliki penghuni di fasilitas perawatan terampil dan membiasakan diri dengan makeup fisik, staf dan populasi pasien.
    • Penduduk akan mengikuti setidaknya 2 pasien di fasilitas keperawatan Residential selama PGY-2 dan PGY-3 tahun mereka.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Ruang Lingkup

    Mengingat fraksi yang semakin meningkat dari orang dewasa yang lebih tua, memahami mekanisme penuaan dan penyakit terkait usia telah menjadi masalah kebutuhan mendesak. Gerontologi, jurnal tertua di lapangan, juga merupakan satu-satunya jurnal yang menanggapi kebutuhan ini dengan menarik kontribusi topik dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung tujuan dasar memperpanjang kehidupan aktif dan meningkatkan kualitasnya. Kisaran kertas diklasifikasikan menjadi lima bagian.

    Dalam bagian Klinis, Etiologi, Patogenesis, Pencegahan dan Pengobatan, penyakit yang berkaitan dengan usia dibahas dari sudut pandang gerontologi dan bukan geriatri.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tujuan Gerontologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar