Pengertian Gerontologi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Seiring bertambahnya usia, pikiran dan tubuh kita mulai berubah perlahan. Beberapa dari perubahan ini mungkin menyelinap ke arah kita begitu lambat sehingga kita mungkin tidak menyadarinya pada awalnya, tetapi itu memang terjadi. Perubahan-perubahan ini mungkin termasuk masalah fisik khas yang datang bersama usia tua, seperti keriput, rambut rontok, penyakit, dan hilangnya otot dan tulang.

    Masalah psikologis juga menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia, dan banyak orang dewasa yang lebih tua biasanya mengalami semacam gangguan mental dan emosional. Beberapa masalah ini mungkin disebabkan oleh perubahan fisik, seperti perubahan suasana hati yang menyertai menopause atau depresi yang disebabkan oleh penyakit kronis. Namun, masalah psikologis lain mungkin disebabkan oleh pengalaman hidup, seperti kesedihan karena kehilangan teman dekat atau pasangannya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Gerontologi adalah studi yang mengajarkan yang berkaitan dengan proses penuaan dan masalah yang mungkin dihadapi orang lanjut usia. Profesional di bidang ini biasanya mempelajari dan menemukan cara untuk mengobati masalah fisik, mental, emosional, dan sosial.

    Bidang gerontologi ini sangat luas, dan ada banyak subbidang. Gerontologi sosial dan biogerontologi adalah dua sub bidang yang paling umum dari gerontologi. Gerontologi sosial adalah subbidang gerontologi yang berhubungan dengan aspek sosial penuaan, dan biogerontologi adalah subbidang gerontologi yang berkaitan dengan aspek biologis penuaan.

    Pada awal abad ke-20 istilah "gerontologi" diciptakan oleh Elie Metchnikoff. Pada 1940-an, James Birren mulai mengorganisasi bidang gerontologi. Salah satu pencapaiannya yang paling penting adalah teori penuaan primer, sekunder, dan tersier.

    • Primary Aging - Mengacu pada kerusakan fisik alami tubuh seiring waktu.
    • Penuaan Sekunder - Mengacu pada penyakit dan penyakit yang dapat mempercepat proses penuaan, seperti Alzheimer dan kanker.
    • Penuaan Tersier - Mengacu pada peningkatan kemunduran kognitif dan fisik seseorang dalam waktu singkat sebelum kematian.

    Baca juga : Manfaat Media Komunikasi Grafis

    Pada tahun 1945, Gerentological Society of America didirikan, dan Birren adalah salah satu presiden pertamanya. Ketika para ilmuwan menciptakan lebih banyak obat dan perawatan yang menakjubkan, semakin banyak orang yang hidup sampai usia lanjut.

    • Syarat Pendidikan untuk menjadi ahli gerontologi

    Secara umum, untuk memulai karier gerontologi, banyak siswa biasanya memulai dengan gelar sarjana dalam bidang psikologi, pekerjaan sosial, atau keperawatan. Beberapa universitas sarjana juga menawarkan program gelar di gerontologi. Gelar sarjana biasanya cukup bagi beberapa orang untuk memulai karir gerontologi mereka di posisi entry level, seperti pembantu di pusat senior dan panti jompo.

    Program gelar sarjana dalam gerontologi juga tersedia di beberapa universitas. Siswa yang lulus dengan gelar magister atau doktoral di gerontologi biasanya akan memiliki lebih banyak peluang kerja serta gaji yang lebih tinggi. Jika Anda tertarik untuk pergi ke sekolah untuk menjadi seorang Gerontologis, cari tahu lebih banyak informasi dari sekolah-sekolah yang menawarkan gelar ini di daerah Anda di Temukan Halaman Sekolah kami. Pelajari lebih lanjut tentang derajat gerontologi.

    • Pekerjaan seorang gerontologi

    Karier penelitian gerontologi biasanya melibatkan melakukan penelitian untuk mempelajari dan lebih memahami beberapa hal yang dapat mempengaruhi proses penuaan. Beberapa peneliti gerontologis mungkin mempelajari mengapa beberapa orang mendapatkan lebih banyak kerutan daripada yang lain, misalnya, atau bagaimana menyembuhkan atau memperlambat perkembangan penyakit tertentu yang terkait dengan usia tua.

    Gerontolog mungkin juga bekerja secara langsung dengan individu yang lebih tua. Mereka dapat memberikan bantuan dengan kegiatan sehari-hari, seperti persiapan makan, transportasi, atau bahkan percakapan yang menyenangkan. Beberapa gerontologis mungkin berspesialisasi dalam gangguan emosi atau mental yang mungkin dialami oleh orang dewasa yang lebih tua. Mereka mungkin menawarkan konseling atau terapi untuk hal-hal seperti depresi, kecemasan, dan kesedihan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Advokasi adalah tanggung jawab bersama para gerontologis, yaitu gerontologis sosial. Pendukung senior dapat bertindak sebagai penghubung antara orang dewasa yang lebih tua dan dunia di sekitar mereka. Mereka dapat membantu mereka dengan dokumen yang panjang dan sulit terkait dengan hal-hal seperti perawatan kesehatan atau asuransi. Gerontolog sosial juga biasanya bekerja untuk membantu menghilangkan beberapa mitos yang mengelilingi usia tua dan bekerja untuk menjebak orang dewasa yang lebih tua dengan pekerjaan, pendidikan, peluang sukarela, atau kegiatan sosial.

    Gerontolog juga dapat bekerja dengan profesional perawatan kesehatan lainnya untuk membantu memenuhi kebutuhan unik orang dewasa yang lebih tua. Mereka mungkin membantu merancang program perawatan kesehatan terbaik untuk orang dewasa yang lebih tua, misalnya. (Mawar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Gerontologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar