Manfaat Media Komunikasi Grafis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Media grafis adalah media yang menyajikan visualisasi berupa fakta, data, ide, gagasan dan informasi melalui penyajian berupa kata, kalimat, angka dan gambar. Media grafis dibuat agar informasi yang disajikan dapat dengan mudah dipahami dan mudah diingat. Selain itu grafis juga sering digunakan untuk menarik perhatian halayak ramai dengan sajiannya yang menarik.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Fungsi Media Grafis

    Sesuai dengan pengertian dari media grafis, media grafis berfungsi untuk mengilustrasikan gagasan dan ide yang ingin disampaikan kepada masyarakat agar lebih mudah dipahami dan diingat. Media grafis sering digunakan pada iklan-iklan produk, pemasaran, dan seruan, karena penyampain informasi dengan media grafis lebih menarik dari penyajian secara verbal.

    Media grafis berfungsi untuk menyalurkan informasi dari pengirim ke penerima dengan memanfaatkan indra penglihatan. Pesan yang disampaikan berupa gambar dan karakter tertentu.

    Kelebihan dan Kelemahan Media Grafis

    Kelebihan:

    1. Dapat mempermudah dan meningkatkan pemahaman terhadap topik yang akan disampaikan kepada masyarakat.
    2. Dapat dibubuhkan warna-warna dan simbol-simbol agar lebih menarik.
    3. Pembuatannya lebih mudah dan anggaran yang digunakan untuk membuatnya cenderung lebih murah.

    Kekurangan

    1. Membutuhkan keterampilan khusus untuk membuatnya karena media grafis memiliki desain gambar yang kompleks.
    2. Pesan yang disampaikan hanya berwujud visual saja.

    Manfaat Media Komunikasi Grafis

    1. Ekonomis

    Komunikasi yang bersifat fundamental memiliki fungsi utama yaitu untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai. Komunikasi membutuhkan media komunikasi untuk mencakup semua lapisan masyarakat. Untuk itu setiap informasi yang disajikan harus mempertimbangkan apakah informasi yang disajikan dapat dipahami oleh semua masyarakat.

    Baca juga : Fitur Yang Tepat Untuk Pembuatan Slide

    Salah satu cara untuk mempermudah pemahaman khalayak ramai adalah dengan menambahkan objek gambar yang mudah dipahami dan sesuai dengan topik informasi yang akan disampaikan. Selain itu biaya yang diperlukan dalam memperoleh dan membuat media komunikasi grafis terbilang cukup murah dan mudah untuk semua kalangan masyarakat baik kalangan menengah ke atas hingga kalangan menengah ke bawah.

    Waktu yang dibutuhkan dalam memperolehnya juga termasuk mudah karena pada surat kabar biasanya telah dibubuhkan grafis dal setiap berita yang dibuatnya, terlebih lagi dengan adanya surat kabar online informasi akan lebih mudah untuk di sebar luaskan.

    2. Mudah Untuk Dipahami

    Media komunikasi grafis bermanfaat karena lebih mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat. Informasi yang disebar luaskan juga menggunakan gambar dan simbol yang mudah dipahami oleh masyarakat, sehingga mencegah terjadinya kesalahpahaman dalam menerima informasi. Biasanya media komunikasi grafis juga diiringi dengan kata-kata keterangan untuk lebih memperjelas apa yang ingin disampaikan dan juga membuat informasi lebih detail.

    3. Mudah didapatkan di daerah mana saja

    Surat kabar yang menyajikan media komunikasi grafis cukup mudah ditemukan dimana saja meskipun di daerah terpencil sekalipun surat kabar tetap mudah dijumpai.

    Selain surat kabar berbentuk fisik terdapat juga surat kabar online yaitu surat kabar yang diterbitkan di internet juga banyak menggunakan media komunikasi visual. Surat kabar online cenderung lebih cepat penyebarannya dibandingkan surat kabar cetak, karena asalkan memiliki koneksi ke jaringan internet dan memiliki perangkat seperti gawai, laptop, surat kabar online akan mudah diakses.

    Beberapa Manfaat Media Komunikasi Grafis di Berbagai Bidang

    1. Pendidikan

    Dalam bidang pendidikan media komunikasi grafis sering digunakan oleh tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswanya. Dengan adanya media komunikasi grafis, kreatifitas para siswa akan lebih terasah karena siswa akan dipaksa untuk memahami setiap gambar dan simbol yang disajikan.

    Selain itu dengan adanya media komunikasi grafis tenaga pendidik tidak perlu memikirkan kata-kata atau kalimat yang sekiranya mudah dipahami oleh siswanya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    2. Ekonomi dan Bisnis

    Dalam bidang ekonomi dan bisnis, media komunikasi visual biasanya sering digunakan untuk media pemasaran suatu produk seperti iklan. Bahkan hampir setiap media pemasaran yang digunakan oleh perusahaan menggunakan media komunikasi visual. Hal itu bertujuan untuk menarik konsumen, bahkan suksesnya pemasaran yang dilakukan oleh agen pemasaran banyak bergantung pada iklan.

    3. Kepentingan Umum

    Himbauan publik juga sering kita lihat dengan menggunakan media komunikasi visual. Hal ini juga bertujuan agar informasi yang disampaikan akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat.(Mahfuzon)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Media Komunikasi Grafis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar