Pemanfaatan Cloud Computing Pada E-Learning

Daftar Isi

    Foto:  Ilustrasi Cloud Computing Pada E-Learning

    LancangKuning.com -- Perkembangan teknologi berbasis internet tidak asing lagi bagi  setiap orang. Penggunaan internet  yang dijadikan sebagai kebutuhan telah menjadi kebiasaan yang hampir tidak lepas dari aktifitas. Akses pelayanan yang mudah dan murah menjadi faktornya.  Beragam manfaat yang banyak ditawarkan memberi daya tarik seseorang untuk mengakses internet seperti  media belajar, sumber informasi, sosial media dll. 

    Apalagi dengan teknologi yang juga berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Penerapan dalam bidang pendidikan mengarah pada sistem aplikasi e-learning tanpa banyak mengurangi waktu dan tenaga. Tentunya, bertujuan untuk meningkatkan mutu  dan kinerja dalam pendidikan. Semakin pesatnya  kemajuan teknlogi yang belakangan sering terdengar  adalah pemanfaat  cloud computing pada sistem.  

    Cloud computing berperan besar dalam pengembangan tersebut. Cloud computing atau komputasi awan adalah  suatu komputasi yang memanfaatkan internet dalam layanan jaringan komputer, dari sumber daya seperti processor/ computing power, storage, network dan software. Cloud computing terbagi kedalam tiga kategori. Pertama, Software as a Service (SaaS) merupakan evolusi lebih lanjut dari ASP  (Aplication Service Provider) contoh: Google Docs. Kedua, Platform as a Service(PaaS) merupakan layanan yang menyediakan modul dan siap digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang berjalan diatas platform tersebut contoh: Google AppEngine. Ketiga, Infrastructure as a Service (IaaS) merupakan layanan yang menyewakan sumber daya teknologi informasi dasar seperti media penyimpanan, memory, operating system.

    E-learning adalah proses belajar mengajar berbentuk digital diakukan dengan menggunakan media elektronik  atau teknologi informasi untuk menyampaikan bahan ajar dan media interaksi secara online.  Penggunaan yang tidak cukup rumit mampu dengan cepat beradaptasi dengan pelajar yang menggunakan sistem e-learning ini.

    Pemanfaatan cloud computing bersama e-learning tersebut sangat baik demi kelangsungan proses pembelajaran. Sistem e-learning yang dibangun bisa diakses secara langsung oleh semua pengguna. Akan tetapi, pengguna yang tidak terdaftar tidak bisa menggunakan semua fitur yang tersedia. Pengguna yang ingin menikmati  e-learning mampu menikmatinya dengan cara mendaftar menggunakan login di akun masing-masing. 

    Keterbatasan dan jarak menjadi hambatan hampir dibeberapa sekolah yang terbilang pelosok masih jauh dari ketertinggalan teknologi.  Menurut saya, hal ini disebabkan karena  tidak atau kurangnya akses layanan jaringan didaerah tersebut. Pemerintah harus melihat ini, perbaikan fasilitas yang mendukung sumber daya manusia khususnya generasi-generasi penerus bangsa harus lebih diutamakan. Melihat  begitu cepatnya teknologi menjamur dan meningkat. 

    Pengenalan e-learning  dengan menggunakan  cloud computing sebagai pendukung media belajar yang seharusnya menjadi hal dasar dan mudah untuk diberikan kepada para pelajar.  Manfaat yang bisa benar-benar terlihat jelas dan berefek seperti membantu mengurangi pembelian buku, materi bisa dibagikan dan dirubah secara mudah, kapasitas penyimpanan pada cloud computing bisa ditambah jika suatu waktu data sudah penuh, biaya operasional sekolah juga berkurang dan kemudahan bagi orang tua untuk terus mengetahui perkembangan proses pembelajaran anak secara leih efektif.  

    Kebutuhan akan efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan pembelajaran meningkatkan dan menambah kualitas pendidikan.  Implementasi dalam penyelenggaraan pendidikan sangat perlu didukung oleh kemajuan teknologi. Penggunaan teknologi e-learning  yang memanfaatkan cloud computing menjadi  salah satu jawaban pengembangan teknologi di bidang pendidikan.

    Institusi penyelenggara pendidikan, memanfaatkan sistem pada teknologi memudahkan akses data dan membenahi kembali sistem pendidikan bagi daerah-daerah yang jauh dari ketertinggalan. Kondisi yang sangat dan harus segera diperhatikan agar terdapat keseimbangan perkembangan pembelajaran di era global pada suatu daerah. Penyelenggaraan teknologi dibidang pendidikan, bisa bekerja sama dengan pihak lain jika diperlukan untuk mendorong kemampuan pengadaan infrastruktur yang belum memadai.  Sehingga, menghemat biaya pembangunan infrastruktur teknologi.

    Penulis: Rizka Dwi Saputri

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemanfaatan Cloud Computing Pada E-Learning
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar