Batasan dan Ruang Lingkup Ekologi Hewan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Batasan yang dimiliki dari ekologi hewan ialah kawasan atau wilayah yang manusia. Sedangkan ruang lingkup atau kawasan dari ekologi yang dimiliki hewan ialah lokasi yang tidak terdapat manusia atau lokasi yang telah ditinggali oleh manusia. Meskipun demikian, ada beberapa makhluk hidup yang saling berdampingan atau tidak mengganggu aktivitas manusia.

    Hewan yang bisa atau dapat mengganggu, pasti akan jauh bahkan jika dekat akan segera dipindahkan ke daerah tempat asal hewan tersebut agar tidak merusak dan melukai orang lain. Hewan buas memiliki lokasi yang tidak berdekatan dengan manusia dikarenakan, insting berburu dan memangsa yang dimiliki. Sedangkan untuk ruang lingkup yang dimiliki hewan antara lain populasi, komunitas, dan ekosistem. Inilah yang menjadi lingkup atau area dari ekologi hewan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Yang pertama populasi, populasi memiliki penjelasan yaitu sebagai kelompok atau regu-regu yang sama bentuk atau wujudnya serta tempat tinggal yang sama juga. Kemudian dari kelompok-kelompok ini ada hubungan lain lagi dengan kelompok yang lain contoh dari hubungannya ialah hubungan antar kelompok atau populasi, kemudian hubungan kelompok untuk memperebutkan sesuatu seperti, makanan, minuman, dan tempat tinggal.

    Selanjutnya ada hubungan kerja sama pada tahap ini populasi sejumlah hewan bergabung dan bekerja sama. Dan hubungan ini disebut komunitas, pada hubungan ini hewan yang tergabung di dalamnya akan saling bekerja sama untuk menghadapi komunitas yang lainnya. Komunitas sendiri masih bercabang-cabang dan banyak jenisnya. Beberapa diantaranya yaitu, komunitas yang terdapat pada daerah perairan seperti, komunitas makhluk hidup kolam, komunitas sungai, komunitas danau, komunitas laut, dan yang lainnya.

    Berikutnya ada komunitas yang terdapat pada daerah daratan, seperti komunitas makhluk hidup yang terdapat di wilayah hutan, di sabana, di padang rumput, di halaman, di pegunungan, di daerah gurun pasir dan daerah daratan yang lainnya. Dari contoh-contoh diatas batas dari ekologi hewan sangat sedikit maksudnya ruang lingkup yang dimiliki hewan cukup luas. Karena, sejumlah wilayah yang ditempati hewan tidak terdapat manusia, dan manusia tidak dapat hidup pada wilayah yang berbahaya.

    Baca juga : Apa Yang Dimaksud Dengan Diversifikasi Produk Perikanan

    Ekologi sendiri memberikan penjelasan mengenai wilayah yang dapat ditinggali, hubungan makhluk hidup yang satu dengan yang lain, makanan, serta perebutan wilayah. Batas yang dimiliki serta ruang lingkup dari hewan ini menjadi. Ekologi sendiri telah lama dipelajari dan dikembangkan. Tujuan dari mempelajari ekologi ialah untuk mengetahui cara hidup dari makhluk hidup yang lain, hubungan manusia dengan makhluk hidup, cara untuk bertahan hidup, menjaga keseimbangan alam maupun lingkungan.

    Dengan mempelajari ekologi kita dapat mencegah terjadinya suatu kepunahan dari makhluk hidup baik tumbuhan maupun hewan. Ekologi dapat menentukan apa yang terjadi pada keseimbangan yang terdapat dialam. Oleh karena itu, beberapa makhluk hidup yang akan lenyap atau punah terus dilakukan rehabilitasi agar tidak mengalami kepunahan atau lenyap. Selain itu dengan mempelajari ekologi dapat mempermudah hubungan yang terjadi pada makhluk hidup yang berkaitan dengan kita.

    Dengan tetap menjaga hubungan ini maka akan terbentuk yang namanya keteraturan yang biasnya disebut dengan keseimbangan, dengan menjaga keseimbangan maka kehidupan kita akan baik dan tidak terganggu.  Ekologi ialah ilmu yang mempelajari mengenai lingkungan alam sekitar, seperti cara hidup, pola struktur kehidupan hubungan untuk setiap makhluk hidup, serta kebutuhan yang diperlukan lainnya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Pada ekologi setiap makhluk hidup memiliki hubungan dengan kumpulan makhluk hidup lainnya. Hubungan ini dapat berbentuk pola hidup, makanan, cara bertahan hidup hewan dari hewan lainnya. Hubungan yang dimiliki antara hewan dengan hewan yang lainnya terbagi menjadi hubungan yang tidak mengganggu antara yang satu dengan yang lain biasa disebut dengan netral, hubungan saling memangsa, hubungan saling menguntungkan, hubungan yang salah satu makhluk hidup membantu sedangkan yang lain tidak membantu atau mengganggu.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Batasan dan Ruang Lingkup Ekologi Hewan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar