Peranan Ilmu Kimia Dalam Bidang Industri

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apa itu Kimia? Kimia adalah cabang ilmu yang berurusan dengan studi komposisi, struktur, dan sifat-sifat materi. Ini berkaitan dengan studi tentang perubahan yang dialami berbagai bentuk materi dalam kondisi yang berbeda. Kimia juga memiliki cabang yang melihat hukum yang mengatur perubahan ini. Sekarang kita tahu apa itu kimia, mari kita lanjutkan dan membaca tentang pentingnya hal yang sama.

    Industri Kimia merupakan faktor yang sangat penting untuk dapat mengubah bahan baku menjadi produk yang diinginkan yang kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini sangat berguna dan juga membawa perubahan yang maksimal dalam beroperasi. Sangat penting bagi kita untuk memahami pentingnya industri kimia yang telah menyentuh semua aspek kehidupan kita seperti Makanan, Pertanian, Dekorasi, Lingkungan, Kebersihan, dan Transportasi  dan lain - lain.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Secara signifikan ini juga digunakan dalam industri daur ulang untuk mengekang penggunaan produk. Mendaur ulang kembali sangat membantu dalam memanfaatkan bahan limbah, dan memberikan satu siklus hidup lagi untuk produk.

    Pentingnya dan Lingkup Kimia

    Ada banyak contoh dalam kehidupan sehari-hari  yang melibatkan masalah dalam bidang kimia, penerapannya, dan aturannya. Mari kita lihat satu per satu.

    1) Pasokan Makanan

    Studi kimia memberi dunia pupuk kimia seperti urea, kalsium superfosfat, natrium nitrat, dan Amonium Sulfat. Bahan kimia ini telah banyak membantu dalam meningkatkan hasil buah-buahan, sayuran, dan tanaman lainnya. Hal ini telah membantu melindungi tanaman dari serangga dan bakteri berbahaya dengan menggunakan insektisida, fungisida, dan pestisida tertentu yang efektif.

    2) Kontribusi untuk Peningkatan Fasilitas Kesehatan dan Sanitasi

    Ilmu Kimia memberi manusia sejumlah besar obat-obat yang dapat menyelamatkan manusia. Obat yang menyelamatkan manusia antara lain cisplatin dan taxol yang sangat efektif untuk terapi penyakit kanker dan AZT digunakan untuk korban AIDS.

    3) Lingkup Kimia dalam Menyelamatkan Lingkungan

    Berkat ilmu pengetahuan, sekarang kami memiliki bahan kimia ramah lingkungan yang membantu kami melestarikan alam. Contohnya yaitu penggantian CFC yang ada di lemari es.

    Baca juga : Cara Mencegah Korosi

    4) Meningkatkan Kenyamanan, Kesenangan, dan Kemewahan

    Karena kemajuan dalam sains dan penemuan kimia, kami menjalani kehidupan yang lebih nyaman saat ini. Anda mungkin bertanya bagaimana? Mari kita simak di bawah ini.

    • Serat sintetis: Ini lebih menarik, nyaman dan tahan lama. Termasuk terylene, nilon, dan rayon.
    • Bahan bangunan: Dengan memasok baja dan semen, kimia membantu dalam pembangunan rumah yang lebih aman dan bangunan multi-penyimpanan.
    • Pasokan logam: Logam seperti emas, perak, tembaga, besi, aluminium, seng dan sejumlah besar paduan digunakan untuk membuat berbagai benda.
    • Transportasi dan komunikasi: alat – alat transportasi menggunakan batubara serta bensin yang semuanya merupakan bentuk dari sebuah produk kimia.
    • Energi atom nuklir: Kimia telah datang untuk menyelamatkan dengan menyediakan sumber energi alternatif yaitu energi nuklir.

    5) Lingkup Kimia dalam Industri

    Kimia memainkan peran penting dan bermanfaat terhadap pengembangan dan pertumbuhan sejumlah industri.

    • Pembentukan minyak bumi

    Proses dalam pembentukan minyak bumi berawal dari bekas atau sisa-sisa tumbuhan serta sisa - sisa hewan yang tertimbun oleh endapan lumpur, pasir dan zat-zat lain yang lamanya sekitar ratusan bahkan sampai jutaan tahun. Lalu mendapatkan panas yang berasal dari bumi secara alami tanpa ganggu tangan manusia.

    Bersamaan dengan proses tersebut, bakteri-bakteri pengurai akan merombak senyawa kompleks yang ada di dalam jasad organic menjadi sebuah senyawa yaitu senyawa hidrokarbon. Intinya semakin dalam batuan-batuan yang terkubur  dan semakin lama batu itu terkubur di dalam perut bumi maka, jumlah minyak yang dapat di hasilkan akan semakin banyak pula.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    6) Lingkup Kimia dalam Perang

    Kimia memainkan peran penting dalam penemuan zat yang sangat mudah meledak seperti TNT, nitrogliserin, dan dinamit. Ini juga berperan dalam menemukan gas beracun seperti gas mustard, Phosgene dll.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peranan Ilmu Kimia Dalam Bidang Industri
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    33%

    Terinspirasi

    16%

    Tidak Peduli

    16%

    Marah

    0%

    Komentar