Satgas Karhutla di Inhu Berjibaku Padamkan Api Karhutla

Daftar Isi

    Foto: Satgas gabungan Inhu saat melakukan pemadaman api Karhutla

    LancangKuning.com, INHU - Tujuh hektar lahan kebun kelapa sawit milik perorangan terbakar. Atas karhutla tersebut, Satgas gabungan dari TNI, Polri dan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau berjibaku memadamkan api.

    Areal itu tepatnya di Desa Penyaguhan, Kecamatan Batang Gansal. Hingga kini, pada Selasa (3/3/20) areal tersebut lagi tahap pendinginan.

    Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Ini Rumah Sakit Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi Riau

    Ergusfian, selaku Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu mengatakan, " saat ini tim gabungan masih turun kelapangan untuk memastikan api tersebut padam. Namun, hingga kini laporan terbaru dari anggota yang turun terkait karhutla tersebut belum kita kantongi karena belum bisa terhubung melalui Handphone seluler dengan anggota," ucapnya.

    Ia berkata, dari informasi yang didapat lahan yang terbakar tersebut terjadi sejak Sabtu (29/2/20) sekira pukul 16:00 WIB.

    Baca Juga: Hanya di Masjid se-Kabupaten Siak, Salat Subuh Seramai Salat Jumat

    " Petugas kesulitan melakukan pemadaman di lokasi. Pasalnya, kondisi cuaca saat ini ekstrem menurut data BMKG. Sisi lain juga, angin cukup kencang sehingga api cepat membesar," tambahnya.

    AKBP Efrizal, Kapolres Inhu melalui PS Paur Humas Aipda Misran menjelaskan, giat pemadaman serta pendingin di hari ke 3 ini anggota masih berjibaku. Hal itu langsung dipimpin oleh Kapolsek Batang gansal, Ipda Endang Kusma Jaya, dan BPPD Inhu.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Dikatakannya, titik Api berasal dari kebun warga yang bernama Adit. Kemudian merembet ke kebun lainnya. Hingga pukul 13:00 WIB, pada Selasa (3/3/20) lokasi karhutla masih mengeluarkan asap dan kegiatan pemadaman dan pendinginan masih berlanjut.

    Ia berkata, anggota saat melakukan pemadaman mengalami kendala. Seperti, akses jalan untuk menuju lokasi sangat jauh dan harus membuka jalan baru untuk dapat sampai ke areal terbakar.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Selain badan jalan, cuaca panas sertai angin kencang juga menjadi kendal. Yang kemungkinan dapat menimbulkan kembali titik api dari sisa-sisa kebakaran didalam tanah gambut.

    Satgas gabungan yang turun tersebut diantaranya, 5 orang personil TNI, 10 anggota Polsek Batang Gansal, 12 anggota BPBD, 12 orang Manggala Agni, 10 orang dari masyarakat setempat. (dan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Satgas Karhutla di Inhu Berjibaku Padamkan Api Karhutla
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar