Alat Ukur Mekanik dan Fungsinya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mesin di atas kapal memerlukan perawatan dan pemeliharaan rutin sehingga kehidupan dan efisiensi kerjanya dapat ditingkatkan, dan biaya operasi, yang mencakup kerusakan dan suku cadang yang tidak perlu, dapat dikurangi. Untuk berbagai jenis mesin dan sistem, berbagai alat ukur, instrumen, dan pengukur digunakan di kapal.

    Instrumen pengukur dan pengukur digunakan untuk mengukur berbagai parameter seperti jarak bebas, diameter, kedalaman, oval tas, kebenaran, dll. Ini adalah parameter rekayasa kritis, yang menggambarkan kondisi mesin yang berfungsi. Alat pengukur mekanik populer dan alat yang digunakan di kapal adalah:

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Penguasa dan sisik, Mereka digunakan untuk mengukur panjang dan parameter geometris lainnya. Alat ini adalah salah satu alat ukur paling terkenal di bidang teknik mesin. Mereka dapat berupa pelat baja tunggal atau alat jenis pita fleksibel. Mereka biasanya tersedia dalam skala ukuran inci atau cm.

    Mereka digunakan untuk pengukuran cepat bagian-bagian dan selalu disimpan dengan alat ukur atau alat ukur lain di bengkel untuk akses praktis. Penggaris dan timbangan tidak digunakan di mana pengukuran yang tepat diperlukan. Itu terbuat dari stainless steel yang tahan lama dan tidak akan berkarat atau menimbulkan korosi.

    Mereka biasanya dari dua jenis - kelipar dalam dan luar. Mereka digunakan untuk mengukur ukuran internal dan eksternal (mis. Diameter) suatu objek. Dibutuhkan skala eksternal untuk membandingkan nilai yang diukur. Alat ini digunakan pada permukaan di mana skala penggaris lurus tidak dapat digunakan. Setelah mengukur tubuh / bagian, pembukaan mulut kelipar disimpan terhadap penggaris untuk mengukur panjang atau diameter.

    Beberapa kelipar terintegrasi dengan skala pengukuran; oleh karena itu tidak perlu instrumen pengukuran lain untuk memeriksa panjang yang diukur. Jenis lainnya adalah kaki aneh dan caliper pembagi.

    Venire Caliper

    Itu dihitung dalam daftar alat ukur kualitas, yang digunakan untuk mengukur parameter kecil dengan akurasi tinggi. Ia memiliki dua rahang berbeda untuk mengukur dimensi luar dan dalam suatu objek. Ini bisa berupa skala, panggil atau tipe digital Venire caliper. Venire caliper adalah salah satu alat ukur mekanik yang paling banyak digunakan di kapal. Hitungan terkecil dari kelipar venire adalah perbedaan antara nilai-nilai divisi skala utama dan satu divisi skala venire.

    Baca juga : Proses Pembentukan Batuan Sedimen

    Mikrometer

    Ini adalah alat presisi yang sangat baik yang digunakan untuk mengukur parameter kecil dan jauh lebih akurat daripada kelipar venire. Ukuran mikrometer dapat bervariasi dari kecil hingga besar. Caliper micrometer besar digunakan untuk mengukur besar diameter luar atau jarak. Misalnya. Mikrometer besar digunakan sebagai alat ukur mekanis khusus untuk mesin utama untuk merekam diameter luar batang piston.

    Mereka tersedia dalam dua jenis - mikrometer dalam (untuk mengukur diameter dalam) dan mikrometer luar (untuk mengukur diameter luar). Hitungan terkecil dari mikrometer adalah 0,01 mm atau 0,001 cm. Teleskopik Feeler Gauge, Mirip dengan fungsi pengukur perasaan, pengukur jenis ini juga dikenal sebagai pengukur lidah, dan terdiri dari pengukur pengukur panjang di dalam penutup dengan lidah atau ujung melengkung.

    Strip feeler panjang menonjol keluar dari penutup seperti teleskop sehingga dapat dimasukkan ke tempat-tempat terpencil di mana akses pengukur feeler tidak dimungkinkan. Misalnya. Ini digunakan untuk mengukur jarak bantalan cangkang atas. Sangat penting bahwa setelah penggunaan pengukur teleskop, strip harus dibersihkan dan ditarik kembali ke perumahannya, jika tidak dapat merusak strip feeler.

    Pengukur Poker

    Poker gauge adalah salah satu alat unik di antara berbagai jenis alat ukur yang tersedia dalam bentuk mekanik atau digital di kapal. Ini hanya digunakan untuk satu tujuan; Untuk mengukur propeller clearance poros buritan, juga dikenal sebagai propeller aus. Ini adalah jenis alat pengukur kedalaman, yang bacaannya menunjukkan keausan poros buritan. Titik akses atau pelat khusus disediakan yang dapat terbuka, dibuat, diamankan atau dilas, tergantung pada desain kapal.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Pengukur Poker dimasukkan ke dalam titik akses ini untuk mengukur penurunan baling-baling. Pengukur poker adalah instrumen khusus yang disimpan oleh chief engineer, dan pembacaan biasanya diambil setiap dok kering. Desain pengukur poker dapat bervariasi karena setiap kapal memiliki pengukur poker khusus yang tersedia selama penyerahan dari galangan kapal. Sambil mengambil bacaan poros untuk diputar, sehingga baling-baling bos cocok dengan tanda poros. (Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Alat Ukur Mekanik dan Fungsinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar