SOP Pemakaian dan Pemeliharaan Dental Unit

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang sudah tahu apa itu Dental Unit? Bagaimanakah bentuknya ? Dan apakah kegunaan dari Dental Unit tersebut? Apakah kalian sudah pernah melihat nya secara langsung ? ya Dental Unit ialah merupakan alat kesehatan, yang sudah ada pada Undang-Undang kesehatan NO 36 Tahun 2009 pasal 4 tentang alat kesehatan yang menjelaskan bahwa alat kesehatan ialah aparatus, mesin atau implan yang tidak mengandung obat yang gunanya untuk mencegah, mendiagnosa, menyehatkan dan memperingan suatu penyakit, untuk memulihkan kesehatan pada orang dan membentuk suatu struktur dan memperbaiki kegunaan yang ada pada tubuh.

    Dental Unit ialah sebuah alat yang di operasikan oleh seorang Dokter gigi untuk memperoleh dengan pemeriksaan dan akan menentukan suatu terapi apa saja yang dapat diberikan untuk pasien. Dan secara umum untuk memberi pertolongan pada perawatan gigi dan mulut seperti tambal, pembersihan dan juga pemeriksaan.

    Bagian utama pada Dental Unit ini ialah pada kursi giginya, pada saat ini yang dianggap sesuai dengan persyaratan ialah model pasien tidur dan bukan model pasien yang posisi nya duduk seperti Dental Unit seperti zaman dulu yang sama dengan kursi tukang cukur pada zaman Belanda.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pada alat Dental Unit ini yang memiliki fasilitas yang paling melengkapi yaitu dilengkapi dengan fasilitas semprotan udara, handpiece, ultrasonic scaler, light curing, saliva ejector, vacuum valve, tempat melihat atau mendiagnosa foto rontgen, tempat gelas, tempat pasien dan juga lampu sorot.

    Setelah mengetahui SOP pemakaian untuk Delta Unit, seorang yang menggunakan Dental Unit harus selalu menjaga atau memelihara Dental Unit tersebut agar bisa digunakan dengan baik.

    Pemakaian Alat Dental Unit

    1. Persiapan untuk utama

    • Hubungkan kabel power pada aliran listrik.
    • Kemudian Hidupkan alat tersebut.

    2. Penggunaan

    • Setelah menghidupkan alat periksa kedaan kontrol panel apakah pada semua alat berfungsi dengan baik dan juga periksa handpiece yang akan dipakai.
    • Lalu memberi pengarahan kepada pasien untuk tidur di tempat kursi Dental Unit sesuai dengan kebutuhan Dokter.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    Pemeliharaan Dental Unit

    Untuk memelihara dan pengecekan pada alat Dental Unit ini perlu dilaksanakan minimal 3 bulan sekali akan tetapi juga tergantung dengan frekuensi alat tersebut. Mulai utama nya dari melakukan pembersihan dan handpiece dan check, check vacuum system pada sistem untuk pembuangan, dan cek juga apakah ada kebocoran pada instalasi Dental Unit atau tidak, atau juga masalah pada control electrical pada kursi Dental maupun handpiece pada kontrol nya.

    1. Persiapan bahan untuk pemeliharaan Dental Unit :

    1. Tool set
    2. Kain lap yang halus
    3. Contact cleaner
    4. Lubrican pelumas
    5. Dan kuas

    2. Untuk tata Pelaksanaannya :

    1. Periksalah untuk kelengkapan alat nya.
    2. Periksalah steker listrik beserta catu daya PLN dengan menggunakan multi tester listrik yang besarnya kurang lebih 220 VAC.
    3. Periksalah listrik dengan multi tester juga.
    4. Dan pastikan alat tidak terhubung dengan catu daya PLN kemudian lakukan pembersihan alat Dental Unit tersebut.
    5. Lakukan juga pembersihan dari kotoran nya.
    6. Buanglah kondensasi air pada kompresor dengan membuka katup pembuang air dan dibagikan canula kompresor nya.
    7. Dan periksa juga kegunaan dari sistem alat Dental Unit dengan mengoperasikan pada alat tersebut.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Jadi Dental Unit ini ialah suatu alat yang penting bagi ilmu untuk kedokteran gigi. Dan dengan adanya perkembangan Dental Unit ini semakin dibutuhkan dalam semua bidang bagian kesehatan. Karena semakin canggih alat teknologi, kita perlu pemahaman tentang teknologi-teknologi maju yang tidak luput dari prinsip-prinsip dasar alat tersebut.

    Dan karena adanya alat Dental Unit ini para Dokter jadi mudah untuk memeriksa pasien nya. Dan alat Dental Unit ini memiliki banyak tipe-tipe nya. Pada Dental Unit ini memiliki sumber-sumber tenaga yakni sumber untuk tenaga listrik, sumber pada tenaga udara, dan sumber pada tenaga air.(Nada)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel SOP Pemakaian dan Pemeliharaan Dental Unit
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar