Tim ACT Selamatkan Lansia dari Kepungan Banjir di Petamburan

Daftar Isi

    Foto: Tim DER - ACT sedang mengevakuasi seorang nenek pada Selasa (25/2) lalu

    LancangKuning.com,  JAKARTA – Selepas subuh, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) mesti menyusur lorong-lorong gang di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Rintik hujan masih mengguyur sejak Senin (24/2) malam hingga Selasa (25/2) pagi itu, sementara ketinggian air yang mereka susuri telah sampai leher orang dewasa.

    Baca Juga: Setiap Bulan IZI Riau Rutin Memberikan Bantuan Pendidikan

    “Tim sudah melakukan aksi sejak subuh. Kita menyusuri rumah-rumah warga untuk membantu warga yang memang sangat mendesak untuk dievakuasi,” ungkap Koordinator Posko ACT Petamburan, Muhammad Syahri.

    Baca Juga: Guru Privat SD di Padang / 0812-4197-0618

    Tim yang terdiri dari 6 orang kemudian sempat sampai menemukan seorang nenek dalam satu rumah. Nenek tersebut sudah berada dalam kondisi yang sangat ketakutan ketika tim tiba di rumahnya.“Nenek itu sudah ketakutan. Dia duduk di tangga dan agak sulit ketika akan dievakuasi. Karena dia berpegangan kencang ke gagang tangga sebab sangat ketakutan. Tapi alhamdulillah, pada akhirnya kita bisa mengevakuasi nenek tersebut keluar dari rumahnya,” cerita Syahri. Pada hari itu, tim juga berhasil mengevakuasi puluhan orang lainnya.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Nenek tersebut akhirnya mengungsi ke rumah keluarganya yang ada di Tangerang. Sementara warga-warga lainnya yang terdampak ada juga yang mengungsi ke masjid, musala, dan sekolah yang ada di sekitar tempat mereka tinggal.

    “Ada sekitar 6 RW dari Petamburan yang terdampak dan mengungsi. Jumlahnya kalau diperkirakan bisa sampai 1.000 jiwa, hanya saja memang tersebar. Seperti salah satunya di lantai 2 Masjid Jami Al Islah yang berada tepat di sebelah posko kami, menampung sekitar 300 jiwa,” ujar Syahri.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Sampai berita ini ditulis, banjir belum juga surut. Kebutuhan mendesak para pengungsi sekarang ini adalah logistik, makanan siap santap, serta pakaian hangat. Hal ini karena banyak warga yang tidak sempat membawa banyak pakaian.(LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tim ACT Selamatkan Lansia dari Kepungan Banjir di Petamburan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar