Definisi Sistem Sirkulasi

Daftar Isi

    LancangKuning.com -  Sistem sirkulasi biasanya disebut dengan sistem peredaran darah. Sistem sirkulasi memiliki definisi sebagai media yang membawa sebuah nutrisi, zat, serta komponen lainnya yang diperlukan tubuh. Sistem sirkulasi memiliki banyak definisi, definisi dari sistem sirkulasi ialah sistem yang mengatur proses terjadinya sirkulasi dalam tubuh manusia.

    Sistem sirkulasi juga dapat diartikan sebagai sistem kerja dari sejumlah organ untuk menyebarkan unsur zat serta nutrisi yang disebarkan keseluruh tubuh manusia. Sistem sirkulasi memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan aktivitas manusia. Hal tersebut karena yang dibawa dalam proses sistem sirkulasi diperlukan manusia.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sejumlah nutrisi seperti vitamin dan juga sari makanan dan berbagai zat yang lainnya jika tidak diterima tubuh maka tubuh kita akan mengalami gangguan dalam beraktivitas. Sistem sirkulasi sangat berperan dalam aktivitas manusia karena salah satu yang dibawa adalah oksigen atau udara bersih jika salah satu unsur ini tidak tersebar keseluruh tubuh akan berdampak buruk, selain itu sistem sirkulasi membawa sari-sari makanan dari proses metabolisme tubuh.

    Dengan kata lain proses sirkulasi mempengaruhi aktivitas manusia. Selain oksigen dan sari makanan, terdapat salah satu unsur lain yang diperlukan dan dibawa dalam proses sirkulasi dalam tubuh yaitu, cairan atau air. Cairan merupakan salah satu unsur penting yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Selain itu cairan merupakan unsur pembentuk manusia. Oleh karena itu, jika kekurangan cairan aktivitas kita akan terganggu.

    Ketiga komponen diatas seperti udara atau oksigen, sari makanan, dan cairan merupakan beberapa unsur yang dibawa dalam proses sirkulasi tubuh. Kita memerlukan sumber energi namun, jika terdapat masalah untuk mendapatkannya maka kita akan mengalami gangguan untuk dapat beraktivitas. Seperti, jika kita kekurangan air maka kita akan mengalami dehidrasi dan dapat menyebabkan tubuh lemah.

    Baca juga : Struktur Sistem Endokrin

    Media yang dimaksud tersebut ialah darah. Darah menjadi media dalam proses dari sistem sirkulasi karena darah membawa sejumlah komponen atau unsur-unsur seperti nutrisi dan zat yang diperlukan tubuh. Bukan hanya darah yang berperan dalam proses sirkulasi namun, terdapat beberapa organ didalam tubuh yang ikut dalam membantu dalam proses sirkulasi, seperti jantung dan juga pembuluh darah.

    Jantung dalam proses sirkulasi memberikan bantuan dalam bentuk pemberi dorongan pada darah, jantung berperan sebagai pompa darah agar dapat tersebar keseluruh tubuh. Jantung menjadi sumber energi dari proses sirkulasi. Adapun pembuluh darah yang berperan untuk menyalurkan darah keempat tujuan membawa nutrisi dan zat lainnya keseluruh tubuh. Sistem sirkulasi yang ada dalam tubuh manusia sama seperti perjalanan air pada sungai. Dalam tubuh manusia terdapat sejumlah cairan oleh karena itu, sistem sirkulasi memiliki cara kerja yang mirip dengan perjalanan air sungai.

    Sistem sirkulasi merupakan bentuk penyebaran serta pembagian nutrisi serta zat dan juga vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Sistem sirkulasi sangat berhubungan dengan proses atau kegiatan dari organ jantung. Hal tersebut dikarenakan, jantung yang membantu membawa darah dalam proses sistem sirkulasi. Sistem sirkulasi dalam tubuh manusia dibagi menjadi dua yang pertama sistem peredaran darah dan yang kedua adalah sistem limfa.

    Keduanya saling berkaitan dalam sistem sirkulasi dalam tubuh manusia. Darah yang berperan sebagai media dari sistem sirkulasi memiliki pengertian yaitu suatu jaringan dalam tubuh kita yang bentuknya berupa cairan. Darah terbentuk dari susunan sel, plasma, dan juga keping-keping darah. Darah yang mengalir dalam tubuh kita memiliki fungsi sebagai pembawa zat-zat serta komponen yang diperlukan tubuh.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Zat serta komponen tersebut seperti udara bersih yang biasa dikenal dengan sebutan oksigen, kemudian terdapat sari makanan dari hasil metabolisme, kemudian berperan dalam mengatur suhu tubuh kita, darah dapat menjadi penangkal penyakit karena darah dapat membentuk sistem imun yang kuat. Dari penjelasan tersebut darah dapat didefinisikan sebagai media yang banyak membantu proses sirkulasi darah.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Definisi Sistem Sirkulasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar