Pengertian Multimedia Content Production

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada zaman yang sekarang ini siapa yang tidak tahu apa multimedia? Semua orang sepertinya tahu itu multimedia. Tetapi apakah kalian tahu apa pengertian dari multimedia tersebut? Multimedia ialah merupakan kata yang di berasal dari bahasa latin, yaitu Multi dan Medium. Multi yang merupakan bermacam ragam sedangkan Medium ialah sesuatu yang berfungsi untuk menyampaikan sesuatu.

    Jadi Definisi dari Multimedia ialah penggunaan pada komputer atau PC digunakan untuk menyediakan dan juga menggabungkan berupa teks, suara, gambar, animasi serta video dengan berupa alat bantu dan juga koneksi sehingga dengan alat dan koneksi tersebut pengguna bisa melakukan navigasi. Multimedia ini sering digunakan untuk hiburan. Selain hiburan, multimedia juga dipakai dalam dunia game.  Maka dari itu saya mengatakan bahwa semua orang tahu dengan multimedia tersebut.

    Baik lah, di sini kita sudah mengetahui apa itu multimedia. Berikutnya kita akan membahas Multimedia Content Production, apa itu?

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    ialah suatu penggunaan beberapa macam media yang berbeda pada menyampaikan informasi ataupun menghasilkan beberapa produk multimedia yaitu video, audio, game dan lainnya. Pada kategori multimedia content production ini, media yang biasa digunakan ialah sebagai berikut:

    1. Teks

    Ialah merupakan media yang paling sangat sederhana dan efektif untuk menjadikan dasar dalam menyampaikan suatu informasi, karena ini teks tidak membutuhkan penyimpanan yang banyak untuk penggunaannya. Ini adalah jenis dari media teks:

    1. Printed Text
      Ialah teks yang ada pada word processor atau word editor dengan tata cara di ketikkan dan nantinya akan dapat dicetak.
    2. Scanned Text
      Ialah teks yang didapatkan dalam proses scanning dan tidak perlu diketik terlebih dahulu.
    3. Hypertext
      Ialah teks yang berguna untuk mengasihkan link pada suatu tempat ke topik yang sudah ditentukan. Contoh hypertext ialah HTML dan XML.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung 

    1. Audio

    Suatu konten dalam produksi multimedia akan terasa kurang menarik jika tidak disertai audio. Audio yang dimaksud dapat berupa percakapan, musik atau efek suara. Jenis untuk format audio antara lain ialah WAVE dan MIDI.

    1. Video

    Ialah merupakan teknologi yang berkaitan dengan penglihatan dan dengan pendengaran untuk merekam, memproses dan memperbaiki ulang gambar bergerak. Video dijadikan media audio visual yang akan menampilkan suatu gerak, akan semakin disukai dikalangan masyarakat kita.

    1. Animasi

    Ialah kumpulan gambar yang diam, yang akan ditayangkan secara cepat hingga kesannya bahwa gambar yang diproyeksikan tersebut bergerak. Gerakan tersebut semata-mata karena penayangannya yang beruntun dari frame ke layer. Animasi bukan digunakan pada film anak-anak saja, akan tetapi animasi juga bisa berfungsi untuk pendidikan dan berupa informasi lainnya yang tidak akan dapat untuk dijangkau melalui kamera foto atau bahkan video. Pada penggunaan aplikasi komputer untuk menciptakan suatu gambar yang bergerak, baik dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi yang akan ditampilkan pada layar atau monitor.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Gambar

    Ialah suatu media berbasis visual.  Semua gambar 2 dimensi merupakan grafik. Dalam presentasi publikasi multimedia agar lebih bagus dan menarik dan juga dapat mengurangi kebosanan daripada teks. Gambar dapat berguna untuk ikon, yang bila digabungkan juga dengan teks.

    1. Special Effect

    Saat ini banyak dipakai di dalam dunia film, pertelevisian serta juga hiburan. Efek spesial tidak berupa pada gambar saja, akan tetapi juga memiliki pengertian yang luas.

    1. Interaktif

    Ialah merupakan media yang akan memuat menu yang khusus dapat digunakan oleh pengguna untuk menampilkan informasi seperti audio dan fitur lainnya yang digunakan user yang diinginkannya.

    Setelah membaca persoalan yang diatas, kita sudah dapat mengetahui pengertian dan pembagian yang ada di multimedia yang ternyata dibagi menjadi 2 kategori. Tetapi yang kita bahas di sini ialah multimedia content production.(Nada)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Multimedia Content Production
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar