Etimologi Multimedia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Multimedia terdiri dari kata 'multi' yang berarti banyak, dan 'media' berarti tempat atau sarana untuk menyampaikan sesuatu. Jadi, secara umum multimedia adalah beberapa media yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio, dan video.

    Pada 1970-an, masyarakat di beberapa negara sudah menggunakan mikro komputer untuk membantu menyelesaikan masalah yang rumit dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pekerjaan mereka menjadi tidak sulit.

    Saat ini komputer digunakan sebagai penyebar informasi dan juga sebagai hiburan bagi manusia, sehingga untuk saat sekarang komputer merupakan sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Hal ini menunjukkan evolusi dari penciptaan komputer yang semulanya digunakan sebagai alat pembantu, sehingga menjadi kebutuhan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kategori Multimedia

    1. Multimedia untuk Produksi Konten

    Multimedia digunakan untuk pemrosesan teks, audio, grafik, animasi, video, dan interaktivitas yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu dan juga menghasilkan berbagai produk seperti musik, film, game, dll. Atau penggunaan nomor berbagai teknologi yang memungkinkan untuk menggabungkan media dengan cara baru untuk keperluan komunikasi. Ada beberapa kategori media yang digunakan, yaitu :

    • Media Teks
    • Media Audio
    • Media Video
    • Media Animasi
    • Media Image
    • Media Interactivity
    • Media Special Effect
    1. Multimedia untuk Komunikasi

    Multimedia menggunakan media massa, seperti majalah, tv, internet, dll. Untuk menerbitkan, menyiarkan, dan mengkomunikasikan iklan, publisitas, hiburan, berita, pendidikan, dll. Beberapa media masa yang digunakan yaitu :

    • TV
    • Radio
    • Film
    • Cetak
    • Musik

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    Manfaat multimedia

    Multimedia sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari manusia, seperti contoh dibawah ini :

    1. Industri Kreatif

    Multimedia digunakan sebagai keperluan penyiaran atau publikasi karya atau pertunjukkan mereka, mulai dari seni dan hiburan

    1. Komersial

    Dalam sebuah perusahaan banyak dilakukan presentasi, makanya diperlukan presentasi yang menarik digunakan untuk mempertahankan perhatian dalam iklan yang tentunya menggunakan mutimedia. Dalam dunia perbisnisan iklan sangat dibutuhkan perusahaan untuk menawarkan ide penjualan atau produk terbaru.

    1. Hiburan dan seni rupa

    Untuk saat sekarang multimedia merupakan bagian penting bagi sebuah hiburan atau seni, digunakan dalam pengembangan efek-efek dalam pembuatan film dan animasi. Hasil karya seni pun sekarang komersilkan dan didistribusikan melalui media seperti CD atau melalui internet.

    1. Pendidikan

    Peran multimedia dalam dunia pendidikan saat sekarang sangat penting sekali seperti untuk pelatihan berbasis komputer atau sebagai media belajar yang menggunakan komputer atau tablet sehingga proses belajar menjadi lebih interaktif dan menarik. Menggabungkan pendidikan dengan hiburan, terutama hiburan multimedia disebut sebagai education informal, karena tidak seperti dahulu yang sangat formal yaitu guru menjelaskan melalui buku dan murid hanya mendengarkan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Teknik

    Dalam pembuatan perangkat lunak multimedia sangat berguna, contohnya perangkat lunak simulasi yang digunakan untuk hiburan, juga bisa untuk simulasi pelatihan militer, penerbangan atau industry, dll. Multimedia juga digunakan dan dikembangkan untuk komunikasi antarmuka, yang biasanya cuma menggunakan media audio atau suara saja.

    1.  Perindustrian

    Di sektor industri, multimedia berguna untuk penyampaian informasi atau data kepada para stakeholder yang ada di perusahaan dan juga berguna sebagai media diskusi atau rapat agar lebih interakatif. Multimedia ini juga berguna untuk pemasaran dan penjualan produk ke seluruh dunia melalui internet.

    1.  Matematika dan penelitian ilmiah

    Multimedia digunakan terutama untuk membuat dan menampilkan pemodelan atau simulasi dari hasil penelitian. Contohnya, seorang peneliti bisa membuat dan melihat model molekul tertentu dari suatu zat dan juga bisa melakukan simulasi manipulasi terhadap zat tertentu.

    1. Kesehatan

    Dalam kedokteran, dokter bisa melakukan dan melihat simulasi operasi secara virtual. Dan juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran untuk simulasikan bagaimana manusia terkena penyakit yang ditularkan oleh virus dan bakteri dan kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Etimologi Multimedia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar