Langkah Langkah Instalasi FTTH

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin tidak ada cara untuk menggeneralisasi proses instalasi untuk FTTx karena setiap sistem unik dan, dalam beberapa kasus, setiap pelanggan berbeda. Daripada memberi tahu Anda cara memasang FTTx di sini, kami akan mencoba mengilustrasikan beberapa cara orang lain menginstal sistem mereka dan menawarkan saran tentang cara merancang dan menginstal sistem dengan paling efisien.

    Jargon 

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Gambar ini menunjukkan lokasi perangkat keras yang digunakan dalam membuat jaringan PON yang khas. Gambar ini juga menentukan jargon jaringan untuk kabel: kabel "pengumpan" memanjang dari OLT (terminal jalur optik) di CO (kantor pusat) ke FDH (hub distribusi serat) di mana splitter PON (jaringan optik pasif) ditempatkan . Kemudian menghubungkan ke kabel "distribusi" yang menuju ke lokasi pelanggan di mana kabel "drop" akan digunakan untuk menghubungkan tautan terakhir ke ONT (terminal jaringan optik).

    Sejarah

    Mungkin kita harus mulai dengan sejarah. Ketika FTTH menggunakan PON pertama kali mulai diinstal, itu dianggap sebagai perpanjangan dari sistem telekomunikasi reguler, di mana pelanggan terhubung ke sistem metropolitan. Kabinet atau alas yang berisi skrup PON ditempatkan di dekat sekelompok pelanggan. Kabel ditarik antara kabinet dan kantor pusat yang berisi sistem elektronik PON dan disambungkan di setiap ujungnya oleh kru instalasi OSP biasa dan diuji seperti biasa.

    Di ujung pelanggan, kabel drop ditempatkan ke rumah dan terhubung baik dengan sambungan atau memasang konektor (APC untuk mencegah masalah pantulan). Drop kabel bisa dipasang di tanah, di bawah tanah atau dikubur. Memasang kabel melalui yard pelanggan menciptakan masalah karena memakan waktu dan mengganggu pelanggan. Penggalian sederhana kadang-kadang dibatalkan karena directional boring, proses yang mahal.

    Baca juga : Komponen Jaringan FTTH

    Konektor dipasang baik dengan penyambungan fusi pada kuncir atau menggunakan konektor sambungan yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah pabrik kabel dipasang, terminal jaringan optik (ONT) dipasang di rumah. Beberapa sistem memasang ONT di bagian luar rumah, beberapa garasi di dalam, beberapa di dalam rumah.

    Beberapa homebuilders membangun rumah baru dengan ketentuan untuk ONT di dalam rumah dan memasang kabel dan daya ke area yang sama untuk membuat rumah yang disiapkan untuk broadband. Setelah ONT diinstal dan diuji, perlu untuk menyelesaikan instalasi dengan menghubungkan telepon, TV, dan komputer pelanggan. Secara keseluruhan, tiga atau empat kelompok installer diperlukan untuk menginstal pelanggan FTTH.

    Sistem Berkembang Dengan Pengalaman    

    Setelah beberapa pengalaman dengan sistem, metode dicoba untuk menyederhanakan proses dan memotong biaya. Sebuah terobosan besar datang dengan pengembangan sistem pemasangan kabel prefabrikasi (kadang-kadang disebut pemasangan kabel pra-penghentian) yang menghilangkan kebutuhan untuk sebagian besar penyambungan. Kabel dengan konektor tahan cuaca dibeli dibuat sesuai kebutuhan dan alas dibuat dari pabrik untuk konektor ke rumah dan kabel siap untuk disambungkan ke kabel yang dipasang dari kantor pusat.

    Kabel drop prefab dapat dijalankan secara aerasi, bahkan diikat ke kabel telepon saat ini. Mereka juga cukup kecil sehingga bisa ditarik melalui saluran PVC kecil yang sering dipasang ke rumah dalam konstruksi baru. Sebagian besar sistem menggunakan kabel multi-konektor di dekat rumah yang terhubung sehingga rumah dapat dihubungkan selama instalasi pertama atau lambat ketika lebih banyak pelanggan memutuskan untuk mengambil layanan.

    Jenis Kabel Baru Dan Perangkat Keras Untuk Drops Pelanggan  

    Beberapa jenis kabel baru dikembangkan untuk digunakan dalam FTTH. Sampai FTTH, sebagian besar kabel serat tunggal adalah struktur rumit dengan serat buffered ketat dan anggota kekuatan serat aramid di dalam jaket plastik, biasanya berdiameter 3mm atau kadang-kadang lebih kecil. Meskipun kabel ini memadai untuk penghentian pabrik menjadi rakitan prafabrik, mereka tidak ideal untuk penghentian lapangan atau digunakan di dalam gedung.

    Dengan munculnya serat yang tidak sensitif terhadap tikungan yang membutuhkan perlindungan lebih sedikit, tipe baru kabel drop dikembangkan yang membentuk serat yang tidak sensitif terhadap tikungan di dalam struktur plastik kecil yang dikelilingi oleh anggota kekuatan serat logam atau aramid. Desain ini juga dapat dibuat sebagai kabel "figur 8" dengan messenger untuk mendukung instalasi udara.

    Unit Multi-Hunian

    Multi-dwelling unit (MDU di beberapa pemasok jargon) kadang-kadang ditangani seperti FTTC, di mana serat dibawa ke dalam gedung dan unit individu terhubung melalui kabel tembaga, tetapi mereka ideal untuk FTTH karena ada banyak pengguna di ruang yang sangat kecil sehingga panjang serat pendek. Selain menggunakan lebih sedikit serat, MDU umumnya membutuhkan lebih sedikit waktu per tetes untuk menginstal.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Masalah utama pada bangunan yang lebih tua adalah menemukan tempat untuk memasang kabel, tetapi jenis baru serat tidak lentur dan kabel drop kecil khusus yang ditunjukkan di atas membuatnya mudah untuk mengarahkan serat di sepanjang dinding atau menempatkannya di jalur stick-on di dinding.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Langkah Langkah Instalasi FTTH
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    33%

    Marah

    66%

    Komentar