Karakteristik Kabel Fiber Optik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Serat optik yaitu serat transparan dan fleksibel yang dibuat dengan menggambar kaca atau silika ataupun plastik dengan diameter sedikit lebih tebal jika dibanding rambut manusia. Serat optik paling sering kita gunakan sebagai media untuk mentransmisikan sebentuk cahaya antara 2 ujung serat serta menemukan penggunaan yang luas pada komunikasi kabel serat optik, dimana itu memungkinkan transmisi jarak yang cukup jauh dan juga dalam bandwidth yang cukup tinggi atau kecepatan data dari kabel listrik .

    Serat digunakan sebagai pengganti kabel dari logam dikarenakan sinyal bergerak bersama mereka yang memiliki kerugian yang lebih sedikit; selain itu, serat kebal dari interaksi elektromagnetik, masalah yang dilalui oleh kawat logam. Serat juga biasanya kita gunakan sebagai penerangan dan pencitraan, dan sering dibungkus dengan bundel sehingga itu dapat kita gunakan untuk mengangkut cahaya ke dalam, atau gambar dari ruang terbatas, misal dalam kasus serat optik. 

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Serat yang kita rancang khusus biasanya juga kita gunakan untuk berbagai macam aplikasi lainnya, beberapa aplikasi di antaranya menjadi sensor laser serat dan serat optik. Serat optik termasuk inti yang dikelilingi dengan bahan kelongsong transparan dengan indeks refraksi yang cukup rendah. Cahaya disimpan di inti oleh fenomena pantulan internal total yang menyebabkan serat bertindak seperti pemandu dari gelombang.

    Serat yang men-support banyak jalur propagasi atau mode transversal dikenal serat    multi-mode, sedangkan serat yang men-support mode tunggal disebut serat mode tunggal (SMF). Serat multi-mode umumnya mempunyai diameter inti yang cukup luas dan juga digunakan pada hubungan komunikasi jarak pendek serta untuk aplikasi dimana pada daya tinggi harus ditransmisikan. Serat mode tunggal digunakan untuk sebagian besar tautan komunikasi yang panjangnya lebih dari 1.000 meter (3.300 kaki).

    Mampu bergabung setiap serat optik dengan kehilangan rendah adalah penting dalam komunikasi serat optik. Ini lebih kompleks daripada menyambungkan kawat atau kabel listrik dan melibatkan pembelahan serat yang hati-hati, penyejajaran yang tepat dari inti serat, dan penggabungan dari inti yang disejajarkan ini. Pada aplikasi yang membutuhkan koneksi permanen, sambatan fusi umum terjadi. Dalam teknik ini, busur listrik digunakan untuk melelehkan ujung serat bersama-sama.

    Teknik umum lainnya adalah sambungan mekanis, di mana ujung-ujung seratnya tersentuh oleh gaya mekanik. Koneksi sementara atau semi permanen dibuat melalui konektor serat optik khusus. Bidang ilmu terapan dan teknik yang biasanya berkaitan dengan hal desain dan juga aplikasi serat optik dikenal sebagai serat optik. Istilah ini diciptakan oleh fisikawan India-Amerika Narinder Singh Kapany, yang secara luas diakui sebagai bapak serat optik.

    Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Kabel Utp Dan Fiber Optik

    Karakteristik Kabel Fiber-Optik

    • Beroperasi dengan kecepatan tinggi (gigabit per detik)
    • Mampu membawa paket dengan kapasitas besar
    • Biaya rata-rata per periode cukup mahal
    • Ukuran media dan konektor kecil
    • Kebal terhadap gangguan elektromagnetik
    • Jarak antar transmisi lebih lama (2 hingga 60 kilometer)

    Tipe Kabel Fiber-Optik

    • OFC: Serat optik, konduktif
    • OFN: Serat optik, tidak konduktif
    • OFCG: Serat optik, konduktif, penggunaan umum
    • OFNG: Serat optik, nonkonduktif, penggunaan umum
    • OFCP: Serat optik, konduktif, pleno
    • OFNP: Serat optik, nonkonduktif, pleno
    • OFCR: Serat optik, konduktif, riser
    • OFNR: Serat optik, tidak konduktif, riser
    • OPGW: Kabel ground overhead komposit serat optik
    • ADSS: Mandiri-Semua-Dielektrik
    • OSP: Kabel serat optik, luar pabrik
    • MDU: Kabel serat optik, beberapa unit tempat tinggal

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Ada dua jenis bahan utama yang digunakan untuk serat optik: kaca dan plastik. Mereka menawarkan karakteristik yang cukup berbeda dan menemukan kegunaan dalam aplikasi yang cukup berbeda. Umumnya, serat plastik digunakan untuk aplikasi yang sangat dekat dan untuk konsumen, sedangkan serat gelas digunakan untuk telekomunikasi jangka pendek / menengah (multi-mode) dan jarak jauh (single-mode). (Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Karakteristik Kabel Fiber Optik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar