Kelebihan Dan Kekurangan Kabel Utp Dan Fiber Optik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di setiap jaringan pasti akan berkaitan juga dengan kabel. Semakin bertambah nya dunia tekhnologi yang semakin berkembang dengan pesat maka semakin banyak kemajuan yang ada di bagian beberapa kabel-kabel. Kabel juga merupakan kesukaan para media transmisi yang di pergunakan untuk perngkat keras di sebuah pc bahkan juga di berbagai perangkat lainnya.

    Jika kita ingin memasang kabel kita memerlukan kabel yang bernama UTP berfungsi sebagai pengirim jaringan. Saat salah satu kabel akan diukur dengan begitu secara otomastis lan akan memberikan jaringan atau pun sinyal menggunakan satuan yang sudah di tetapkan. 

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

     

    Kabel utp adalah jenis dari kabel yang bisa digunakan untuk membentuk jaringan komputer, yaitu kabel-kabel yang setiap bagian dalamnya terdapat empat pasang kabel, dimana masing-masing mempunyai warna yang saling membedakan. Kabel utp di buat dari bahan-bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan kabel tersebut di bungkus dengan bahan-bahan isolasi, dengan begitu kabel bisa terlindungi dari api dan juga kerusakan terhadapat kabel.

    Fiber optik merupakan salah satu jenis kabel yang bahan nya di produksi menggunakan kaca dan plastik, kaca tersebut harus lah kaca yang sangat halus, bisa digunakan untuk media transmisi dikarenakan bisa memberikan sinyal cahaya tempat satu ke tempat yang lain melalui kecepatan yang melambung tinggi. Fiber optik memiliki ukuran yang begitu kecil dan sangat halus, bahkan lebih tipis dari satu rambut.

    Fiber optik memanfaatkan penyimpangan cahaya untuk melakukan pekerjaannya, cahaya yang di gunakan merupakan cahaya led. Fiber optik banyak digunakan untuk mengakses dalam dunia komunikasi di karenakan memiliki tingkat kecepatan yang sangat tinggi. Jika kita melihat dari beberapa jaringan-jaringan yang ada dan semakin berkembangnya jaringan komputer, denga menggunakan fiber optic maka akan semakin lebih bagus lagi.

    Kelebihan ( Fiber Optik )

    • Kabel fiber optik ukuran kabel nya kecil dan lebih ringan dengan begitu tidak akan memakan tempat yang banyak ataupun bisa.
    • Bisa menyambungkan data yang banyak dan juga kecepatan yang lebih tinggi
    • Sukar untuk terbakar dan tiada menghantarkan listrik apapun.
    • Ada rintangan yang sedikit menggangu, karena fiber optik tidak di gunakan oleh sinyal dan radio tidak memanfaatkan tenaga listrik tetapi dengan cahaya dan plastik.

    Baca juga : Kekurangan Dan Kelebihan Fiber Optik

    • Bisa menyambungkan sinyal menjadi lebih jauh lagi, lain dengan kabel-kabel yang memanfaatkan sinyal listrik.

    Kekurangan ( Fiber Optik )

    • Nilai jual jauh lebih mahal ketimbang dengan kabel yang lain.
    • Untuk memasang kabel ini sangatlah sulit, lain dengan kabel yang lainnya, dengan begitu anda harus menyuruh orang yang lebih mahir.
    • Kabel ini tidak di perbolehkan untuk di pasang di bagian yang tajam, karena kabel ini memanfaatkan cahaya. Jika di pasang di bagian yang sangat tajam maka cahay akan keluar.

    Kelebihan ( Utp )

    • Harga lebih murah dan juga lebih mudah untuk ditemukan.
    • Tidak susah untuk di gunakan, dikarenakan kabel nya yang berjumlah empat dan penutup untuk melindungi kabel yang tipis.
    • Kebanyakan di gunakan oleh orang-orang yang ahli dalam perkabelan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kekurangan ( Utp )

    • Tidak kuat untuk mencegah beberapa faktor yang mengganggu yang berasal dari arus, juga listrik dan lain sebagainya.
    • Sifat dari kabel yang elastis dan juga sukar untuk terbuka maka kabel tidak cocok di pasang di daerah yang luas, karena kondisi yang kurang memungkinkan.
    • Kabel utp  ini tidak di perkenankan di gunakan dengan jarak jauh.
    • Jika anda ingin membeli kabel sejenis ini sebaiknya lebih teliti untuk membelinya karena banyak barang-barang yang tidak sama dengan kualitas dan juga harga nya, oleh karena itu belilah kabel yang benar dan bergaransi.(Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Dan Kekurangan Kabel Utp Dan Fiber Optik
    Sangat Suka

    60%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    20%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    20%

    Komentar