Kekurangan Dan Kelebihan Fiber Optik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebuah jenis kabel jaringan yang dibuat dari bahan berupa serat plastik ataupun serat kaca yang berukuran kecil serta halus merupakan pengertian dari kabel jaringan fiber atau serat optik. Kabel jaringan fiber  atau serat optik biasanya dimanfaatkan untuk mengirimkan suatu sinyal cahaya dari suatu wilayah atau daerah ke wilayah atau daerah lainnya menggunakan kecepatan yang sangat tinggi.

    Kabel jaringan fiber atau serat optik mempunyai ukuran yang sangat mungil dan sangat halus jika dibandingkan dengan satu helai rambut dari seorang manusia. Kabel jaringan fiber atau serat optik memiliki ukuran diameter hanya kurang lebih 120 mikrometer. Meskipun begitu kabel jaringan fiber atau serat optik mempunyai kecepatan yang bagus dan tinggi dalam mengirimkan data dengan memanfaatkan biasan dari cahaya yang dijadikan sebagai dasar dari kerja atau tugasnya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kabel jaringan fiber atau serat optik sudah sering digunakan untuk kabel jaringan bagi industri telekomunikasi. Mengapa kabel jaringan fiber atau serat optik ini sering digunakan untuk kabel jaringa bagi industri telekomunikasi? Hal tersebut dikarenakan kabel fiber atau serat optik ini mempunyai kecepatan yang bagus dalam mentransmisikan suatu sinyal. Jadi karena hal tersbeutlah yang membuat kabel fiber atau serat optik ini banyak dan sering dimanfaatkan untuk jalur suatu komunikasi.

    Macam jenis dari kabel jaringan fiber atau serat optik

    Kabel jaringan fiber atau serat optik dapat digolongkan kedalam 2 golongan berdasarkan tekniknya dalam mengirim datanya yakni kabel jaringan fiber atau serat optik yang berjenis multi mode dan kabel jaringan fiber atau serat optik yang berjenis single mode. Berikut ini merupakan macam jenis dari kabel jaringan fiber atau serat optik yakni :

    • Kabel jaringan fiber atau serat optik berjenis multi mode

    Kabel jaringan fiber atau serat optik yang berjenis ini merupakan suatu jenis kabel jaringan fiber atau serat optik yang bisa mengirim banyak sinyal cahaya dalam waktu yang samaan. Kabel jaringan fiber atau serat optik berjenis multi mode ini mempunyai ukuran diameter kurang lebih 625 mikrometer. Kabel jaringan fiber atau serat optik jenis ini biasanya mentransmisikan sebuah sinyal cahaya yang berjenis LED yang mempunyai ukuran kurang lebih 850-1300 nanometer dan kabel jaringan fiber atau serat optik berjenis multi mode ini memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan kabel jaringan fiber atau serat optik berjenis single mode.

    • Kabel jaringan fiber atau serat optik berjenis single mode

    Baca juga : Karakteristik Kabel Single Mode

    Kabel jaringan fiber atau serat optik yang berjenis ini merupakan suatu jenis kabel jaringan fiber atau serat optik yang hanya dapat mengirim satu sinyal cahaya atau mengirim sinyal cahaya secara tunggal dan mengirimnya lewat satu titik. Kabel jaringan fiber atau serat optik yang berjenis ini mempunyai ukuran diameter kurang lebih 9 mikrometer. Kabel jaringan fiber atau serat optik berjenis ini biasanya mentransmisikan sebuah sinyal cahaya yang berjenis inframerah yang mempunyai ukuran kurang lebih 1300-1550 nanometer dan kabel jaringan fiber atau serat optik yang berjenis ini memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kabel jaringan fiber atau serat optik berjenis multi mode.

    Komponen atau susunan dari kabel fiber atau serat optik

    Dibawah ini adalah berbagai komponen atau susunan dari kabel fiber atau serat optik yakni :

    • Bagian atau komponen inti.
    • Bagian atau komponen cladding.
    • Bagian atau komponen buffer.
    • Bagian atau komponen strength.
    • Bagian atau komponen outer jacket.

    Keistimewaan atau kelebihan dari kabel jaringan fiber atau serat optik

    Berikut ini merupakan berbagai keistimewaan atau kelebihan dari kabel jaringan fiber atau serat optik yakni :

    • Mempunyai ukuran diameter yang mungil dan sangat elastis.
    • Mempunyai kecepatan dalam baik dalam mentransmisi cahaya.
    • Mempunyai keamanan yang terjamin.
    • Menggunakan gelombang cahaya jadi kabel ini tidak akan terhambat dari gangguan gelombang elektromagnetik.
    • Tidak mempunyai aliran listrik jadi kabel ini tidak akan terbakar karena konsleting.
    • Tahan karat karena kabel ini dibuat dari kaca atau plastik.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kekurangan atau kelemahan dari fiber optik

    Berikut ini merupakan berbagai kekurangan atau kelemahan dari fiber optik yakni :

    • Kabel ini harus disetel dengan aliran yang berbelok agar dapat meningkatkan kecepatan dalam mentransmisikan cahaya.
    • Memerlukan cahaya yang baik.
    • Memerlukan harga atau biaya yang mahal.(Mawarni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kekurangan Dan Kelebihan Fiber Optik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar