Pengertian Dan Fungsi Kabel Coaxial

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabel coaxial umumnya digunakan oleh operator kabel, perusahaan telepon, dan penyedia internet di seluruh dunia untuk menyampaikan data, video, dan komunikasi suara kepada pelanggan. Ini juga telah digunakan secara luas di dalam rumah. Sudah ada sejak lama sebagai teknologi (sejak awal abad ke-20) dan memiliki banyak keunggulan tunggal untuk transmisi yang andal dan akurat.

    Ini juga memiliki keterbatasan yang akan menyebabkannya diganti dalam beberapa kasus dengan kabel serat optik, kabel kategori atau, kadang-kadang, oleh sinyal nirkabel. Kunci keberhasilan kabel koaksial adalah desainnya yang terlindung, yang memungkinkan inti tembaga kabel mengirimkan data dengan cepat, tanpa menyerah pada gangguan atau kerusakan dari faktor lingkungan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Tiga ukuran kabel yang paling umum adalah RG-6, RG-11 dan RG-59:

    RG adalah singkatan dari "panduan radio." Angka-angka dari berbagai versi kabel RG mengacu pada diameter (59 artinya 0,059, dan 6 artinya 0,06, dll.). Mereka juga disebut kabel RF, yang merupakan singkatan dari "frekuensi radio".

    Kebanyakan coax non-industri sekarang dikenal sebagai RG-6, tetapi installer mungkin menggunakan kabel yang lebih tebal, seperti RG-11.

    Kabel RG yang digunakan di rumah harus impedansi 75 ohm.

    Sebagian besar konektor adalah konektor gaya-F, tetapi ada kemungkinan sistem Anda menggunakan konektor tipe-N. Ada beberapa jenis konektor tipe-F untuk kabel RG-6:

    Konektor kompresi

    Konektor sekrup

    Konektor gaya crimp

    Untuk membuat koneksi, Anda membutuhkan konektor pria dan wanita dengan tipe yang sama. Konektor jantan memiliki kawat tengah yang mencuat, sedangkan konektor betina memiliki ruang untuk kawat tengah untuk menempel.

    Ketahuilah bahwa kabel coax terkadang memiliki kebocoran sinyal yang dikenal sebagai masuk atau keluar. Ini menyebabkan sinyal ubin, kabur atau bersalju.

    Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Konektor RJ-45

    Apa itu kabel coaxial?

    Kabel koaksial adalah jenis kabel yang memiliki konduktor dalam dikelilingi oleh lapisan isolasi, dikelilingi oleh pelindung konduktif. Banyak juga yang memiliki jaket luar isolasi. Diagram di bawah ini menggambarkan konstruksi kabel yang khas. Sinyal listrik mengalir melalui konduktor tengah.

    kawat coaxial

    Konduktor tengah - baja berlapis tembaga.

    Polimer stripping clean-konduktor konduktor tengah digunakan untuk menghalangi migrasi kelembaban.

    Dielektrik - polietilen memberikan busa sel tertutup yang stabil secara mekanis dengan VP tinggi.

    Konduktor luar pertama - melindungi dengan pita aluminium-polimeraluminum yang terikat erat pada inti dielektrik.

    Konduktor luar kedua - pita aluminium-polimer-aluminium tambahan digunakan dalam konstruksi tri-pelindung dan quad-pelindung untuk lebih meningkatkan isolasi pelindung HF sebelum dan sesudah lentur.

    Konduktor luar ketiga - pita aluminium-polimer-aluminium tambahan digunakan dalam konstruksi tri-pelindung dan quad-pelindung untuk lebih meningkatkan isolasi pelindung HF sebelum dan sesudah lentur.

    • Konstruksi

    Kabel coaxial adalah kabel yang diisolasi dengan baik dengan gangguan sinyal minimum. Dari pusat ke luar, mereka terdiri dari kawat tembaga padat, insulator dalam, selubung konduktif yang terbuat dari tembaga dikepang, dan jaket isolator luar. Selubung tembaga luar bertindak sebagai tanah dan kawat pusat membawa sinyal. Kabel coaxial tugas berat, yang digunakan dalam aplikasi telekomunikasi dapat mencakup lapisan isolasi tambahan dan perisai. Mereka kurang fleksibel daripada kabel coax standar.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Penggunaan

    Kabel koaksial digunakan di TV satelit, TV kabel, internet kabel, jaringan komputer, dan saluran radio. Mereka adalah alat yang tahan lama untuk membawa sinyal dari jarak jauh. Gelombang elektromagnetik yang bergerak di sepanjang saluran transmisi disimpan di dalam kabel, mencegah gangguan yang tidak diinginkan di jalurnya.

    • Jenis-jenis Kabel

    Nomor RG menunjukkan perkiraan impedansi, kapasitansi, dan pengukur kabel koaksial. Panjang dan kapasitas suhu juga merupakan ukuran penting. Sejumlah konektor dan pembagi tersedia untuk kabel koaksial, sesuai dengan nomor RG yang ditentukan. Nomor RG kabel juga memainkan peran penting dalam efektivitas kabel.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Dan Fungsi Kabel Coaxial
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar