Kelebihan dan Kekurangan Konektor RJ-45

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Registered Jack (RJ) adalah antarmuka yang ada pada jaringan standar telekomunikasi yang digunakan untuk menghubungkan peralatan suara dan dada – data ke layanan yang telah di sediakan oleh operator pada pertukaran lokal atau operator jarak jauh.

    Registered ini pertama kali di definisikan dan diperkenalkan di dalam system Universal Service Ordering Code ( USOC ) yang ada di Bell system di Amerika Serikat untuk mematuhi pemakaian program registered ini untuk peralatan telepon yang di pasok pelanggan dan diamanatkan oleh Federal Communications Commission ( FCC ) pada tahun 1970. Mereka mengodifikasikan ke dalam judul 47 dari kode peraturan federal pada bagian 68.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Konektor kabel RJ-45 ini merupakan sebuah penghubung jaringan Ethernet yang banyak di gunakan oleh orang – orang untuk pemakaian pada topology jaringan komputer yang bertipe LAN atau bertipe lain tergantung dari penggunanya dan RJ juga dapat mengatur tingkat standar pada sebuah jaringan yang berkaitan dengan pemasangan bagian kepala konektor dan urutan – urutan yang ada pada kabel, dan selanjutnya di gunakan untuk menghubungkan dua peralatan komunikasi atau lebih dari 2 peralatan (Telephone Jack) dan juga pada peralatan jaringan seperti Computer Networking.

    RJ mempunyai banyak type tetapi type yang sering di pakai dan digunakan yaitu RJ11 dan RJ45, standar yang ada pada RJ meliputi RJ11, RJ14, RJ25, RJ45, RJ48 dan lain - lain. Tidak semua konektor yang dapat dipakai untuk instalasi RJ, ada beberapa konektor yang dipakai untuk bisa menginstal RJ ini diantaranya yaitu konektor modular dan konektor 50-pin. Contoh RJ-11 menggunakan memakai konektor dua konduktor dan dua posisi dan RJ-14 menggunakan Jack modular enam dengan posisi empat konduktor ( 6P4C ), sedangkan pada RJ-21 hanya menggunakan konektor pita miniatur 25-pasang ( 50-pin ).

    Jenis – jenis konektor modular yang sama dapat di pakai pada system aplikasi RJ yang berbeda. Konektor modular dikembangkan agar dapat menggantikan pemasangan pada telepon lama yang memakai kabel bawaan dan jenis pada colokan yang lebih besar. Nomenklatur umum yang ada pada konektor modular mencangkup pada jumlah posisi kontak dan jumlah kabel yang telah terhubung.

    Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Lokal Akses Tembaga

    Contohnya pada 6P yang membuktikan bahwa plug atau konektor modular memiliki enam posisi. Colokan pada modular dengan enam posisi pada konduktor, dua posisi tengah dan empat posisi yang lain yang tidak dipakai dan tidak digunakan mempunyai penunjukan di 6P2C. dan pada RJ-11 memakai konektor 6P2C, yang dapat dilengkapi dengan jumlah pin yang banyak, namun apabila terdapat lebih banyak pin maka kabel dan antarmuka bukan lah RJ-11.

    Registered Jack ( RJ-45 ) berfungsi sebagai penghubung antar komputer, penghubung router dengan switch, memudahkan penggantian pesawat telepon, untuk membuat USB extender  dan memudahkan untuk mencabut kabel tanpa tersengat dengan aliran arus listrik serta menghubungkan konektor LAN ( Local Area Network ).

    Kelebihan dan Kekurangan dari RJ-45

    • Kelebihan RJ-45
    • Harga yang murah
    • Lebih mudah digunakan
    • Fleksibel karena tidak terdapat lapisan aluminium foil
    • Memiliki diameter yang kecil berukuran sekitar (0.43 cm)
    • Sangat mudah digunakan dalam proses instalasi
    • Perawatan yang amat mudah
    • Sangat aman digunakan
    • Jika terdapat kerusakan pada salah satu saluran makan tidak akan berpengaruh pada yang lain terutama pada jaringan

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Kekurangan RJ-45
    • Sangat sensitif pada tekanan interferensi elektromagnet dari perangkat lain, yang di sebabkan oleh lapisan alumunium foil yang tidak terpasang
    • Pendeknya jarak jangkauan, tidak dapat menjangkau hingga jauh, hanya dapat menghubungkan dengan jarak maksimal 100 meter.
    • Tidak stabilnya transmisi pada data dan relatif lambat.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Konektor RJ-45
    Sangat Suka

    75%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    25%

    Marah

    0%

    Komentar