Perbedaan Kabel UTP  dan kabel STP

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin diantara kalian belum mengetahui apa perbedaan dari kabel utp dan kabel stp, kabel stp dapat diartikan suatu kabel yang dibuat dengan material bahan penghantar dari tembaga, yang mempunyai isolasi yang  terbungkus dari plastik yang dapat berguna untuk melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh bentuk, kabel utp memiliki beberapa kabel yang terbelit yang merupakan kabelnya memiliki kabel warna yang tidak sama.

    Kabel utp dapat di definisikan menjadi suatu kabel yang bisa dugunakan untuk membuat sebuah jaringan pada komputer yang dapat berupa kabel yang berada di bagian yang ada di dalam mempunyai jenis kabel. Kabel shield merupakan jenis dari sebuah kabel utp yang mempunyai pembungkus, dan kabel ini membutuhkan konektor RJ-45 sebagai untuk menghubungkan kabel dari komputer. Kabel utp sendiri memiliki kegunaan untuk sebuah jaringan local area network pada sebuah komputer.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Dan di dalam jaringan LAN  biasanya menggunakan koneksi Ethernet yang sudah dikenal dua jenis kabel jaringan yang bisa di sebut dengan kabel straight dan cross over, yang  mempunyai kegunaan tetapi berbeda kegunaannya jadi hal tersebut bisa dilihat dengan menggunakan perangkat yang berbeda. Pada kabel straight biasanya digunakan sebagai menghubungkan koneksi dari port ke switch atau hub, dan sedangkan kabel cross mempunyai kegunaan untuk akses point to point antara dari 2 komputer yang melalui host yang sudah di hubungkan dari Ethernet card atau lan card.

    Kabel UTP sendiri memiliki banyak kategori yang bisa di lihat sebagai berikut:

    • Kabel UTP category 1

    Kabel jenis ini dimanfaatkan berkomunikasi dari telepon yang cenderung mempunyai kecepatan transmisi data yang cukup rendah, sehingga tidak cocok dalam proses mentransmisikan data dari internet.

    • Kabel UTP categori 2

    Jenis Kabel ini dapat untuk melakukan proses mentransmisikan suatu dengan dengan memiliki kecepatan sampai 4 mbps

    • Kabel UTP categori 3

    Jenis Kabel ini biasanya dimanfaatkan pada jaringan yang berbasis 10 base yang bisa mentransfer data menggunakan kecepatan sampai 1 megabyte.

    • Kabel UTP category 4

    Kabel ini dimanfaatkan dalam topologi jaringan pada token, kabel ini juga dapat mentransmisikan data menggunakan kecepatan sebesar 16 megabyte.

    Baca juga : Pengertian Dan Fungsi Kabel STP 

    • Kabel UTP categori 5

    Kabel jenis ini dapat mentransmisikan data hingga 100 megabyte

    • Kabel UTP categori 5e

    Di jenis kabel ini sebelumnya dapat mentransfer data menggunakan kecepatan hingga 1000 megabyte.

    • Kabel UTP categori 6

    Jenis kabel ini memiliki kabel yang terbuat dari material yang berbahan dasar plastik yang mempunyai kegunaan sebagai memisahkan komponen pair di kabel tersebut.

    • Kabel UTP category 7

    Jenis kabel ini memiliki kualitas transfer data yang lebih baik di bandingkan dengan kebel jenis lainnya, dikarenakan kabel ini sanggup melewati data sangat besar.

    Sedangkan kabel STP merupakan jenis kabel yang digunakan untuk beberapa proses instalasi yang kabel nya memiliki pembungkus tambahan untuk tiap-tiap kabel, kabel stp juga di manfaatkan untuk beberapa jaringan dan pelindungnya bisa memberikan proses yang bagus pada sebuah interferensi. Dibawah ini merupakan contoh perbedaan dari kabel UTP dan kabel STP yang bisa lihat seperti berikut:

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru 

    • Kabel utp memiliki bentuk dan diameter yang kecil dibandingkan dengan kabel stp
    • Di dalam kabel utp tidak ada pelindung seperti kabel stp
    • Di dalam proses instalasi akan lebih mudah jika menggunakan kabel utp
    • Kabel utp lebih mudah terkena radiasi dari medan magnet dikarenakan tidak lapisi oleh plastik yang berguna sebagai pelindung
    • Harga dari kabel utp lebih murah dibandingkan dengan kabel stp
    • Kabel utp cocok untuk digunakan di indoor ,sedangkan kabel stp cocok untuk diluar ruangan.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Kabel UTP  dan kabel STP
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar