Pengertian Dan Fungsi Kabel STP 

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabel paired twisted pair (STP) pada awalnya dirancang oleh IBM untuk jaringan token ring yang mencakup dua kabel individual yang ditutup dengan pelindung foil, yang mencegah interferensi elektromagnetik, sehingga men transport data lebih cepat.

    STP sama persis dengan  UTP  Namun, itu berisi pembungkus foil tambahan atau jaket kepang tembaga untuk membantu melindungi sinyal kabel dari gangguan. Kabel STP lebih mahal apabila dibandingkan dengan UTP, tetapi memiliki keuntungan karena mampu mendukung laju transmisi yang lebih tinggi di jarak yang lebih jauh.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Beberapa kabel STP menggunakan perisai jalinan tembaga tebal yang membuat kabel lebih tebal, lebih berat, dan pada gilirannya jauh lebih sulit atau susah untuk pemasangan dibandingkan dengan kabel UTP. Kabel STP biasa lainnya, sering disebut twisted-pair foil (kabel)atau twisted-pair(kabel) yang disaring, hanya menggunakan perisai foil luar yang lebih tipis. Kabel ini tipis serta lebih terjangkau dibandingkan kabel STP yang dikepang  tetapi mereka sangat sulit di install.

    Kecuali dalam kasus di mana tegangan tarik yang maksimum dan jari-jari tikungan minimum benar-benar diperhatikan, kabel yang lebih tipis ini mungkin robek selama proses pemasangan. Selain itu, kabel STP memiliki beberapa kelemahan lain. Kabel STP berfungsi dengan menarik interferensi eksternal ke pelindung, lalu menyingkirkannya ke kabel yang diarde. Jika kabel arde tidak dibumikan dengan benar, fungsionalitas pembatalan bising STP dapat sangat terganggu.

    Perbedaan Antara Kabel UTP dan STP,  UTP juga STP  adalah jenis  twisted pair(jenis) yang bertindak sebagai media transmisi dan memberikan konektivitas yang bisa diandalkan dari peralatan elektronik. Meskipun desain dan pembuatannya berbeda tetapi keduanya memiliki tujuan yang sama. Perbedaan mendasar antara UTP dan STP adalah UTP (Unshielded twisted pair) adalah kabel dengan kabel yang dipuntir bersama untuk mengurangi kebisingan dan crosstalk. Sebaliknya, STP adalah twisted pair(kabel) yang dibatasi foil atau pelindung jala yang melindungi kabel terhadap interferensi elektromagnetik.

    Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Straight

    Definisi Kabel UTP

    Kabel  UTP adalah jenis media telekomunikasi yang umum digunakan saat ini. Rentang frekuensinya cocok mentransmisikan data serta suara. Oleh karena itu, ini paling sering digunakan dalam sistem telepon. Twisted pair yang  terdiri berbagai dua konduktor terisolasi (biasanya tembaga) dalam konfigurasi bengkok. Pita warna digunakan dalam isolasi plastik untuk identifikasi. Selain itu, warna juga mengidentifikasi konduktor tertentu dalam kabel dan untuk menunjukkan kabel mana yang berpasangan dan bagaimana mereka berhubungan dengan pasangan lain dalam bundel yang lebih besar.

    Kedua kawat dipilin dalam kabel pasangan terpuntir yang secara signifikan mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh sumber eksternal. Kebisingan di sini yang kita bicarakan dihasilkan ketika dua kabel paralel yang menyebabkan peningkatan level tegangan pada kawat yang paling dekat dengan sumber dan juga beban yang tidak merata dan sinyal yang rusak.

    Definisi Kabel STP

    Kabel twisted-pair (STP) berpelindung memiliki lapisan jala jalinan tambahan atau kertas logam yang membungkus setiap set konduktor berisolasi. Casing logam memotong penetrasi kebisingan elektromagnetik. Ini juga dapat memberantas fenomena yang disebut crosstalk, yang merupakan efek yang tidak diinginkan dari satu rangkaian. Itu terjadi ketika satu saluran (bertindak sebagai semacam antena penerima) mengambil beberapa sinyal yang bepergian ke saluran lain (bertindak sebagai semacam antena pengirim). Efek ini dapat dialami selama percakapan telepon ketika seseorang dapat mendengar percakapan lain di latar belakang. Melindungi setiap pasangan kabel twisted-pair dapat menghilangkan sebagian besar crosstalk.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dapat kita ambil kesimpulan bahwa, Kabel UTP dan STP berbeda dalam desain dan struktur di mana kabel STP memiliki foil logam tambahan yang dibungkus dengan konduktor terisolasi. Namun, kedua kabel STP dan UTP memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dalam hal pemasangan dan pemeliharaan yang tepat dalam situasi yang sesuai untuk penggunaannya, keduanya bekerja dengan baik.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Dan Fungsi Kabel STP 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar