Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Straight

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jaringan straight yang kita kenal berhubungan dengan masalah kabel. Salah satu kelebihan jaringan straight adalah dipengaruhi kabel transmisi atau perpindahan jaringan dapat menghubungkan suatu perangkat yang berbeda. Jaringan straight dipengaruhi oleh media transmisi yang dimiliki.

    Media transmisi yang mempengaruhi jaringan straight adalah kabel. Kabel straight mempengaruhi kecepatan transmisi atau perpindahan jaringan. Jaringan straight dapat berjalan baik karena pengaruh dari media atau wadah transmisi atau perpindahan. Jaringan straight biasanya digunakan untuk menghubungkan antara router dengan LAN, menghubungkan antara hub dengan router, menghubungkan antara switch dengan router, menghubungkan sebuah komputer dengan suatu switch, dan menghubungkan sebuah komputer dengan suatu LAN pada suatu modem maupun suatu DSL.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kemampuan jaringan straight yang mampu untuk menghubungkan antara sebuah perangkat atau media perpindahan koneksi menjadi kelebihan yang paling mendasar dari jaringan straight. Namun, yang menjadi kelebihan utama dari kabel straight adalah dari penyusunan atau penempatan kabel. Jaringan straight memiliki fungsi atau peran yang berbeda dari jaringan straight. Kabel yang sering digunakan untuk jaringan straight salah satunya adalah kabel UTP, kabel UTP memiliki beberapa kekurangan dan juga kelebihan.

    Kelebihan yang dimilikinya seperti, harga kabel yang murah, lebih mudah dibentuk atau lentur karena kabel UTP tidak menggunakan lapisan pelindung alumunium. Untuk menjaga atau merawat kabel UTP mudah. Jika pada sebuah jaringan salurannya rusak, maka tidak akan mengganggu jaringan serta saluran yang lainnya. Selain memiliki sejumlah kelebihan kabel UTP juga memiliki sebuah kekurangan. Kekurangan yang ada pada kabel UTP seperti, mudah terpengaruh energi elektromagnet dari benda atau sebuah perangkat dikarenakan, kabel UTP tidak ada pelindung alumunium.

    Karena mudah dibentuk dan juga tidak memiliki pelindung sehingga kabel ini mudah rusak. Jarak atau wilayah terbatas, jaraknya hanya sampai 100 meter. Perpindahan data dari kabel UTP kecepatannya dipengaruhi jaraknya. Oleh karena itu, jika jarak semakin jauh koneksi atau perpindahan datanya akan lama dan begitu juga sebaliknya jika, jarak semakin dekat perpindahan data akan lebih cepat.

    Baca juga : Sistem Jaringan Akses Tembaga

    Kabel pada jaringan straight sendiri memiliki susunan yang beragam ada yang menggunakan kabel straight dan juga ada yang menggunakan kabel cross. Kabel straight memiliki urutan penyusunan dari kabel yang berwarna putih oren berada pada urutan pertama kemudian kabel berwarna oren, dilanjutkan dengan kabel berwarna putih hijau, selanjutnya kabel berwarna biru, kemudian kabel berwarna putih biru, kabel berwarna hijau, kabel berwarna putih cokelat, dan terakhir adalah kabel yang berwarna cokelat.

    Kemudian kabel ini memiliki susunan yang sama pada awal dan akhirnya atau ujung pertama dan juga ujung yang kedua untuk membuat jaringan straight memiliki beberapa jenis kabel yang lain seperti kabel STP atau shield twisted pair. Jika UTP tidak memiliki pelindung yang berupa alumunium sebaliknya kabel STP memiliki pelindung. Dan juga kelebihan lainnya yang membuat kabel STP jauh berbeda dengan kabel UTP.

    Namun kabel yang paling sering digunakan adalah kabel jenis UTP, walaupun kabel STP banyak kelebihannya. Dari penjelasan diatas kita dapat mengetahui jika jaringan straight dipengaruhi oleh media perpindahan atau transmisi yang biasanya dikenal dengan kabel. Kabel yang memiliki kelebihan-kelebihan tertentu dapat membuat jaringan straight memiliki keunggulan. Jaringan yang cepat serta koneksi yang baik dipengaruhi media atau perantaranya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Selain sebuah perantara, jaringan straight akan berjalan baik jika kabel yang digunakan memiliki susunan yang tepat dan benar. Ada beberapa perangkat yang nanti perlu susunan dari kabel straight dan juga kabel cross. Jika dalam penyusunan ada yang salah jaringan dapat bermasalah dan mungkin saja tidak dapat berjalan. Jaringan yang baik dipengaruhi karena jarak koneksi atau jarak transmisinya.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Straight
    Sangat Suka

    25%

    Suka

    25%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    50%

    Komentar