Orang Indonesia Sulit Terpapar Virus Corona!, Berikut Penjelasannya

Daftar Isi


     

    JAKARTA- Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dr Anung Sugihantono mengatakan kebalnya orang Indonesia pada COVID-19 atau virua Corona, disebabkan masyarakat Indonesia suka makan apa saja.

    "Kita kan selalu makan tongseng, tong dimakan, seng dimakan. Ini yang mungkin bikin kebal," candanya.

    Selanjutnya, Anung menerangkan kemungkinan alasan ilmiah terkait dengan tubuh orang Indonesia yang kebal COVID-19. Berdasarkan penjelasan ilmiah, ternyata terkait dengan faktor genetik.

    "Saya sampaikan, Kemenkes belum tahu, tapi kemungkinan ini karena faktor genetik. Dalam teori status kesehatan seseorang, ada pengaruh lingkungan, genetik, pelayanan kesehatan dan perilaku," terang Anung.

    Anung menambahkan, dalam penularan virus juga harus dilihat tiga aspek yaitu agen, host dan lingkungannya. "Interaksi ini yang harus kami lihat lebih jauh lagi. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan," tegasnya.

    Hingga saat ini, Indonesia masih dinyatakan bebas dari Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Padahal secara global, sudah sebanyak 67.169 orang dan lebih dari 1.500 jiwa meninggal dunia akibat COVID-19.

    Banyak orang beranggapan bahwa ini karena tubuh orang Indonesia kebal akan penyakit. Contoh lain bisa dilihat dari 78 orang Warga Negara Indonesia (WNI) di kapal pinisi Diamond Princess yang terinfeksi COVID-19, mereka semua dinyatakan negatif.

    Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, tidak adanya satu kasus COVID-19 di Indonesia itu berkat doa semua rakyat Indonesia. Sehingga masyarakat terlindung dari ancaman bahaya penyakit mematikan ini.

    "Secara medis doa, semua karena doa. Saya yakin karena doa," ucapnya seperti dilansir dari Okezone.(rie)
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Orang Indonesia Sulit Terpapar Virus Corona!, Berikut Penjelasannya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar