Perkembangan Komunikasi Bisnis Di Era Digital

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum mengetahui tentang perkembangan bisnis, sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis merupakan suatu komunikasi dilakukan dengan cara verbal ataupun non verbal. Dimana komunikasi berisi informasi, ide atau gagasan.

    Pada zaman yang modern, teknologi informasi dan komunikasi sudah mempermudah kita untuk berbisnis, bahkan memudahkan kita melakukan komunikasi dengan orang-orang yang ada di penjuru dunia sekalipun. Internet merupakan salah satu media komunikasi yang begitu banyak digunakan. Karena perkembangan itulah membuat dunia semakin berubah, terutama dalam bisnis. Internet sangat membantu kita dalam median pemasaran. Internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling berkaitan.

    Dalam berbisnis, kemampuan dalam berkomunikasi sangat dibutuhkan. Apalagi di era digital, bentuk-bentuk komunikasi sangat berkembang. Karena sarana komunikasinya sudah beragam, seperti media sosial, gawai maupun situs. Untuk pebisnis ada hal yang harus diketahui tentang cara berkomunikasi yang baik dan efektif terhadap target yang akan dituju. Dengan menggunakan sarana yang akan digunakan. Sehingga, kita harus belajar dan memahami tata cara berbicara dengan mereka.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Menggunakan Sosial Media

    1. Media Online

    Perkembangan internet yang begitu cepat dan semakin banyaknya website yang dibuat, sehingga membuat perkembangan teknologi semakin cepat, terutama pada internet. Pada bidang internet bentuk kemajuannya adalah sosial media marketing. Sosial media marketing merupakan suatu cara yang dilakukan untuk pemasaran melalui suatu situs jaringan sosial.

    Seiring berkembangnya teknik informasi dan komunikasi sehingga membuat perkembangan media internet sangat dibutuhkan. Seperti yang kita lihat di zaman sekarang ini, gadget tidak bisa lepas dari genggaman walaupun hanya membuat stori, berkirim besan, dan lain sebagainya. Begitupun di tempat-tempat makan, jika tempat tersebut tidak menyediakan fasilitas wifi maka pengunjungnya bakal sedikit. Tetapi jika tempat tersebut menyediakan fasilitas wifi maka pengunjungnya bakal rame pengunjung.

    Dengan adanya internet, banyak orang yang bisa melakukan dalam pemasaran bisnis, ataupun hanya menghubungi keluarganya yang jauh. Hal seperti ini sangat dibutuhkan, karena dalam pemasaran bisnis tidak hanya dengan menggunakan monitor komputer lagi tetapi bisa dilakukan dengan cara audio sehingga bisa dilakukan dengan menggunakan gadget.

    Setiap orang bisa berbagi informasi dengan cara langsung menggunakan internet walaupun darisisi yang berbeda. Cara menggunakan dan mengoperasikan internet sangat mudah, di dalam server begitu banyak informasi yang bisa di unduh oleh siapa pun, dimana pun berada dan kapan pun menggunakan internet. Karena begitu banyak informasi yang telah disediakan sehingga membuat kelimpahan informasi di berbagai situs. Internet menjadi sebuah wadah yang digunakan untuk menampung semua informasi. Musik, design grafis, pemasaran, bisnis dan lain sebagainya ada di dalam internet.

    Baca juga : Perbedaan Pemasaran Dengan Penjualan Beserta Contohnya

    Dengan menggunakan instagram, twiter, facebook, dan lain sebagainya merupakan suatu media pemasaran yang paling bagus terutama untuk orang-orang yang serius dalam berbisnis online. Untuk sosial media marketing dilakukan dengan cara online memanfaatkan media komunikasi menggunakan situs jaringan sosial dan menggunakan website contohnya instagram, path.

    Sosial media marketing dilakukan agar memudahkan orang untuk memasarkan produk yang dimilikinyadimana tujuannya untuk melancarkan bisnisnya dengan menggunakan media komunikasi baik dengan cara online ataupun offline. Sosial media marketing dilakukan untuk mempromosikan produk . Hal yang paling penting yaitu dengan internet orang bisa mendapatkan keuntungan yang banyak asalkan orang-orang tersebut melakukannya dengan jujur.

    Untuk pemasaran dengan cara online kita terlebih dahulu membuat akun di sosial media yang ada. Selanjutnya kita lakukan promosi, kalau perlu untuk pertama kalinya kita berikan diskon, untuk menarik konsumen agar membeli produk yang kita jual.

    2. Media offline

    Membuat iklan tidak hanya menggunakan sosial media, untuk promosi kita juga bisa dengan cara offline. Media online dan offline sama-sama menggunakan media komunikasi. Dimana yang dilakukan dalam promosi offline yaitu dengan membuat poster, benner atau lain sebagainya.

    Benner dan poster merupakan suatu benda mati tetapi di dalamnya banyak mengandung cerita. Kata-kata dan gambar di dalam poster bisa mengandung makna yang begitu dalam. Sehingga buatlah poster untuk mendukung agar bisnis kita dikenal banyak orang. Selain menggunakan poster dan benner kita juga bisa menggunakan spanduk, majalah sebagai ajeng promosi dari produk yang kita jual.

    Pada dasarnya sosial media adalah media online, dimana pengguna bisa dengan mudah untuk berbagi, menciptakan website dan berpartisipasi. Blog merupakan media yang banyak dipakai orang.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Menggunakan media sosial pada pemasaran bisnis baik dengan cara online ataupun offline dampaknya bisa menguntungkan bagi orang-orang yang berbisnis. Dengan menggunakan media online maka pemasarannya akan lebih cepat dari pada menggunakan media offline. Tetapi semuanya sama saja karena itu tergantung kita bagaimana cara menggunakan dan mengaturnya.(Indah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perkembangan Komunikasi Bisnis Di Era Digital
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar