Perbedaan Pemasaran Dengan Penjualan Beserta Contohnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Dalam usaha, seringkali terjadi kekeliruan antara pemasaran dengan penjualan. Karena kekeliruan ini menyebabkan banyak pelaku usaha saat membutuhkan tenaga si penjual mengalami kesulitan dan akhirnya mereka menggunakan istilah lain atau nama lain yaitu account manager atau nama lainnya yang berakibat kekeliruan semakin besar.

    Dengan sangat padatnya persaingan antara penjualan dengan pemasaran saat ini sangat diperlukan sebuah strategi yang baik untuk memenangkan persaingan. Produk yang bagus belum cukup jika tidak didukung oleh tim penjualan dan pemasaran yang sudah ahli.

    Sebelum kita membahas apa perbedaan antara pemasaran dengan penjualan tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sih pengertian dari pemasaran dan penjualan tersebut ?

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Pemasaran ialah suatu kegiatan untuk memasarkan sebuah produk atau jasa agar dikenal oleh pasar melalui proses yang penyusunan komunikasi nya secara terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi suatu barang atau jasa untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan oleh pelanggan. Menjadi seorang tenaga pemasaran atau marketer harus membekali dirinya dengan berbagai pengetahuan dan strategi yang mencakup produk, harga, tempat, promosi, proses, orang dan bukti fisik.

    Bagaimana dengan penjualan? Penjualan merupakan kegiatan personal atau disebut dengan sales dalam menjalankan langsung dari pekerjaan marketer. Fungsi dari penjualan ini adalah untuk menjual sebuah produk sesuai  dengan sebuah target yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu sales harus mampu menarik minat kepada calon konsumen akan produk yang akan ditawarkan agar terjadi nya penjualan.

    Ketika terjadi nya penjualan, maka sales akan melanjutkan pesanan ke bagian yang lain, seperti kepada bagian produksi ataupun pengiriman barang. Jika tidak mempunyai suatu pengetahuan produk yang baik, sales tidak mempunyai sifat amunisi yang cukup untuk meyakinkan para konsumen terhadap produk yang akan ditawarkan.

    Perbedaan dari Pemasaran dengan Penjualan :

    1. Konsep pada Pemasaran

    Perusahaan menuruti apa yang akan diinginkan oleh para konsumen lalu berusaha mengembangkan suatu produknya yang akan diinginkan oleh para konsumen dan untuk si pemasar juga akan mendapatkan keuntungan.

    2.  Konsep Penjualan

    Sebuah perusahaan membuat produk dan kemudian mempergunakan aneka metode penjualan yang gunanya untuk membujuk konsumen membeli produknya. Ini berarti perusahaan mengarahkan kepada permintaan para konsumen agar sesuai dengan apa yang diajukan. Konsumen mempunyai kemauan yang normal untuk tidak membeli sebuah produk yang tidak dibutuhkan atau yang tidak penting.

    Baca juga : Peran Komunikasi Bisnis pada Digital Marketing

    Pada konsep tersebut terdapat berbagai perbedaan kedua konsep yang akan dijelaskan pada inti-inti dibawah ini.

    • Pada konsep pemasaran fokus pada kepuasan untuk konsumen, sedangkan penjualan untuk memelihara bisnis dan produk yang dihasilkan.
    • Konsep pemasaran mengarahkan produk agar dapat masuk ke dalam pikiran konsumen secara perlahan-lahan, di sisi lain konsep penjualan berusaha untuk memaksa si konsumen untuk berpikir bagaimana produk tersebut.
    • Titik utama pada konsep pemasaran yaitu untuk mengetahui kebutuhan para konsumen. Konsep penjualan membuat pabrik sebagai awalan, kemudian penjual tersebut akan membuat suatu produk terlebih dahulu dan setelah itu dilanjutkan dengan usaha promosi.
    • Konsep pemasaran adalah kebutuhan pada konsumen, sedangkan konsep penjualan lebih menekankan kepada produk yang sudah ada.
    • pemasaran harga ditentukan berdasarkan faktor yang ada di pasar, yaitu penawaran dan permintaan. Konsep penjualan yang akan menjadikan biaya suatu produksi sebagai pembentukan harga suatu produk.

    Walaupun konsep pemasaran dengan penjualan berbeda pendapat disimpulkan bahwa pemasaran maupun penjualan memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan keuntungan.

    Contoh Pemasaran dan Penjualan

    Contoh kegiatan dari pemasaran dengan penjualan dalam penjelasan yang sederhana ialah seperti ini, misalkan kita ingin berjualan pudding. Yang kita lakukan terutama yaitu kita harus memasarkan pudding yang akan kita jual. Lalu kita perkenalkan kepada teman-teman terdekat di sekitar kita. Setelah itu bawalah contoh pudding yang akan di jual. Setelah itu kita suruh mereka untuk mencicipi makan tersebut, dan setelah mereka mencicipi makanan tersebut mintalah pendapat atau saran bagaimana menurut mereka apakah mereka suka dengan makanan pudding  tersebut agar nantinya laris.

    Setelah mendapatkan pendapat atau saran yang baik lalu lakukan promosi. Kemudian berbagi cerita kepada teman-teman tentang usaha yang ingin berjualan pudding  dan setelah berbagi cerita lakukanlah transaksi penjualan. Namun sebelum melakukan penjualan tentukan terlebih dahulu harga pudding yang akan kita jual, hal ini sudah memasuki dalam kegiatan pemasaran.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jadi dari perbedaan pemasaran dan penjualan tersebut dapat disimpulkan bahwa pemasaran yaitu penjualan barang yang menggunakan berbagai cara yang dirancang dan direncanakan sesuai dengan keinginan untuk memantapkan yang akan didapatkan. Jadi pada pemasaran mencakup pergabungan suatu informasi promosi. (Nada)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Pemasaran Dengan Penjualan Beserta Contohnya
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    66%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar