Pengertian Komponen Elektronika

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Komponen elektronika adalah kumpulan alat elektronik yang digabungkan dan bisa berfungsi sesuai dengan fungsinya. Setiap alat elektronika yang digabungkan dalam sebuah komponen memiliki fungsi dan tugas masing-masing seperti fungsi sebagai mengendalikan atau mengontrol, fungsi sebagai menyaring, fungsi sebagai menghambat, fungsi sebagai menghantarkan, serta fungsi sebagai menguatkan aliran listrik yang ada di komponen elektronika tersebut.

    Kelompok-kelompok komponen elektronika

    Komponen elektronika dapat digolongkan kedalam dua bagian penting yaitu komponen elektronika yang pasif dan komponen elektronika yang aktif. Berikut ini merupakan bagian penting dari komponen elektronika yaitu :

    Komponen pasif adalah komponen utama dari suatu komponen dari elektronika yang tidak menggunakan aliran listrik untuk mengerjakan tugas dan fungsinya. Contoh dari komponen pasif yaitu transformator, resistor, induktor, dan kapasitor. Berikut ini merupakan contoh dari komponen pasif yaitu :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Transformator
      Transformator adalah komponen dari elektronika bagian pasif yang biasanya digunakan sebagai pengontrol atau sebagai penaik dan penurun tegangan listrik yang ada pada komponen elektronika tersebut.
    • Resister
      Resistor adalah komponen elektronika bagian pasif yang biasanya digunakan sebagai penghambat aliran atau tegangan listrik yang terletak di komponen elektronika tersebut.
    • Induktor
      Induktor adalah komponen dari suatu elektronika bagian pasif yang biasanya bekerja dengan menggunakan magnet yang ada pada lilitan kawat yang membentuk kumparan listrik.
    • Kapasitor
      Kapasitor adalah sebuah komponen dari suatu elektronika bagian pasif yang digunakan untuk penyimpan tegangan atau aliran listrik hanya sementara atau sebentar.

    Komponen aktif adalah bagian penting dari suatu komponen dari suatu elektronika yang menggunakan arus atau tegangan listrik untuk mengerjakan tugas dan fungsinya. Contoh dari komponen aktif yaitu IC (Integrated Circuit), dioda, LED (Light Emitting Dioda), tabung hampa, dan transistor. Berikut ini merupakan contoh dari suatu komponen aktif yaitu :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Stkip Bina Bangsa Meulaboh

    • IC
      IC adalah komponen dari suatu elektronika bagian aktif yang biasanya digunakan sebagai penyimpan, penguat, serta pengatur.
    • Dioda
      Dioda adalah komponen dari suatu elektronika bagian aktif yang biasanya digunakan sebagai pengantar aliran listrik DC dan sebagai penghalang aliran listrik AC.
    • LED
      LED adalah komponen dari suatu elektronika bagian aktif yang biasanya digunakan sebagai menyinarkan cahaya pada komponen elektronika tersebut.
    • Tabung hampa
      Tabung hampa adalah komponen elektronika bagian aktif yang membutuhkan aliran atau tegangan listrik yang tinggi agar bisa melaksanakan tugasnya.
    • Transistor
      Transistor adalah komponen elektronika bagian aktif yang biasanya digunakan sebagai pengontrol atau pengendali, pengarah arus atau tegangan listrik yang terletak di komponen elektronika tersebut.

    Macam-macam besaran listrik

    Berikut ini merupakan berbagai macam besaran listrik yaitu :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Tahanan listrik

    Tahanan listrik merupakan listrik yang dimanfaatkan untuk mengontrol besarnya besaran aliran yang terdapat pada sebuah komponen listrik. ohm merupakan satuan dari tahanan listrik dan R merupakan notasi dari tahanan listrik.

    • Tegangan listrik

    V (volt) merupakan satuan dari tegangan listrik dan V merupakan notasi dari tegangan listrik.

    • Arus listrik

    Arus listrik merupakan listrik yang dialirkan dari melalui kutub yang positif ke kutub yang negatif. Arus listrik bisa dikelompokkan menjadi 2 yaitu AC atau bisa dikenal dengan arus dan aliran listrik bolak-balik dan DC atau bisa dikenal dengan arus dan aliran listrik searah.

    Kesimpulan

    Kesimpulan dari pengertian komponen elektronika adalah kumpulan dari berbagai macam alat elektronik yang dihubungkan dan digabungkan menjadi sebuah komponen elektronika yang terpadu. Dan komponen elektronika dapat digolongkan kedalam 2 golongan penting yakni komponen yang pasif dan komponen yang aktif. Komponen pasif bisa digolongkan kedalam 4 yaitu transformator, resister, induktor, dan kapasitor. Komponen aktif bisa dibagi menjadi 5 yaitu IC, dioda, LED, tabung hampa, transistor. (Mawarni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Komponen Elektronika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar