Macam-Macam Komponen Elektronika Aktif Dan Pasif

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Komponen Elektronik Aktif dan Pasif menyediakan forum untuk sains dan teknologi semua jenis komponen elektronik, dan menerbitkan makalah eksperimental dan teoretis tentang topik seperti transistor, sirkuit hibrida, dan sensor. Komponen elektronik adalah setiap perangkat diskrit dasar atau entitas fisik dalam sistem elektronik yang digunakan untuk mempengaruhi elektron atau bidang terkaitnya.

    Komponen elektronik sebagian besar merupakan produk industri, tersedia dalam bentuk tunggal dan tidak boleh disamakan dengan elemen listrik, yang merupakan abstraksi konseptual yang mewakili komponen elektronik ideal. Komponen elektronik memiliki sejumlah terminal listrik atau timah. Kabel ini terhubung ke komponen listrik lainnya, seringkali melalui kabel, untuk membuat sirkuit elektronik yang memiliki kegunaan tertentu (misalnya amplifier, penerima radio, atau osilator).

    Komponen elektronik dasar dapat dikemas secara terpisah, sebagai susunan atau jaringan komponen sejenis, atau bagian dalam paket yang terintegrasi seperti perangkat film tebal, sirkuit terpadu semikonduktor, atau sirkuit terpadu hibrid. Daftar komponen elektronik berikut ini berfokus pada jenis diskrit dari beberapa komponen ini, yang perlakukan paket-paket seperti itu sebagai komponen.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Komponen Elektronika Aktif

    a. Semi-konduktor

    • Transistor

    Transistor merupakan perangkat semikonduktor yang berguna untuk memperkuat dan mengganti sinyal elektronik dan daya listrik.

    • Dioda

    Dioda merupakan komponen elektronik dengan dua terminal mengalirkan arus terutama pada satu arah atau konduktansi asimetris; ia memiliki resistansi yang rendah atau idealnya nol pada satu arah, juga resistansi yang tinggi atau idealnya tidak terbatas di yang lain.

    • Integrated Circuit

    Integrated Circuit atau juga disebut IC, chip, atau microchip adalah seperangkat sirkuit elektronik pada satu potongan datar kecil atau "chip" yang biasanya berasal dari bahan jenis semikonduktor biasanya silikon.           

    • Optoelectronic devices

    Optoelektronika (atau optronics) adalah studi dan aplikasi perangkat dan sistem elektronik yang mencari, mendeteksi, dan mengontrol cahaya, biasanya dianggap sebagai bagian sub dari bidang fotonik.

    • LED

    LED merupakan suatu sumber cahaya dari bahan semikonduktor yang bisa mengeluarkan cahaya saat arus mengalir melaluinya.

    Baca juga : Ruang Lingkup Jurnalistik

    b. Tabung Vakum

    Tabung vakum, tabung elektron, atau katup (penggunaan Inggris) atau, bahasa sehari-hari, tabung (Amerika Utara), adalah perangkat yang mengontrol aliran arus listrik dalam ruang hampa tinggi antara elektroda-elektroda yang telah menerapkan perbedaan potensial listrik.

    Komponen Elektronika Pasif

    a. Resistor

    Resistor merpakan salah satu komponen dari listrik yang mempunyai dua terminal pasif dengan menerapkan hambatan listrik untuk elemen rangkaian.

    b. Kapasitor

    Kapasitor merupakan sebuah perangkat yang dapat menyimpan energi listrik pada medan listrik. Ini adalah komponen dari elektronik pasif yang mempunyai dua terminal. Efek dari kapasitor biasa juga dikenal dengan kapasitansi.

    c. Induktor

    Induktor, juga disebut koil atau reaktor, adalah komponen listrik dua terminal pasif yang menyimpan energi dalam medan magnet ketika arus listrik mengalir melaluinya. Induktor biasanya terdiri dari luka kawat terisolasi ke dalam kumparan di sekitar inti.

    d. Trafo

    Trafo adalah perangkat listrik pasif yang mentransfer energi listrik dari satu rangkaian listrik ke satu atau lebih rangkaian. Arus yang bervariasi dalam setiap kumparan transformator menghasilkan fluks magnet yang bervariasi, yang, pada gilirannya, menginduksi gaya gerak listrik yang bervariasi di seluruh kumparan lain yang melilit inti yang sama. Energi listrik dapat ditransfer antara kumparan (mungkin banyak), tanpa koneksi logam antara dua sirkuit.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    e. Memristor

    Komponen listrik yang lulus muatan sebanding dengan magnetisme atau fluks magnet, dan memiliki kemampuan untuk mempertahankan keadaan resistif sebelumnya, karenanya dinamai Memory plus Resistor.

    f. Perangkat magnetik atau induktif

    Komponen listrik yang menggunakan magnetisme dalam penyimpanan dan pelepasan muatan listrik melalui arus.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam-Macam Komponen Elektronika Aktif Dan Pasif
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar